Islamic Fashion Institute

Inilah Sekolah Fashion Islam Pertama di Indonesia

Bandung, (gomuslim). Perkembangan dunia fashion muslim  di Indonesia semakin pesat. Terbukti saat ini para designer yang konsen di Islamic Fashion banyak muncul di jagat fashion industry Indonesia. Beberapa dari mereka adalah para selebgram dan fashion blogger yang  awalnya hanya ‘iseng’ mem-posting koleksi outfit dress mereka. tapi, karena mengembangkan brand sendiri dan terus berkembang, mereka sampai berkesempatan tampil di beberapa fashion show di luar negeri.  Hal tersebut disambut baik oleh para konsumen fashion di Indonesia. Karena itu, para konsumen tersebut pun saat ini bisa memiliki banyak pilihan design baju yang cocok dan bagus menurut mereka dari koleksi masing-masing designer.

Dengan melihat kebutuhan dalam dunia fashion muslim yang semakin ketat dan terus berkembang ini, tiga orang designer Indonesia membuat sebuah lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang konsen dalam dunia fashion muslim. Adalah Islamic Fashion Institute (IFI), sebuah Sekolah Fashion Islam pertama di Indonesia yang memadukan materi belajar fashion dan kaidah agama Islam di dalamnya. IFI hadir di Bandung, Jawa Barat sejak setahun silam. Kini, sudah dua angkatan yang belajar di lembaga kursus singkat yang diasuh ketiga designer senior Indonesia, yaitu Irna Mutiara, Nuniek Mawardi, dan Deden Siswanto ini.

Setiap angkatan, IFI hanya menargetkan satu kelas berisi sembilan siswa saja. Tapi, karena banyaknya permintaan, maka pada angkatan pertama IFI memiliki 12 orang siswa dan pada angkatan kedua bulan Maret 2016 ini IFI memiliki 16 siswa. Masing-masing siswa yang belajar di IFI adalah mereka yang umunya sudah memiliki brand fashion sendiri, tapi belum pernah belajar fashion secara lebih mendalam. Untuk itu, IFI hadir untuk menjawab kebutuhan para designer pemula untuk belajar fashion, khususnya muslim fashion yang saat ini semakin diminati banyak orang.

Para siswa tersebut berasal dari berbagai daerah. Selain dari Bandung, ada juga siswa asal Jakarta, Depok, bahkan Lampung yang rela menetap sementara di Bandung tau pulang-pergi untuk ikut kursus fashion di IFI. Karena itu, IFI juga menawarkan beberapa pilihan waktu belajar, sehingga memudahkan para siswanya untuk memilih sesuai kebutuhan dan kesanggupan masing-masing.

Short Course di IFI ini memiliki tiga pilihan durasi belajar. Pertama untuk periode tiga bulan, mereka yang lulus akan mendapat sertifikat sebagai fashion stylist, kedua untuk periode enam bulan, yaitu fashion public relation dan  marketing, dan ketiga adalah periode sembilan bulan untuk mendapat sertifikat fashion designer. Sedangkan untuk mata kuliah yang diajarkan di IFI, di antaranya adalah fashion design, komunikasi bisnis fashion, fashion photography, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, perihal kurikulum belajar, IFI bekerjasama dengan Sentra Usaha Kecil Menengah (SUKA) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dalam meramu sistem belajar di sekolah fashion muslim ini. Akan tetapi IFI juga menerapkan kaidah berbusana dalam Islam yang masuk dalam beberapa mata kuliah di IFI yang diasuh oleh salah satu foundernya, Irna Mutiara. Dalam waktu dekat, IFI juga akan melakukan kerjasama dengan pihak Jepang untuk program pertukaran pelajar di kalangan IFI dan Unpad Bandung.

Tahun ini, IFI akan membuka kelas baru untuk angkatan ketiga di bulan Juni 2016 mendatang. Bagi mereka yang tertarik mendaftar sekolah di IFI bisa melakukan pendaftaran online di www.islamicfashioninstitute.com. (fau)

 

 ISLAMIC FASHION INSTITUTE

Sekolah Fashion Islam pertama di Indonesia

Kurikulum berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI) yang spesifik pada kaidah-kaidah  Islam dalam  penerapan nya pada busana muslim dan pergaulan maupun bisnis dengan riset dan pembangunan pribadi , akal dan mental Islami. Sehingga IFI melahirkan lulusan yang: Santun dalam pergaulan, Beretika dalam berbisnis, Jujur dalam berkarya, Menghargai hak cipta, dan Menjalankan Ukhuwah Islamiyah.

Visi: Menjadi pusat jaringan bisnis IKM busana muslim yang tumbuh dan berkembang, dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai kiblat busana muslim dunia. If-institute dalam perkembangannya akan diarahkan sebagai pusat inkubasi bisnis.

 

Founder dan Instruktur:

Irna Mutiara ( Founder & Instruktur )

Nuniek Mawardi ( Founder & Instruktur )

Deden Siswanto ( Founder & Instruktur )

Astri Lestari ( Instruktur )

Itang Yunasz ( Instruktur )

 

Program Kerjasama:

PERTUKARAN PELAJAR INDONESIA – JEPANG

Program ini dikhususkan untuk Pelajar  serta Praktisi Fashion Busana Muslim khususnya di lingkungan  IF Institute dan Unpad serta Pemerintah Jepang dengan Tujuan Membangun kerjasama yang saling menguntungkan kedua belak pihak di bidang perdagang dan perindustrian  dengan mengusung Fashion Busana Muslim yang sesuai dengan syariat Islam. Lebih jauh program ini merupakan kesempatan bagus untuk mempromosikan keragaman budaya toleransi, kerjasama dan penghormatan mutual, serta perbedaan untuk kedua negara.

Misi: Dalam program ini,  Indonesia akan diwakili pelajar  berprestasi serta dibimbing praktisi fashion untuk belajar  lebih lanjut tentang Fashion Busana Muslim serta kecenderungan dan pangsa pasar Busana Muslim di Negara Jepang serta sebaliknya

Program Universitas Padjajaran Bandung

Melahirkan 1000 wirausaha muda Indonesia di bidang Fashion Muslim dan derivatifnya

Misi: Menciptakan generasi muda yang produktif dan menciptakan  lapangan pekerjaan

 

Biaya Program Belajar dan Periode:

Kursus 3 bulan: FASHION STYLIST

Kelas/minggu : 4

Total pertemuan : 48

Total jam : 96

Biaya pendaftaran: Rp. 1.000.000

Biaya : Rp. 15.000.000

Belajar dalam mempersiapkan sebuah Show, Pemotretan / Medsos

Sketsa Dasar,Kombinasi warna,Penelitian Fashion, moodboard dasar

Menciptakan Ikon di Industri Fashion

 

Kursus 6 bulan: FASHION PR DAN MARKETING

Kelas/minggu : 4

Total pertemuan : 96

Total jam : 192

Biaya pendaftaran: Rp. 1.000.000

Biaya : Rp. 30.000.000

Promosi dengan cara yang kreatif melalui berbagai media

Sejarah mode adat/kontemporer, pengetahuan tekstil, pemasaran fashion,pemahaman produk

Membangun penelitian dan studi pasar dalam mode fashion muslim global

 

Kursus 9 bulan:FASHION DESIGNER

Kelas/minggu : 4

Total pertemuan : 144

Total jam : 288

Biaya pendaftaran: Rp. 1.000.000

Biaya : Rp. 45.000.000

Mempelajari kunci konsep design fashion dan bereksperimen dengan berbagai kain dan teknik

Membuat fashion ilustrasi,draping,pattern drafting dan mempelajari sejarah fashion

Dibimbing dalam perencanaan pembuatan karya fashion dengan gaya sendiri

Fashion Show

 

 

Kontak dan Informasi:

Alamat : Bale Motekar, Jalan Banda No. 40, Bandung, Jawa Barat

Telepon : 0813 2009 4448

https://www.facebook.com/islamicfashioninstitute

https://www.instagram.com/islamicfashioninstitute/

E-Mail : info@islamicfashioninstitute.com

Website. www.islamicfashioninstitute.com

 


Komentar

  • Sholihah

    8 Juli 2017

    Maksimal usia

    اسلام عليكم ورحمةاللة وبركاته ١.Adakah pembatasan usia dalam pendaftaran? ٢. Tiap bulan apa pengajaran dimulai ? Terimakasih وسلام عليكمورحمةالله وبر كاته


    Reply






















  • Masitohmazy

    4 Juli 2016

    bertanya

    Selamat yaa... keren!! Ini yg q tunggu😃 pengin ikut daftar untuk melanjutkan... dulu sya SMK ku jurusan tata busana tpi sekrg kuliahnya di keguruan n dh ngajar... btw ada maksimal umur gk?thanks


    Reply






















  • Andita

    5 Mei 2016

    selamat

    Selamat ya IFI masuk media... saya yakin IFI makin berkembang, Aamiin Ya Allah...


    Reply






















  • Tulis Komentar


    Back to Top