PermataBank: Ke Tanah Suci dengan Gaya Cozi

Jakarta, (gomuslim). Berawal dari tindakan kebijakan merger (penggagubungan) Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) terhadap 5 bank swasta pada tahun 2002, lahirlah PermataBank—atau lazim disebut juga Bank Parmata. Ornamen hijau seolah menegaskan kelahiran bank baru ini merupakan permata zamrud yang akan memberikan keuntungan dan nilai lebih pada industri perbankan tanah air. Dalam perjalanannya new born dari 5 bank ini, yaitu PT Bank Bali Tbk, PT Bank Universal Tbk, PT Bank Prima Express, PT Bank Artamedia, dan PT Bank Patriot, kemudian diambil alih oleh Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk yang merupakan perusahaan besar Indonesia dan memiliki pengalaman kuat di pasar domestik. Akuisisi ini terjadi pada tahun 2004 dan pada tahun 2006 saham utama gabungan keduanya telah meningkat menjadi  89,01%.

Dengan visi yang dibawanya, menjadi pelopor dalam memberikan solusi finansial yang inovatif, Bank Permata telah berkembang menjadi sebuah bank swasta utama yang menawarkan produk dan jasa inovatif serta komprehensif terutama di sisi delivery channel-nya termasuk Internet Banking dan Mobile Banking. Fasilitas 888 ATM dapat diakses di mana-mana apalagi dengan akses tambahan melalui 50an ribu ATM yang menggunakan VisaPlus, Visa Electron, MC, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima. Serta jutaan ATM seluruh dunia yang terhubung dengan fasilitas jaringa Visa, MasterCard, dan Cirrus.

Kini ada sekitar 2 juta lebih nasabah di 59 kota di Indonesia, yang menikmati jasa layanan Bank Permata.  Diantara 308 kantor cabang, 15 diantaranya adalah kantor cabang Syariah. Sisanya konvensional. Penerbitan produk syariah merupakan inovasi jasa keuangan dan perbankan yang menyasar masyarkat muslim. Menariknya segmen produk perbankan syariah Bank Permata tergolong kratif, inovatif dan menyasar anak muda. Baru-baru ini PermataBank PrioritySyariah mengeluarkan PermataSolusi Haji & Umrah dengan konsep kreatif dengan menggunakan platform sosial media. Tagar (hastag) #WaktunyaKeTanahSuci lengkap dengan beberapa testimoni perjalan ke tanah suci yang menggugah menjadi dayak tarik tersendiri.

Dengan memanfaatkan media sosial (soc-med) bank yang tengah mem-branding sebagai bank keluarga masyarakat Indonesia, jelas menyasar anak muda. Apalagi menurut penelitian Parse.ly baru ini, 40% lebih trafik website saat ini berasal dari social platform, yang tak lain adalah social media. Google search sebagai sumber trafik yang selama ini paling dominan mulai tergeser oleh fecebook, twitter, whatsapp dst. Jadi tak salah bila Bank Permata juga menggunakan platform sosial media untuk mendekati calon nasabahnya—terutama anak muda yang familiar dengan internet dan social media.

Program #WaktunyaKeTanahSuci ini juga dilengkapi dengan testimoni pengalaman pergi ke tanah suci yang ngangenin serta vedio ceramah seorang ustadz yang mengajak anak muda dan semua kalangan untuk “saatnya ke tanah suci.” Semua tertimone pendek dan vedio ini bisa dengan mudah menjadi viral.

PermataBank Priority Syariah juga telah lama mengeluarkan Kartu Debit yang memberi kemudahan mengakses ke Priority Banking System—tidak seperti beberapa bank umum lainnya yang juga mengeluarkan layanan syariah banking (iB). Pemegang Kartu Debit PermataBank Priority Syariah ini juga mendapat perlakukan khusus di cabang-cabang unit Usaha Syariah PermataBank, dan biaya transaksi khusus serta program spesial di marchant-marchant pilihan. Kartu Debit ini juga dapat dimiliki oleh anggota keluarga nasabah, cukup dengan membuka rekening di Unit Usaha Syariah PermataBank dengan menempatkan dana minimum yang telah ditentukan pada jenis rekening tabungan atau giro yang dipilih.

Selain itu, untuk mengungkapkan kepedulian sosialnya, PermataBank juga menerbitkan program-program bantuan yang difasilitasi oleh Corporate Social Responsibility (CSR) dengan obyek kegiatan di bidang peningkatan daya saing anak bangsa meliputi pendidikan kewirausahaan termasuk di dalamnya keterampilan life skills, dan pendidikan literasi keuangan. (boz)

 

 

 

 

PT. Bank Permata Tbk

 

Situs web

www.permatabank.com

 

Visi : Pelopor dalam memberikan solusi finansial yang inovatif

Brand Promise : Menjadikan hidup lebih bernilai

-           Mewujudkan brand promise di kehidupan sehari-hari dengan menjalankan nilai-nilai perusahaan dalam bekerja, bersikap, serta berperilaku terhadap customer, rekan kerja,  komunitas, investor, dan regulator

Budaya Kerja PermataBank adalah prinsip-prinsip kerja yang kita percaya sebagai baik dan benar dalam rangka mencapai misi dari PermataBank, dan di dalam jangka panjang untuk mencapai visi dari PermataBank.

Nilai-nilai budaya PermataBank merupakan way of life yang menjadi dasar bagi setiap aturan dan kebijakan di dalam perusahaan, dan menjadi petunjuk perilaku dari masing-masing dan seluruh PermataBankers.

Nilai-Nilai Budaya PermataBank :

  • PartnershipKita saling memahami dan bersama-sama membangun hubungan yang kokoh dengan pihak internal dan eksternal berlandaskan rasa saling menghormati. 
  • ResponsivenessKita bekerja dengan cepat, akuran, dan efektif dalam memberikan layanan yang terbaik dan tepat waktu.
  • Innovation: Kita selalu berpikir inovatif untuk meningkatkan cara kita bekerja, membuatnya lebih mudah, lebih baik, dan lebih cepat.
  • Caring: Kita menaruh perhatian dan menghargai customer, rekan kerja, masyarakat, investor, dan regulator.
  • Excellence: Kita memberikan layanan prima kepada customer dan memicu kinerja yang prima dalam pekerjaan sehari-hari.

 

Nilai-nilai budaya PermataBank adalah seperangkat nilai-nilai yang merupakan inti dari perilaku, lingkungan kerja, norma-norma, filosofi dan perilaku simbolik lainnnya di dalam PermataBank.

 

 PENGHARGAAN

  • Penghargaan dari Bisnis Indonesia Award sebagai bank nasional terbaik tahun 2010
  • The Most Profitable and The Most Efficient Syariah Unit 2009 dalam The Islamic Award Nite 2010
  • The Asian Banker Sebagai Bank dengan Cash Management Terbaik di Indonesia 2010
  • The Most Prestigious Carre' dalam CCSL's Annual Call Center Award 2010 selama lima kali berturut-turut
  • Peringkat pertama Annual Report Award 2008 untuk kategori listed private bank dan juara umum “Annual Report Award 2008 untuk seluruh kategori
  • Peringkat pertama terbaik e-Company Award 2008 untuk seluruh kategori
  • Corporate Governance Award untuk kategori Best Equitable Treatment of Shareholders dari Business Review, Asosiasi Emiten Indonesia dan IICD, posisi kedua The Best CEO in Asia Best  Managed Companies dan delapan besar The Best Corporate Governance in Asia Best Managed Companies dari Finance Asia Magazine
  • Banking Service Excellence Awards 2009 (10 konvensional dan 7 syariah) dari MRI & InfoBank, Penghargaan dari MURI untuk Nabung Serentak di 12 kota bagi pelajar
  • The Prestigious Service Quality Diamond Award 2009 dari Carre - Center for Service Satisfaction & Loyalty (CCSL) & Marketing Magazine dan Banking Efficiency Award 2009 dari Bisnis Indonesia.

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top