PT PISMATEX TEXTILE INDUSTRY

Produsen Sarung dari Pekalongan yang Masuk Pasar Internasional

Sarung yang sudah terkenal dengan brand Gajah Duduk ini tak terlepas dari kiprah perusahaan tekstil yang memproduksinya, perusahaan yang telah lebih dari 40 tahun bergelut dalam industri padat karya ini terus bersaing dalam produk sarung yang dipasarkannya. Sampai saat ini Gajah Duduk telah disebar ke seluruh Indonesia, produknya banyak dikenal di pasaran tanah air bahkan mancanegara.

khlk

Pada awal produksi, perusahaan ini masih memperkerjakan 100 orang karyawan yang melakukan penenunan dengan mesin tradisional sekaligus menjahit kait itu menjadi sarung. Perusahan yang memproduksi sarung ternama ini  adalah PT. Pismatex Textile Industry yang telah berdiri pada 1972 di Pekalongan, Jawa Tengah oleh Almarhum Ghozi Salim. Namun pada tahun awal berdiri, status perusahaan masih sebatas industri rumah tangga dan setelah dua dekade berjalan tantangnan ekonomi global makin meningkat, maka pada 1 Maret 1994, perusahaan ini berubah status menjadi perseroan terbatas dengan nama PT. Pismatex Textile Industry.

Setahun sejak perubahan status perusahaan tepatnya pada 1995 Presiden Direktur PT. Pismatex Jamal Ghozi, merombak total manajemen perusahaan untuk dapat bersaing di pasar global secara kontemporer, maka sistem kerja dalam manajemen pun ditata kembali sehingga produk yang dihasilkan dapat menembus pasar internasional pada tahun itu. Hingga saat ini sarung dengan merek Gajah Duduk yang diproduksi oleh PT. Pismatex telah menempati 40% pasar domestik. Brand ini pun merupakan brand yang mempunyai gengsi tersendiri di pasaran.

 


Prestasi

Tentunya produk yang telah dipasarkan selama 40 tahun di Nusantara menyisakan sebuah nama yang diingat oleh banyak pengguna di Tanah Air, oleh karena itu maka sarung Gajah Duduk lebih diingat dan dikenal oleh masyarakat di Indonesia dari pada produsennya. Namun justru dari situlah sebuah prestasi dapat diraih oleh produsen, karena semakin banyak pengguna menandakan semakin tinggi kepercayaan masyarakat terhadap produk itu.

Atas dasar inilah  maka beberapa penghargaan pun diraih oleh PT. Pismatex serta menerima sertifikat ISO 9001yang merupakan standar internasional untuk sistem manajemen mutu. Selain itu pada 2011 PT. Pismatex telah menadapatkan penghargaan berupa Super Brand Awards atas prestasinya mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan.

Superbrands merupakan suatu lembaga penilai independen dunia yang berkedudukan di London, didirikan 12 tahun lalu. Jumlah perusahaan yang ingin mendapatkan penghargaan dari lembaga dunia itu cukup besar. Namun karena tim penilai yang terdiri atas 10 orang cukup ketat, maka banyak perusahaan yang gagal meraih anugerah merek terkenal ini.


Ekspansi Pemasaran

Pismatex telah berencana untuk memperluas ragam produksi Gajah Duduk dengan memasarkan beberapa macam busana tradisional untuk wanita. Ragam busana ini termasuk sarung dengan ornamen khusus yang digunakan dalam tarian tradisional, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Thailand, Malaysia, dan Myanmar, serta “baju bodo” yang biasa dipakai oleh wanita dari Sulawesi Selatan pada acara resmi dan upacara adat.

Pismatex juga dalam proses meningkatkan kapasitas pemintalannya dengan menggandakan jumlah gelendong yang beroperasi di pabrik yang ada di Pekalongan (dari 32.000 menjadi 60.000). Penambahan gelendong ekstra ini akan meningkatkan produksi dari 2.000 menjadi 4.000 bola per bulan. Pada saat ini, perusahaan ini berkembang pesat tidak hanya pada unit usaha berbasis industri tekstil, tapi juga di bidang yang lain.

Ketika krisis ekonomi melanda Indonesia, banyak industri padat karya yang merumahkan karyawannya. Namun Jamal Ghozi selaku Presiden Direktur PT. Pismatek, tidak turut merumahkan satu orang pun karyawannya dan tetap bertahan dengan kondisi yang ada. Selain itu terus berusaha meningkatkan mutu produk sehingga perusahaan tekstil ini tetap bertahan sampai sekarang dan mendapatkan banyak penghargaan dari segi kualitas produk yang dipasarkan.

Nilai Merk
Sarung merupakan ikon budaya Indonesia, dan masih dipakai oleh para pria dan pemuda pada kegiatan keagamaan dan kebudayaan. Selain sangat berarti bagi rakyat Indonesia, kegiatan ini juga memberi kesempatan kepada para pria untuk memakai pakaian tradisional terbaik mereka dengan semua kemegahan yang penuh warna. Kemegahan tradisional ini ditunjukkan oleh sarung Gajah Duduk.

Visi

Sebagai perusahaan yang siap bersaing di pasar global, Pismatex tak pernah berhenti berinovasi menghadirkan produk-produk baru dengan bahan dan desain kualitas tinggi.

Misi

  • Memberikan pelayanan terbaik dan profesional untuk memenuhi kepuasan pelanggan.
  • Menciptakan dan mengembangkan produk-produk inovatif dan berkualitas dengan harga bersaing.
  • Menghasilkan laba yang dapat mendukung pengembangan usaha.
  • Bermitra dengan stakeholder (karyawan, pelanggan, masyarakat dan pemegang saham) untuk mewujudkan kesejahteraan bersama yang lebih baik.
  • Meningkatkan kompetensi karyawan untuk menghadapi situasi bisnis yang kompetitif.
  • Menciptakan situasi lingkungan yang sehat dan aman.

 

Alamat:

Kantor Pusat

 

Alamat

:

Jl. WR. Supratman 112 Surabaya 60264, Jawa Timur - Indonesia

Telepon

:

+62 31 5688818, +62 31 5688828

Email

:

info@pismagroup.co.id

Website

:

www.pismagroup.co.id

 

Pemasaran

Alamat

:

Jl. Bligo - Sapugarut Buaran Pekalongan 51157, Jawa Tengah - Indonesia

Telepon

:

+62 285 421896

Fax

:

+62 285 425202

 

Pabrik

Alamat

:

Jl. Bligo - Sapugarut Buaran Pekalongan 51157, Jawa Tengah - Indonesia

Telepon

:

+62 285 421145, +62 285 424768

Fax

:

+62 285 426508


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top