Wisata Panti: Gelar Aksi Sosial Sambil Jalan-Jalan Bersama Anak-Anak Panti Asuhan

gomuslim.co.id- Berdonasi ke panti asuhan tidak hanya memberikan uang lalu kembali pulang, namun banyak cara-cara menarik dan unik yang dapat dilakukan untuk menghibur anak-anak di panti asuhan. Berangkat dari hal tersebut, pasangan suami istri yang hobi melakukan kegiatan sosial tergerak untuk  mendirikan sebuah komunitas sosial bernama Wisata Panti.

Pada awalnya Wisata Panti hanya melakukan kegiatan bermodal uang patungan sebesar 1 juta, dengan mengajak anak-anak panti jalan-jalan dalam satu mobil pribadi, namun kini Wisata Panti sudah memiliki donatur yang datang silih berganti dengan sendirinya.

Berdiri pada bulan November 2015, walau usianya belum genap dua tahun, komunitas ini secara konsisten sudah menjangkau 15 panti asuhan Muslim di wilayah Jabodetabek. Adanya komitmen yang kuat antar pengurus dan relawannya membuat komunitas ini aktif melakukan aksi sosial setiap bulan.

Mengenal Wisata Panti

Komunitas Wisata Panti adalah komunitas yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang kegiatan utamanya adalah mengajak anak-anak di panti asuhan berekreasi ke tempat wisata.  Sebuah hal sederhana namun berkesan bagi anak-anak karena mereka mendapatkan pengalaman baru yang menarik.

Founder Wisata Panti, Danu Setya Nugroho, kepada gomuslim mengatakan tujuan utama dibentuknya komunitas ini untuk menjalin silaturahmi dan berbagi kebahagiaan kepada anak-anak di panti asuhan dengan mengajaknya  ke tempat wisata.

“Bukan sekedar jalan-jalan, kami juga melakukan percakapan intens dengan mereka dan mengedukasi mereka untuk membangun kepercayaan diri,” ungkap Danu.

Lanjut Danu, mengapa kami mengajak mereka wisata, karena saat ini wisata adalah suatu kebutuhan setiap orang, apa lagi anak-anak yang menyukai hal baru dan tantangan.

Kegiatan

Setiap bulannya relawan Wisata Panti selalu membuat satu acara utama berwisata, para relawan ditantang untuk mengorganize kegiatan, mulai dari mencari ide tema, lokasi panti asuhan dan donasi. Kemudian dituangkan dalam bentuk tour wisata, seperti ke  museum, bangunan bersejarah, cooking class, dan wisata ke bidang-bidang profesi seperti tempat kerajinan sablon, peternakan lebah, perkebunan dan lain sebagainya. Selain berwisata, komunitas ini juga mendonasikan bahan makanan maupun peralatan yang dibutuhkan panti asuhan.

 

Tak hanya wilayah Jabodetabek yang menjadi fokus utama, di bulan November lalu tepat 1 tahun Wisata Panti, komunitas ini melakukan kegiatan wisata ke Yogyakarta, dengan mengandeng panti asuhan di sana mereka berkunjung ke tempat kerajinan sablon, sehingga komunitas ini memiliki donatur di berbagai daerah bahkan donatur dari luar negeri seperti Singapura dan Belgia, yang mempercayai Komunitas Wisata Panti untuk mengelola donasi.

Kolaborasi Antar Komunitas

Sementara itu, Wisata Panti juga aktif berkolaborasi dengan komunitas lain, seperti baru-baru ini mereka berkolaborasi dengan komunitas sepeda Let’s Gowes, komunitas Motor Gede Mix Moge dan safety riding, anak-anak diperbolehkan mencoba mengendarai Moge berkeliling.

“Ketika melihat mereka gembira dengan wajah ceria ada suatu kebahagiaan tersendiri saat mengajak mereka jalan-jalan, itulah yang membuat hati kami tergerak,” kata Miftah, salah satu relawan Wisata Panti.

 

Yuk Berdonasi dan Bergabung

Saat ini donatur didominasi oleh mereka yang tergerak hatinya ketika melihat kegiatan-kegiatan Wisata Panti di media sosial. Kebanyakan dari mereka turut men-support akomodasi, baju kegiatan dan lain sebagainya.

“Kami sangat menghargai donasi dari siapapun, donasi yang terkumpul akan kami salurkan kepada anak-anak di panti asuhan dengan amanah dan sesuai dengan kebutuhan mereka, melalui cara seperti ini kami turut mendakwahkan aksi sosial kepada umat Muslim agar dapat berbagi kebahagiaan kepada anak-anak di panti asuhan,” pungkas Danu.

Komunitas Wisata Panti selalu membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin berpartisipasi menjadi relawannya. Untuk info  lebih lanjut mengenai komunitas Wisata Panti, dapat dilihat di akun media sosial mereka di instagram:  @wisatapanti dan fanpage FB: Wisata Panti atau bisa langsung datang ke Sekertariat Wisata Panti di Jl. K. Cipinang Muara RT. 13 RW. 03 No. 18, kec. Jatinegara, Jakarta Timur. (nat)


Back to Top