Gerakan Menuju Anak Baik Indonesia

GEMABI: Wujudkan Pribadi Anak-Anak Indonesia yang Berakhlak Karimah

gomuslim.co.id- Beberapa tahun belakangan Indonesia disemarakan dengan munculnya berbagai komunitas anak muda yang memiliki banyak program membangun bangsa. Salah satu di bidang pendidikan adalah komunitas Gerakan Menuju Anak Baik Indonesia (GEMABI) adalah komunitas yang memfokuskan pendidikan karakter pada anak dan melakukan training motivation untuk anak-anak kurang mampu.

Komunitas yang didirikan dua tahun silam ini, sudah memiki 10 cabang regional yang tersebar di seluruh Indonesia. Ratusan volunteer yang didominasi oleh mahasiswa. Mereka memiliki satu visi yang sama yakni mewujudkan profil-profil anak baik di Indonesia.

Adapun 9 program tersebut yakni; Program Rumah Anak Baik Indonesia, Sedekah Jilbab Anak Baik Indonesia, Jambore Anak Baik Indonesia, Training Anak Baik Indonesia, Anak Baik Peduli Bencana, Aksi Kebaikan, Training Guru Bervisi, Buku Anak Baik Indonesia, Muda Cinta Masjid.

Selain itu beberapa program GEMABI juga mengkolaborasikan konsep Islam yang mudah dipahami oleh anak-anak, dalam hal ini konsep Qaulan Sadida dalam Alquran Surat  An-Nisa : 9 yang diartikan dengan tindakan bertutur kata yang benar.

Asdo Alam selaku Ketua Umum GEMABI mengatakan bahwa berkata baik itu mudah.dan tidak sulit. “Salah satunya dengan membentuk tagline campaign anti bully Yuk Berkata Yang Baik,” ujar Asdo.

Lanjut Asdo, tentunya setiap tingkat pendidikan anak-anak harus disesuaikan karena tiap usia anak berbeda pemahamannya. Dia berharap agar setiap anak sadar bahwa jika berkata baik itu mudah, membuat lingkungan aman dan menyenangkan, maka tidak akan ada lagi bullying karena setiap anak sudah merasa berkata baik itu mudah. Dan membiasakan mengucap kata-kata baik, dan berkomitmen bahwa hari ini saya harus berkata baik.

Selain itu, GEMABI juga aktif melakukan berbagai macam gerakan, salah satu kegiatan yang belum lama ini adalah ‘Gerakan Sedekah Jilbab Anak Baik’ yang dilaksanakan di beberapa pelosok desa seperti Garut dan Yogyakarta. Gerakan ini melibatkan volunteer GEMABI di beberapa regional terkait, tujuannya sederhana yakni menginspirasi dalam hal kebaikan. 

Gerakan Menuju Anak Baik Indonesia merupakan Gerakan Pendidikan yang berfokus pada pembangunan mental dan karakter anak Indonesia. Gerakan ini merupakan wadah kerjasama yang mengusung sinergi pemerintah, swasta, lembaga mandiri dan individu untuk menggerakkan dan mengikutsertakan segenap lapisan masyarakat yang peduli pendidikan dan dunia anak untuk ambil bagian dalam gerakan nasional ini.

Visi besar GEMABI adalah menuju anak baik indonesia sedangkan Misi besarnya adalah memberikan nilai-nilai kebaikan melalui program program yang profesional dan Berorientasi pada pengembangan kualitas diri (personal character building). Dan sasaran utama dalam gerakan ini adalah anak-anak kurang mampu, (miskin dan fakir) dan anak jalanan dalam rentang usia 6 hingga 15 tahun (jenjang SD dan SMP).

Harapan terbesar gerakan ini adalah mampu membangun semangat baru anak Indonesia untuk menjadi Anak Baik, anak yang dapat membedakan kebaikan dan keburukan, anak yang dapat melakukan kebaikan serta dapat menjadi contoh kebaikan bagi lingkungan sekitar, sehingga akan lahir optimisme baru bahwa kelak bangsa ini akan dibangun pribadi baik dan berani mencontohkan kebaikan. (nat/gemabi)

 

 

 

 


Back to Top