Komunitas Syar’i Lifestyle Dakwahkan Gaya Hidup Syar’i nan Modern untuk Muslimah

gomuslim.co.id- Ungkapan Syar’i masih populer di tengah masyarakat dengan gaya berbusana Muslim longgar dan tertutup. Terlepas dari itu ungkapan syar’i jauh lebih mendalam di tangan dua Muslimah sekaligus fashion desaigner yang membentuk sebuah komunitas bernama Syar’i Lifestyle (SLS).

Dalam pandangan dua hijaber ini, syar’i tak sekedar gaya berbusana. Syar’i diartikan sebagai sesuatu yang sesuai dengan syariat (ketetapan dalam Islam). Baik dari segi sandang, pangan, papan dan gaya hidup.

Terbentuknya Komunitas Syar’i Lifestyle  

Komunitas Syar’i Lifestyle adalah sebuah gerakan yang digagas pada Agustus 2015, oleh dua fashion designer Fitri Aulia pemilik brand Kivitz dan Dian Marina pemilik brand Missmarina.

Adanya kesamaan passsion dan visi menjadikan dua Muslimah ini berkolaborasi membentuk sebuah komunitas, yang dilatarbelakangi dari adanya fenomena dimana banyak Muslimah berhijab yang kurang memahami hakikat hijab dan gaya hidup syar’i sepenuhnya.

Karena itu, SLS dibentuk sebagai wadah untuk menginspirasi Muslimah modern dan up to date tanpa lepas dari syariat yang dianjurkan. Sedangkan visi dan misi SLS sendiri yakni ingin mencetak generasi rabbani dengan bersama-sama belajar dan menerapkan nilai syariat pada seluruh aspek gaya hidup Muslimah saat ini, diantaranya adalah modest fashion, makanan halal, pariwisata halal, gaya hidup syar’i dan akhlak yang baik.

Bukan Sekedar Syar’i

Di tengah maraknya gaya hidup wanita yang mengagungkan modernisme dan feminisme semata, sehingga ada yang mulai terlepas dari nilai-nilai Alquran dan As Sunnah. Komunitas SLS mengajak Muslimah untuk memperhatikan gaya hidup yang sesuai dengan syariat. Seperti memperhatikan kehalalan praktek berbisnis, perbankan, makanan atau restoran, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, memang tak dipungkiri gaya hidup kian dipengaruhi oleh pola pikir, kebudayaan, pergaulan, serta hiburan. Selain itu, perkembangan teknologi juga berperan dalam mempengaruhi pola hidup Muslimah, yang bisa memberikan dampak negatif bagi diri dan keluarganya.

Kepada gomuslim, Fitri Aulia mengatakan bahwa saat ini mendakwahkan gaya hidup syar’i harus dilakukan dengan cara-cara yang menarik dan kreatif. “Kita harus mengemas ajakan dakwah dengan menampilkan Islam yang indah, Islam yang tentram kepada masyarakat luas agar persepsi Islam yang damai menjadi lebih familiar,” ujar Fitri.

Kegiatan

Sejalan dengan hal itu, di tengah kemajuan teknologi. Masyarakat kian membutuhkan informasi yang cepat dan lengkap. Oleh sebabnya komunitas SLS memfokuskan dakwahnya melalui media secara online dan offline seperti blog dan instagram. Kegiatan online meliputi campaign dan postingan artikel yang menginspirasi di blog dan media sosial, sedangkan kegiatan offline meliputi kajian internal komite dan SLS Creative Space yang kini tengah menjadi brand dengan tujuan mengasah skillsl positif Muslimah agar lebih aktif dan kreatif.

Komunitas ini juga memiliki beberapa divisi diantaranya; divisi Skin Care/Makeup, Fashion, Carrier, dan Parenting/Marriage. Keseluruhan hasil tulisan yang mereka buat akan dipublish di blog, melalui cara ini mereka menginspirasi pembaca mengenai gaya hidup syar’i.

Selama dua tahun berdiri, SLS sudah dua  kali menyelenggarakan event yang terbuka untuk umum. Pada 2016 terselenggara acara Halal Food, bekerjasama dengan Halal Corner. Acara ini meliputi edukasi mengenai pentingnya umat Muslim mengkonsumsi makanan halal. Dan baru-baru ini SLS juga menggelar workshop ‘Writing and Photography for Social Media (Blog & Instagram)’ yang bekerja sama dengan HIJUP e-magazine.

Dengan adanya berbagai misi untuk mendakwahkan gaya hidup syar’i. Fitri berharap agar persepsi masyarakat tentang Islam diartikan menjadi sesuatu yang baik dan damai.

“Kami ingin mengemas pandangan syar’i menjadi sesuatu yang tidak kaku. Dengan mengadopsi tren yang ada, dengan cara-cara yang kreatif, inovatif, dan cantik yang mudah diterima Muslimah. Seperti filosofi logo SLS yang didominasi dengan warna dan motif yang girly,” tukas Fitri.

Informasi update tentang komunitas ini bisa diakses melalui akun Instagram: @syarilifestyle dan blog: www.syarilifestyle.blogspot.com. (nat)

 

 

 

 

 

 

 


Back to Top