Begini Cara Muslimah Aceh Berdakwah Lewat Komunitas AlHumaiRa

gomuslim.co.id- Ketika mendengar kata Tanah Rencong, Nanggroe Aceh Darussalam adalah tanah tempat lahirannya para mujahidah yang membuat para penjajah bergedik ketakutan, sebut saja diantaranya Cut Nyak Dien yang telah membuat tidur penjajah Belanda tak tenang dan Laksamana Keumalahayati pemimpin Armada Inong Balee (Armada Perempuan Janda) yang membuat Ratu Elizabeth I takut ketika mendengar namanya.

Kini semangat para mujahidah masih terus diwariskan kepada para wanita Aceh, zaman yang telah berganti cara perjuangan pun kini beralih dari menghunus pendang melawan penjajah menjadi menghunus intelektual melawan ketertinggalan inilah yang dilakukan komunitas AlHumaiRa, perkumpulan dara manis Negeri Serambi Mekkah yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi para remaja belajar agama Islam dan mengembangkan potensi diri.

Komunitas AlHumaiRa berdiri pada 1 Juli 2016 diinisiatorkan oleh Rara Tarmizi, Alinda Iin dan Venta Rini, walau masih tergolong baru komunitas ini mendapat respon postif dari masyarakat, terbukti sudah lebih dari 89 muslimah telah bergabung menjadi anggotanya. AlHumaiRa dapat dikatakan komunitas yang cukup unik, pasalnya setiap anggota selalu mengenakan baju yang berwarna senada yaitu warna pastel dan setiap anggota juga memiliki kelebihan dalam bidangnya masing-masing ada yang pandai bermain musik, akting, membaca puisi dan lainnya.

Saling menguatkan dalam iman, menambah wawasan agama dan saling membantu mengembangkan potensi diri, inilah yang para muslimah lakukan bila bergabung menjadi anggota komunitas AlHumaiRa. Hal ini diwujudkan dengan beragam kegiatan menarik yang menjadi agenda rutin, mulai dari kajian agama islam, bernyanyi dan sharing bersama pakar diberbagai bidang. Bukan hanya aktif di kegiatan offline komunitas AlHumaiRa juga giat melakukan syiar di sosial media agar bisa menjangkau muslimah di luar Aceh, dalam akun instagram AlHumaiRa kini sudah memiliki 16 ribu followers.

Publikasi Muslimahdaily menyebutkan komunitas yang beranggotakan muslimah cantik Aceh ini tak pernah bosan untuk saling mendukung satu sama lain, dengan mengusung slogan “Bersama Kita Bisa”, menjadi pedoman bagi komunitas ini, terlebih dalam proses menuju ketaatan pada Allah. Tidak ada yang sulit  karena dilakukan bersama dan tujuannya hanya mendapat ridha Allah.

Rara Tarmizi dan Alinda Iin selaku inisiator komunitas AlHumaiRa mengatakan tak mau puas dengan pencapaiannya saat ini, ia berharap komunitas ini untuk terus aktif dan bisa menjangkau seluruh Indonesia, sehingga dapat memotivasi remaja muslimah untuk menjalankan syari’at islam. Mereka juga berpesan untuk muslimah Indonesia, wanita memiliki peran penting dalam mencetak generasi bangsa bila wanita di suatu negara baik, maka baiklah pula para penerus harapan bangsa. Bagi kamu muslimah Aceh dan sekitarnya yang tertarik untuk bergabung bersama komunitas AlHumaiRa, informasi update tentang komunitas ini bisa diakses di @Alhumaira_Aceh. (nat/muslimahdaily/dbs)


Back to Top