Komunitas 'Ini Lho Bank Syariah' Ajak Masyarakat Pahami Ekomoni Syariah dengan Praktik dan Logis

gomuslim.co.id- Islam adalah agama yang mengatur semua sisi kehidupan manusia. Mulai dari ibadah sampai dengan muamalah. Salah satunya tentang masalah ekonomi. Ekonomi, dalam kaca mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah yang teraplikasi dalam etika dan moral.  

Perkembangan industri keuangan dan perbankan syariah di Indonesia saat ini semakin pesat. Hal ini beriringan dengan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang sistem keuangan yang berbasis nilai-nilai Islam. Pemahaman ini pula yang didorong dengan hadirnya sejumlah komunitas yang menjadi wadah untuk saling mengedukasi. Seperti komunitas “Ini Lho Bank Syariah (ILBS)”.

Kepada gomuslim, Ketua Umum Komunitas ILBS, Annisa Ida Ariyani mengatakan ILBS adalah sebuah komunitas yang fokus membahas tentang Muamalah, Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Syariah. Anggota dapat menyimak, bergabung dan memberikan postingan tulisan di Grup ILBS Group lewat laman www.ahmadifham.com.  

Ia bercerita, komunitas ini berawal dari terbitnya sebuah buku berjudul Ini Lho Bank Syariah. “Komunitas ILBS didirikan oleh Ahmad Ifham Sholihin pada 23 Maret 2015 lalu bertepatan dengan resmi terbitnya buku Ini Lho Bank Syariah yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Saat ini beliau adalah CEO Amana Sharia Consulting,” ujarnya.

Komunitas ini, lanjut Annisa, memiliki visi utama yaitu Membumikan Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Syariah. “Untuk mencapai tujuan tersebut kami ingin memberikan edukasi konsep dan praktik ekonomi, bisnis, dan keuangan syariah secara logis. Lalu menjalankan praktik transaksi bisnis dan sosial berbasis syariah,” tambahnya.

Meski baru dua tahun, komunitas ini mendapat respon yang cukup positif dari masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini sudah ada lebih dari 5000 member yang tersebar di seluruh Indonesia. “Ya, kami terbuka untuk umum. Siapa saja bisa bergabung dengan kami asalkan memiliki tekad dan kemauan kuat untuk terus belajar, serta taat dan tertib dengan peraturan di grup kami,” jelasnya.

Anggota ILBS, kata dia, terdiri dari masyarakat umum, baik yang pro maupun yang kontra dengan Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Syariah lainnya. “Tekad kami adalah untuk terus mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada publik terkait Bank dan Bisnis Syariah. Kami juga rutin mengadakan kegiatan seperti Kopdar/Seminar Gratis khusus untuk member ILBS di Jabodetabek,” paparnya.

Saat ditanya terkait nama ILBS, lulusan Perbankan Syariah di STEI SEBI Depok ini menjelaskan bahwa maknanya adalah komunitas ILBS  memiliki militansi yang tinggi untuk memahamkan kepada publik tentang Bank Syariah yang sebenarnya. “Kami ingin tetap konsisten mengkampanyekan Ayo ke Bank Syariah, #iLoveiB dengan Logika Fikih dan bahasa yang sederhana,” tuturnya.

Selain itu, setiap harinya komunitas ini membagikan Quotes atau tulisan kampanye Bisnis Syariah, terutama Bank Syariah. “Kami juga tawadhu dengan MUI. Dari ribuan tulisan di ILBS, tidak ada yang bertentangan dengan MUI,” ucapnya.

General Manager Amana Sharia Consulting [ASC] ini mengungkapkan bahwa ILBS fokus edukasi ke diri sendiri dan publik. Memahami dan memahamkan Bank Syariah dengan logika dan bahasa sederhana. “Tiap hari. Tiada henti. Itu gerakan sosial khas yang kami lakukan. Mungkin beda dengan gerakan sosial di komunitas lain,” tambahnya.

Kodifikasi ribuan dialog pilihan dari Grup ILBS periode Maret 2015 - Juni 2016, bisa langsung download eBook LOGIKA FIKIH MUAMALAH KONTEMPORER setebal 2.431 halaman (tanpa sensor), dengan klik: bit.ly/ILBSeBook. Dialog setelah Juni 2016, dilanjutkan di Grup Facebook: Facebook.com/groups/BankSyariahNusantara. "Jangan mengutuk gelap, mari nyalakan cahaya walau hanya sekedar lilin,” tandasnya. (njs)

Komentar

  • jemmymy

    23 Januari 2018

    hasil

    kalau ada grup wa mohon dengan hormat kami siap jadi anggota grup. .untuk membahas mengenai masalah ekonomi,bisnis dll yg sebenarnya . .guna untuk memperluas ilmu. .triimakasih


    Reply






















  • asih imaniar

    4 Mei 2017

    asih18@gmail.com

    terimakasih artikelnya sangat bermanfat. saya ingin merekomendasikan website komunitas bank yang bisa anda kunjungi http://banking.blog.gunadarma.ac.id/


    Reply






















  • Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


    Back to Top