Saudi Arabian Airlines

Transportasi Jemaah Haji Indonesia yang Masuk Peringkat Dunia

Moda transportasi udara adalah salah satu transportasi yang dipakai oleh mayoritas umat muslim dunia untuk menuju Mekkah dan Madinah dalam rangka menunaikan ibadah haji dan umrah. Pada Selasa, (24/05/2016) dua perusahaan transportasi udara telah menandatangani MoU terkait moda transportasi yang digunakan untuk mengangkut jemaah haji  ke Tanah Suci. Salah satu dari perusahaan tersebut adalah Saudi Arabian Airlines.

Saudi Arabaian Airlines atau kerap disebut Saudia adalah nama maskapai penerbangan Arab Saudi dengan kode IATA SV dan ICAO SVA. Maskapai ini berdiri dari sejak tahun 1945  bermula dari pesawat terbang pemberian Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt. Pesawat yang diberikan tersebut  menggunakan mesin single twin DC-3 (Dakota) HZ-AAX.

Kemudian beberapa bulan kemudian Pemerintah Arab Saudi  memesan lagi 3 pesawat yang sama, sehingga dari sinilah disinyalir sebagai cikal bakal penerbangan Saudi Airlines yang kini termasuk sebagai salah satu perusahaan penerbangan tersebesar di dunia. Saat ini Saudia telah memiliki 119 pesawat terbang termasuk pesawat dengan daya tampung luas seperti B787-9, B777-268L, B777-300ER, Airbus A320-200, Airbus A321,  Airbus A330-300, dan Embraer 170.

Saudia berpusat di Jeddah, Arab Saudi, maskapai ini beroperasi di Jeddah-King Abdul Aziz International Airport (JED). Selain itu pesawat ini juga beroperai di Riyadh-King Khalid Interational Airport (RUH) dan Dammam-King Fahd International Airport (DMM). Bandara yang ketiga ini merupakan bandara yang  baru dibuka sebagai bandara komersial pada 28 November 1999.  Saudia merupakan perusahaan penerbangan ketiga terbesar di Timur tengah setelah Emirates dan Qatar Airways.

Pada tahun 2004 Saudia telah menerbangkan lebih dari 15 juta penumpang dengan demikian laba perusahaan maskapai ini meningkat 14 persen. Namun pada tahun ini (2016) tarif tiket pesawat akan dibuat lebih murah dan disubsidi oleh pemerintah Arab Saudi tujuannya adalah untuk mewujudkan visi Saudi 2020  demi meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara, sedangkan Saudi Arabian Airlines termasuk salah satu korporasi yang andil dalam mewujudkan visi tersebut.

Jadwal penerbangan yang dijalankan oleh Saudia saat ini telah mencapai 120 destinasi yang meliputi wilayah Timur Tengah, Afrika, Asia, Eropa dan Amerika Utara. Maskapai ini pun kerap disewa baik untuk penerbangan domestik maupun internasional seperti pada saat musim haji dan umrah Ramadhan. Sebagai perusahaan maskapai, Saudia juga telah bergabung dengan Arab Air Carrier Organization selain itu pada 29 Mei 2012 Saudia pun bergabung dengaan Sky Team Airline Alliance.

Terkait dengan haji, Saudia adalah satu-satunya maskapai Timur Tengah yang memenangkan tender untuk mengangkut jemaah haji Indonesia, maskapai ini memiliki keunggulan tersendiri yakni, bagi jemaah haji atau umrah dapat langsung ditujukan ke Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah dan Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz  di Madinah, sehingga dengan demikian para jemaah tidak melakukan transit lagi ke bandara lainnya.

Selebihnya jemaah haji yang menggunakan Saudia akan dapat langsung masuk pintu Terminal Haji bukan terminal biasa. Kemudian perjalanan haji melewati rute penerbangan terjadwal dari Karachi, Islamabad, Mumbai, Delhi, Jakarta, Kano, Khartoum, Istanbul, Dhaka akan dimulai dari terminal haji bukan terminal biasa. Dengan demikian para penumpang akan merasakan pelayanan yang jauh lebih baik dari biasanya.

Menangnya Saudia dalam tender yang dilakukan Kemenag terkait maskapai pengangkut jemaah haji, tak terlepas dari harga yang ditawarkan oleh Saudia jauh lebih murah ketimbang pesawat asing lainnya, selain itu maskapai ini pun memiliki fasilitas yang dinilai sangat layak untuk mengangkut jemaah haji yang menempuh perjalanan lebih dari 8 jam.

kjgk

Maskapai Saudia juga telah memiliki fasilitas yang lumayan mewah, adapun kapasitas bagasi dibatasi sekitar 25-34 kg tergantung dari class pesawat yang diambil oleh penumpang. Dalam hal pelayanan di dalam kabin pesawat, maskapai ini tidak menyediakan minuman beralkohol dan  pramugarinya pun berpenampilan sopan.  

Adapun dari segi prestasi, maskpai yang satu ini sudah banyak dibanjiri prestasi dalam 3 dekade bahkan hampir 4 dekade. Namun di sini akan dipaparkan prestasi Saudia terkait pelayanan yang dilakukannya terhadap kaum disabilitas, tindakannya itu akhirnya membuahkan penghargaan dari asosiasi internasional, penghargaan yang telah diaraihnya dari aspek pelayanan terhadap difabel adalah sebagai berikut:

  1. Diamond Award 2000 dari Onboard Services Magazine, Orlando Amerika Serikat. Atas layanan pemberian makanan;  
  2. Appresiasi 2000 dari Onboard Services Magazine, Orlando Amerika Serikat;
  3. Mercury Gold Awards 1992 dari The International Flight Catering Association atas pemberian makanan khusus terhadap tunanetra;
  4. Mercury Gold Awards 1997 dari Flight Catering Association atas diberikannya  panduan khusus terhadap penumpang yang tunarungu;
  5. The First Millennium President’s Awards 2000 dari International Flight Catering Association dan International Inflight Food Service Assosiation atas layanan yang diberikan terhadap penumpang berkebutuhan khusus selama perjanalan panjang antar negara.

Struktur Organisasi Perusahaan

Chairman                : Sulaiman Alhamdan

Director-genaral       : Saleh Al Jasser

CEO                        : Abdul Mohsen Jonaid

 

Alamat cabang di Indonesia

 Menara Imperium Lt. 6,

Jalan HR Rasuna Said Kav 1,

Jalan Kuningan Madya,

 Kecamatan Setiabudi,

 Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Telepon   :(021) 8356201

Jam buka : · 08.00–17.00

 

Website: http://www.saudiairlines.com/


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top