Asuransi Prudential Syariah

Pru Link Syariah, Manfaat Bertambah Keuntungan Berkali Lipat

Jakarta, (gomuslim). Perkembangan investasi syariah belakangan ini akan semakin diminati masyarakat, sebab ada “manfaat” tambahan yang dapat dihitung sebagai keuntungan bila berinvestasi di koridor ini. Terutama dalam hal ini ialah investasi berjenis asuransi yang berbasis syariah. Asuransi syariah akan menjadi produk primadona yang akan diminati masyarakat yang mulai sadar syariah. Mereka akan merasa lebih nyaman dan tenang karena fund management pasti berorientasi syariah compliance dan asuransinya tentu sudah syar’i.

vs fhsryAsuransi Syariah memiliki akad tersendiri dan berbeda dengan akad konvensional. Asuransi konvensional dianggap masih jauh dari ketentuan-ketentuan prinsip syariah. Masyarakat yang sudah mulai sadar dengan gaya hidup syar’i tentu lebih melirik sistem pengelola keuangan berbasis syariah. Termasuk dalam hal asuransi sekalipun. PT Prudential Indonesia rupanya telah menangkap kecenderungan masyarkaat ini dengan merilis produk berbasis syariah hampir satu dekade yang lalu.

Asuransi Prudential Syariah atau kerap disingkat jadi Pru Syariah diluncurkan pertama kali pada 17 September 2007 yang lalu dengan dikelola oleh Prudential Fund Management Berhad (PFMB), sejenis manajer investasi yang berkedudukan di Malaysia. Perbedaan antara yang konvensional dan syariah terletak di akadnya. Pru Syariah ini merupakan Asuransi syariah yang by definition merupakan usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang (jama’ah) melalui investasi dalam bentuk asset dan/atau tabarru’ yang memberikan peluang pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui perjanjian (aqad) yang syar’i.  

Berbeda dengan konvensional yang masih menyisakan “ruang transaksi” yang bersifat Ghurur (transaksi semu) dan Maisir (undian mirip judi). Penjelasannya lebih lanjutnya ialah pertama dana yang disetor nasabah diambil alih oleh perusahaan dan risiko nasabah ditanggung perusahaan. Risiko yang akan dihadapi nasabah itu tidak pasti, sementara semua perjanjian transaksi muqayyad bizzaman (terikat dengan waktu/tempus). Apabila nasabah saat baru membayarkan preminya mengalami tutup usia, maka perusahaan berkewajiban membayarkan santunan. Tapi apabila nasabah berusia panjang, maka presmi yang terbayarkan bisa melebihi apa yang diterimanya kelak. Yang demikian ini menyisakan ghurur dan maisir. Selian itu, persoalan riba sewaktu-waktu dapat membelit perikatan transaksi konvensional ini. Karena nasabah tidak tahu, kemana dananya diinvestasikan dan bagaimana pengelolaannya.

Perbedaan lainnya dalam asuransi Pru Syariah, premi dikelola menjadi portovolio yang akan diinvestasikan oleh fund manajer-nya ke bisnis-bisnis etis, bukan yang dilarang oleh Islam (seperti minuman keras, industri rokok, pengolahan makan tidak halal, dan sejenisnya), ke bidang usaha yang lebih riil, sehingga bebas dari riba. Dan akadnya ialah tolong-menolong antar sesama anggota/nasabah. Dana yang disetor nasabah tidak diambil alih oleh perusahaan, tetapi dikelola oleh perusahaan menjadi dana tabarru’. Dana ini adalah dana yang harus disisakan dalam rekening polis, misalnya 5 juta, untuk dipergunakan sebagai santunan kepada anggota yang mengalami musibah. Jadi prinsip jama’ah sangat kuat dalam akad ini. Akad asuransi yang demikian ini lah yang diperbolehkan dalam Islam.

Berikut ini prinsip-prinsip syariah yang diadopsi oleh Pru Syariah PT Prudential Indonesia;

-          Sistem Asuaransi yang didasarkan pada prinsip tolong-menolong/Ta’awun, saling menjamin, tidak berorientasi pada bisnis materi semata.

-          Sistem Asuransi yang tidak bersifat mu’awadhod atau akad jual-beli yang menguntungkan. Tetapi sistem yang menerapkan kerja sosial yang bersifat tabarru’ (melepaskan beban orang lain). Tabarru’ ini adalah sama dengan hibah (pemberian). Jadi haram bila dana tabarru’ ini diminta kembali.

-          Setiap orang yang menyetorkan uang menurut jumlah tertentu adalah bersifat dan sebagai tindakan menyumbang, membantu meringankan beban (tabarru’) dengan prinsip ukhuwah dan jamaah. Dan setiap orang yang menyetor dana untuk tujuan tersebut akan diberi ganti rugi/santunan kerugian menurut izin yang diberikan jamaah.

-          Dana yang apabila akan dikembangkan, harus diinvestasikan pada lembaga keuangan non-ribawi, institusi keuangan yang menerapkan sistem imbal hasil/equitas yang syar’i, bukan bisnis yang dilarang secara syar’i.

 

Akad :

Hibah Tabarru

Peserta membayar kontribusi sesuai dengan yang telah ditentukan dan menghibahkan dana yang akan digunakan untuk menolong peserta lain yang terkena musibah.

 

Wakalah bil ujrah

Pemberian wewenang oleh pemegang polis kepada pihak pengelola untuk mengelola dan menginvestasikan dana/premi (kontribusi)  dengan ujrah (biaya upah) yang disepakati kedua belah pihak.

 

Dasar hukum syariah-nya adalah;

-          QS: 2: 240 :

“Dan orang-orang yang akan meninggal dunia diantaramu dan meninggalkan istri, hendaklah berwasiat untuk istri-istrinya, diberi nafkah sehingga setahun lamanya dengan tidak disuruh pindah..”

-          QS: 4: 9:

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) hidup mereka..”

-          QS: 12: 47-49:

(Kisah Nabi Yusuf a.s merancang pengelolaan hasil panen dan peternakan yang melimpah untuk mengantisipasi risiko paceklik pada hasil panen dan peternakan 7 tahun berikutnya)

 

Ada dua produk asuransi syariah yang dikeluarkan Pru Syariah dan dapat disesuikan dengan keperluan anggota dalam merencanakan pengelolaan keuangannya dan manfaat pertanggungan atas risiko yang akan dihadapinya.  

 

[1] . PRUlink syariah assurance account

PRUlink syariah assurance account (PAA Syariah) adalah produk asuransi jiwa terkait investasi berdasarkan prinsip syariah dengan pembayaran kontribusi secara berkala yang memberikan fleksibilitas tak terbatas yang memungkinkan Anda untuk sewaktu-waktu mengubah jumlah pertanggungan, kontribusi serta cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan Anda juga bisa menambah asuransi tambahan seperti rawat inap, kecelakaan, atau kondisi kritis. Anda juga bisa memilih satu atau kombinasi dari 3 dana investasi syariah yang tersedia, dan dapat mengubah kombinasi dana investasi syariah sewaktu-waktu.

 

Manfaat

  • Memberikan santunan meninggal dunia atau cacat total dan tetap sebesar uang pertanggungan.
  • Dapat memilih jenis investasi sesuai dengan profil risiko yang Anda inginkan.
  • Anda diperbolehkan untuk menambah perlindungan asuransi dengan memiliki asuransi tambahan.
  • Anda bisa menggunakan cuti kontribusi di mana Anda diperbolehkan untuk berhenti membayar kontribusi selama jangka waktu tertentu, karena alasan-alasan darurat.
  • Memiliki fasilitas withdrawal atau penarikan nilai tunai sebagian.

 

Manfaat Tambahan

 

[2]. PRUlink syariah edu protection

PRUlink syariah edu protection merupakan paket produk Asuransi Jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Kontribusi yang Anda bayarkan memberikan manfaat perlindungan (proteksi) dan manfaat investasi dalam bentuk nilai tunai. Paket produk Asuransi Jiwa ini tersedia dalam mata uang Rupiah yang memberikan Manfaat Asuransi selama Polis masih aktif.

Manfaat

  1. Memberikan 2 manfaat perlindungan untuk orangtua dan anak sekaligus dalam satu polis yang komprehensif.
  2. Memberikan manfaat bulanan sampai anak Anda berusia 18 atau 25 tahun (sesuai dengan pilihan Pemegang Polis)*.
  3. Mengimbangi dampak inflasi karena setiap 3 tahun sekali manfaat bulanan akan naik sebesar 15% dari nilai manfaat bulanan awal.
  4. Dana investasi akan tetap berpotensi untuk berkembang sesuai dengan jenis investasi yang dipilih nasabah karena kami akan melanjutkan pembayaran kontribusi polis anak Anda sampai anak Anda berusia 18 atau 25 tahun*.
  5. Memberikan kemudahan untuk aplikasi anak kedua**.

 

*) Apabila terjadi risiko kematian/ terkena penyakit kondisi kritis/ mengalami Cacat Total dan Tetap terhadap diri Anda sebagai Peserta Tambahan

**) Berdasarkan ketentuan yang berlaku di Prudential Indonesia PRUlink term Indonesia

 

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top