Komunitas Hijabographic, Lakukan Dakwah dengan Desain Visual nan Kreatif

gomuslim.co.id- Bagi Anda pecinta karya seni visual atau ilustrasi tentu bergabung ke dalam suatu komunitas yang sesuai dengan hobi dan passion adalah hal yang menyenangkan. Komunitas Hijabographic merupakan suatu wadah kreatif Muslimah yang memiliki ketertarikan dengan desain grafis dan seni visual.

Didirikan oleh Riza Sativianti yang memiliki latar belakang sebagai desain interior. Hijabographic menjadi wadah dakwah kreatif para Muslimah yang memadukan nilai dakwah melalui karya seni lukis, lettering, typography, ilustrasi, doodle art, fotografi dan desain visual lainnya.

Salah satu hijabo crew sebutan para Hijabograpers (followers atau simpatisan)  mengatakan Hijabographic memberikan kesempatan dan fasilitas dalam mempromosikan karya para artist dalam menuangkan segala ide dan kreatifitasnya. “Di komunitas ini siapa saja bisa gabung dan menuangkan karya-karya mereka, dan kami yang akan bantu promosi melalui media sosial dan kegiatan offline,” ujar Hijabo crew.

Dakwah Seni Visual

Nama Hijabographic sendiri diambil dari perpaduan dua kata, yaitu Hijab dan Graphic. Penggunaan kata ‘Hijab’ mewakii unsur utama dakwah kreatif yakni dalam kampanye menutup aurat. Sedangkan kata ‘Graphic’ adalah cara atau media dalam berdakwah. Untuk memudahkan diingat maka kedua kata tersebut digabung menjadi Hijabographic.

Melalui komunitas ini peran dakwah dituangkan dalam seni visual yang mampu menguggah. Salah satunya adalah Hijabo Comic yang diterbitkan oleh Hijabographic, komik yang bercerita tentang nilai-nilai kehidupan Muslimah dan hijab. Atau dakwah melalui tulisan bermakna Typography yang dituangkan dalam desain baju, topi, tumbler maupun pernak pernik lainnya.

Hijabographic Offline

Dalam kesehariannya, komunitas yang sering berpartisipasi dalam pameran karya seni visual ini juga turut melebarkan sayapnya dengan membuka online store di media sosial Instagram dengan nama @hijaboshop. Pada wadah ini anggota dapat berkreatifitas menuangkan desain terbaiknya untuk dijadikan model maupun motif produk yang dijual Hijabographic. “Kami menawarkan aneka pin set, gantungan kunci, kalender, topi, kaos, tootebag, stickers, dompet dan berbagai pernak pernik lainnya yang didesain khusus dari hasil karya para artist Hijabographic dan beberapa karakter yang ada dalam buku Hijabo Comic,” tutur Hijabo crew.

Tak hanya online store, Hijabographic juga memberikan kesempatan dalam menggali potensi diri dengan mengadakan  kegiatan rutin offline. Pada kesempatan tersebut, peserta juga dapat belajar dari para pakar desain visual professional dan seniman, antara lain; 

  • Daily Artwork berupa open submission bagi Muslimah yang memiliki karya
  • Artwork Challenge untuk memompa semangat kreativitas Muslimah dalam berkarya
  • Kegiatan offline antara lain HijaboClass, yaitu praktik belajar/workshop dengan mengundang salah satu kreator mengenai satu bidang kreatif tertentu seperti belajar menggambar, workshop crafting, dan lainnya
  • HijaboGath, yaitu diskusi dan sharing kreatif antara Hijabographers dengan narasumber untuk membahas topik tertentu
  • Kegiatan insidental berupa pameran seperti yang Hijabographic lakukan pada Popcon Asia tahun 2015, dan kampanye menutup aurat hingga kegiatan kolaborasi bersama komunitas lain
  • Berpartisipasi dalam Socmedfest bersama ratusan komunitas dan penggerak akun media sosial di Indonesia, juga pameran dan Creative Talk TakeCover bersama komunitas Syarekat Kreatifiyah Indonesia
  • Kampanye visual online tentang menutup aurat, kemuslimahan, juga poster kampanye menanggapi isu yang sedang ramai dibahas masyarakat, seperti #DukungPolwanBerjilbab dan  #SupportAntiMiras. Serta berbagai kampanye momen-momen Islam seperti Ramadhan & Lebaran.

Beberapa karya Hijaboraphic lainnya yang menarik antara lain adalah:

  • Hijabo Comic, adalah komik yang berisi tentang ajakan menutup aurat bagi Muslimah. Pesan yang ingin disampaikan tidak sekadar menutup, tapi juga harus syar’i. Di dalamnya juga terdapat akhlak Islam sehari-hari yang dikemas dengan ringan untuk remaja.
  •  Love Plushie ‪#‎SaveRohingya yang merupakan bagian dari kegiatan HijaboCharity, yang merupakan donasi untuk kepedulian terhadap saudara-saudara Muslim Rohingya, yang mana keuntungan penjualan akan di salurkan melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT)
  • Pin set, gantungan kunci, kalender, topi, kaos, tootebag, stickers, dompet dan berbagai pernak pernik lainnya yang didesain dari hasil karya para artist di Hijabographic.

Bergabung di Hijabographic

Bagi Muslimah yang memiliki passion krreatif visual maupun yang memiliki hobi dan ketertarikan yang sama. Komunitas ini terbuka bagi siapa saja yang ingin menuangkan kreatifitas dan berbagi ilmu. Info lebih lanjut hubungi akun media sosial Instagram dan Twitter @hijabographic dan website www.hijabographic.com. (nat)

 


Back to Top