Permudah Umat untuk Beribadah, Mobile Masjid Hadirkan Fasilitas Shalat di Berbagai Event

gomuslim.co.id- Beribadah shalat lima waktu adalah kewajiban setiap umat Muslim, di manapun kita berada jika waktunya telah tiba wajib untuk menunaikannya. Kini bukan menjadi alasan untuk menunda waktu shalat saat menghadiri berbagai event di wilayah Jabodetabek, karena Mobile Masjid milik Yayasan Masjid Nusantara (YMI) akan menjadi fasilitas tempat ibadah yang memudahkan pengunjung untuk menunaikan ibadah shalat.

Tercetusnya Mobile Masjid

Saat ditemui oleh tim gomuslim, Event&Marketing Mobile Masjid, Ridwan Haris menceritakan awal terciptanya Mobile Masjid yakni pada tahun 2014 silam Yayasan Masjid Nusantara menjadi inisiator terbentuknya Mobile Masjid pertama di Indonesia, yang awalnya beroperasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Sedangkan Yayasan Masjid Nusantara sendiri sudah lebih awal berdiri dan turut mengembangkan masjid-masjid di Nusantara. Seperti yang dilakukan pada bidang kemakmuran masjid, yakni program pembangunan dan renovasi masjid di daerah terpencil, membersihkan masjid, kalibrasi arah kiblat serta membagikan alat-alat masjid seperti karpet, soundsistem dan lain sebagainya.

Kemudian pada tahun 2015 Mobile Masjid mulai beroperasi di wilayah Jakarta, hal tersebut dilatar belakangi karena Jakarta memiliki beragam aktifitas kegiatan atau event yang melibatkan banyak orang di lingkungan outdoor, sehingga terpikirkan untuk menjangkau Jakarta sebagai role model Mobile Masjid pertama di Indonesia milik Yayasan Masjid Nusantara.

Operasional

Dalam melakukan aktifitasnya, Mobile Masjid dikendalikan oleh dua orang personil, yang pertama di bagian Event&Marketing Mobile Masjid dan satu lagi sebagai PIC yang mengurusi berbagai dokumentasi dan teknis persiapan penggunaan Mobile Masjid. “Untuk saat ini kami berdua yang mengendalikan Mobile Masjid, mulai dari mengurus perizinan request yang masuk sampai urusan teknis bongkar pasang mobil,” kata Ridwan.

Fasilitas

Meskipun berbentuk mobil dan sederhana namun Mobile Masjid dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya masjid atau mushola. Seperti tempat shalat yang mampu menampung 30 orang jamaah, lalu fasilitas seperti karpet, soundsistem, toner tempat air wudhu yang mampu menampung 500 liter air, Alquran, mukena, bahkan sarung dan baju koko disediakan sebagi salah satu penunjang untuk memudahkan masyarakat dalam beribadah. “Jika ada yang mengatakan baju saya kotor, saya kasih pinjam baju koko dan sarung jadi tidak ada alasan menunda waktu shalat,” tukas Ridwan.

Selain dapat digunakan sebagi tempat ibadah shalat, Mobile Masjid dapat digunakan sebagai panggung dan shalat jumat. Untuk shalat jumat imam dan katib shalat di atas sedangkan jamaah shalat di bawah mobil dengan karpet yang disediakan.

Mobile Masjid memberlakukan fasilitas tersebut secara gratis, hal ini berupaya untuk membumikan shalat tepat waktu kepada masyarakat luas. “Kami lakukan atas dasar ibadah, namun untuk menyewa Mobile Masjid harus melalui reservasi terlebih dahulu dan kami memberlakukan sistem antrian, siapa yang lebih cepat mereservasi itulah yang kami layani,” tabah Ridwan menjelaskan alur reservasi.

Harapan

Kendati demikian, dengan hadirnya Mobile Masjid diharapkan agar semakin bertambahnya minat umat Muslim yang beribadah shalat lima waktu walau dalam keadaan di suatu kegiatan. “Saya perhatikan banyak orang yang shalat saat waktu maghrib, dan mereka terkadang bingung mencari masjid atau mushola, hal ini yang menjadi kajian kami dalam mengoperasionalkan Mobile Masjid di berbagai kegiatan,” ucapnya.

Ridwan yang mewakili Mobile Masjid berharap agar banyak pihal yang tertarik untuk membuat Mobile Masjid yang lain untuk menunjang ibadah shalat umat Muslim. “Biaya untuk satu unit Mobile Masjid memang relatif besar karena mobil harus dikaroseri, namun untuk urusan kemaslahatan umat kami rasa akan jauh lebih bermanfaat bagi banyak orang,” imbuhnya.

Saat ini Mobile Masjid sudah memiliki jamaah di berbagai event Jakarta. “Animo masyarakat cukup baik semenjak launching awal di bulan oktober tahun 2015 silam, dan Alhamdulillah banyak yang shalat karena tertarik dengan keunikan bentuknya yang mirip mushola,” ujar Ridwan.

Ridwan berharap agar kedepannya masyarakat semakin familiar dengan Mobile Masjid, jadi tidak ada alasan untuk tidak shalat. “Jangan pernah tinggalkan shalat karena urusan akhirat lebih utama dari apapun,” pungkas Ridwan di akhir wawancara. (nat)


Back to Top