Belajar Menulis Bareng Komunitas Santrinulis

gomuslim.co.id- Kiprah santri di tanah air kian eksis di segala bidang. Tak hanya unggul di bidang agama, kini santri dapat mengekspresikan minat dan bakatnya melalui sarana yang telah tersedia dalam wadah komunitas. Salah satu wadah komunitas yang bergerak di dunia literasi Muslim adalah Santrinulis.

Santrinulis merupakan sebuah komunitas intelektual pesantren yang bervisi mencetak penulis muda Muslim yang bermartabat dan bermanfaat. Melalui buah pemikiran Saiful Falah yang ingin mengubah paradigma masyarakat mengenai sosok santri menjadi salah satu alasan terbentuknya komunitas ini. Penulis yang juga motivator ini, bertekad agar santri dipandang tak hanya sebatas jago mengaji dan ibadah, namun juga dapat berprestasi di dunia literasi, salah satunya dengan menulis buku.

Sejak tahun 2012 hingga saat ini, Santrinulis mengajak seluruh generasi muda Muslim baik pelajar, mahasiswa, dan umum untuk tergabung dalam komunitas Santrinulis dalam skala nasional maupun internasional.

Bangkitkan Ghirah Menulis Melalui SWS 2017

Semangat agar santri berkembang di dunia literasi membuat Santrinulis berinovasi dengan menggelar Santri Writer Summit (SWS) 2017. Acara perdana yang digelar tahun ini mampu menarik minat para santri untuk belajar menulis dan mengagas ide.

Saat ditemui gomuslim, salah seorang anggota Santrinulis Abdul Hadad mengatakan SWS tahun 2017 digelar pada 28 sampai 29 Oktober di Kota Depok, Jawa Barat. Peserta yang ikut harus melalui tahap seleksi dengan mengirimkan essay sesuai dengan tema yang ditentukan.

“Di kegiatan ini peserta melakukan serangkaian aktivitas yang berhubungan dengan penulisan, penuangan ide dan diskusi mengenai isu yang sedang terjadi,” papar Abdul.

Siapa Saja Bisa Jadi Penulis

Selain SWS, belum lama ini Santrinulis menggelar launching 10 buku karya penulis yang terdaftar dalam anggota Santrinulis. Dikatakan Abdul, para penulis mengambil tema buku melalui kehidupan sehari-hari sehingga lebih memudahkan mereka dalam menuangkan ide.  

“Pernah ada seorang pedagang martabak, dia hobi menulis karena dia bertekad ingin punya buku, akhirnya dia gabung jadi anggota Santrinulis. Kemudian dia berhasil membuat satu buku yang judulnya ‘Seloyang Dunia Martabak’, isinya tentang kesehariannya menjual martabak,” cerita Abdul.

Serangkaian kegiatan Santrinulis bisa diikut oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga pasangan suami istri yang bertekad ingin menjadi penulis halal couple. Selain itu Santrinulis juga memfasilitasi grup online sebagai wadah kordinasi.

“Kita juga punya grup online di media sosial, penulis, mentor dan editor bisa langsung tanya jawab dan followup mengenai project buku yang sedang digarap,” jelas Abdul yang kini tengah merampungkan bukunya.

Adapun kegiatan Santrinulis yang dapat diikut antara lain:

Santrinulis Kelas Menulis Intensif

Adalah program Santrinulis berupa pelatihan menulis yang langsung menghasilkan buku. Peserta akan dimentor baik secara online ataupun offline oleh coach handal dan para penulis buku best seller atau populer. Bagi kamu yang ingin mengikuti kegiatan ini, bisa menghubungi via email ke: santrinulis.adm@gmail.com atau SMS/Whatsapp ke nomor: 0856 – 1333 – 348.

Santrinulis Publishing

Santrinulis Publishing adalah salah satu program penerbitan buku-buku yang ditulis baik oleh peserta-peserta Kelas Menulis ataupun penulis dari luar. Bagi kamu yang ingin menerbitkan naskahmu melalui Santrinulis Publishing atau ingin bertanya lebih lanjut mengenai Santrinulis Publishing silakan kirim email ke: santrinulis.adm@gmail.com.

Santrinulis Training Center

Adalah salah satu program Santrinulis untuk kegiatan seminar dan training motivasi ke sekolah dan pesantren di seluruh Indonesia. Dengan semangat berlomba dalam kebaikan, Santrinulis Training Center didirikan untuk sekaligus mencetak generasi Islam yang Bermartabat dan Bermanfaat.

30 HMB (Hari Menulis Buku)

Pelatihan menulis melalui website santrinulis.com dimana peserta selama 30 hari dituntut untuk menulis.

Santri Writer Summit (SWS)

Ajang Literasi Santri Nasional terbesar. Peserta diseleksi dari berbagai daerah di Indonesia.   

Bagi kamu yang ingin sekolah atau pesantrennya dikunjungi oleh Santrinulis Training Center, bisa menghubungi Ustadz Saiful Falah: 0813 – 8676 – 6056.

Tertarik dengan kegiatan Santrinulis? silahkan kunjungi:

Website: www.santrinulis.com 

Instagram: @Santrinulis

Facebook: Santrinulis

Email: santrinulis.adm@gmail.com 

 

 


Back to Top