Saudi Public Transport Company (SAPTCO)

Setia Layani Perjalanan Jemaah Haji Seluruh Dunia

(gomuslim). Secara bahasa kata “haji” mengandung arti berkunjung, maka pelaksanaan ibadah ini tidak dapat dipisahkan dari perjalanan. Itulah sebabnya ibadah haji merupakan suatu ibadah yang membutuhkan stamina yang prima karena harus melakukan perjalanan yang jarak tempuhnya terbilang jauh. Sebelum adanya penyedia layanan transportasi yang terorganisasi, jemaah haji melakukan perjalanan secara rombongan dengan menggunakan unta.

Namun sejak ditemukannya kendaraan bermotor, maka sebagian jemaah haji menggunakan mobil itu melakukan perjalanan ke beberapa tempat. Meski demikian jumlah unit transportasi saat itu belum berbanding lurus dengan jumlah jemaah, sehingga beberapa jemaah pada awal abad ke-20 masih ada yang harus melakukan perjalanan dengan menggunakan unta.

Arab Saudi yang menjadi tujuan jemaah haji, merupakan negara yang baru terbentuk sejak tahun 1932. Pada masa-masa awal dideklarasikan berdirinya Arab Saudi, belum terbentuk perusahaan transportasi darat seperti armada bus. Maka  sejak 29 Mei 1979 perusahaan transportasi bernama Saudi Public Transport Company (SAPTCO) resmi dioperasikan. Perusahaan ini merupakan unit usaha yang bergerak dalam pelayanan transportasi publik yang melayani rute perjalanan ke berbagai daerah di Arab Saudi.

Saat ini ribuan bus tersebar di seluruh cabang SAPTCO di beberapa wilayah Saudi. Selama beberapa tahun ini Perusahaan SAPTCO telah melayani angkutan antar kota di wilayah Saudi maupun beberapa kota di negera-negara tetangga.  Layanan antar kota meliputi kota-kota besar seperti Riyad, Damam, Mekah, Madinah, Jeddah dan kota-kota kecil lainnya. Armada bus SAPTCO telah menghubungkan lebih dari 385 tempat meliputi kota dan desa-desa kecil di seluruh Arab  Saudi.

jgjgk

SAPTCO bermarkas di Riyad dan mempunyai cabang-cabang seperti di Damam, Jedah, Mekah, Khamis, Ghasim, Tabuk, Thaif dan banyak lagi cabang lainnya di setiap kota besar Saudi. Banyak jemaah haji yang menggunakan jasa layanan dari SAPTCO untuk kepentingan ibadah haji. Perusahaan ini adalah perusahaan resmi yang bergerak dalam layanan transportasi bagi jemaah haji dan juga masarakat setempat.

Kerajaan Saudi telah meresmikan operasional transportasi milik SAPTCO dengan dikeluarkannya Dekrit No. (M / 48) tanggal 23/12/1399/ 13 Nov 1979.  Saat itu lamanya izin opersional yang diberikan untuk melakukan aktivitas angkutan umum 15 tahun. Kemudian pada 26 Jun 1993 izin operasional usaha ini diperpanjang lagi sebelum masa berlaku izinnya habis.

Untuk meningkatkan jumlah armada maka pada 2007 SAPTCO menambahkan modal tetap perusahaan dari SAR 1 miliar menjadi SAR 1,25 miliar untuk menambah jumlah kendaraan yang hingga kini mencapai 4.500 unit.

 

Saat musim haji berlangsung tidak kurang dari 1.000 perjanalan dilyani oleh perusahaan transportasi ini. Dalam sebuah langkah untuk memperluas jaringan layanan maka SAPTCO meluncurkan SAPTCO Limo Project yang menawarkan mobil mewah dengan driver secara profesional. Program ini dibuat sebagai pelaksanaan strategi pertumbuhan perusahaan, termasuk armada mobil mewah, seperti Mercedes S-Class, mobil Lexus, Caprice dan mobil keluarga (Suburban). Layanan ini beroperasi di Mekah, Jeddah, Madinah dan Riyadh. Sehingga bagi wisatawan atau jemaah haji dan umrah yang menginginkan perjalanan dengan mobil tersebut dapat menggunakan jasa SAPTCO.

Adapun mengenai layanan terhadap pelanggan, SAPTCO telah membuka layanan di semua terminal domestik dan internasional di Bandara Internasional King Khalid Riyadh, Bandara King Abdul Aziz International di Jeddah dan Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Guna meningkatkan layanan yang lengkap, SAPTCO juga memberikan layanan angkutan untuk jemaah haji atau umrah berupa antar jemput Mekah-Madinah-Airport. Untuk pelayanan bagi jemaah haji dan umroh antar pemondokan-Haram, maka SAPTCO memberikan layanan 24 jam yang dikenal dengan sebutan angkutan Salawat. Adapun layanan lainya adalah antar jemput anak sekolah/kuliah, layanan ini sementara hanya terdapat di kota Riyad dan Damam.

Saat musim haji berlangsung tidak kurang dari 3 juta jemaah diangkut dengan moda tranportasi SAPTCO. Bus haji yang disediakan telah dirancang khusus dengan adanya bus shalawat dengan rute perjalanan sebagai berikut:

1. Aziziah Janubiah- Mahbas Jin- Bab Ali
2. Aiziah Syimaliah 1- Mahbas Jin- Bab Ali
3. Aiziah Syimaliah 2- Mahbas Jin- Bab Ali
4. Mahbas Jin- Bab Ali
5. Syisyah Raudhah 1- Syib Amir
6. Syisyah Raudhah 2- Syib Amir
7. Syisyah 1- Syib Amir
8. Syisyah 2- Syib Amir
9. Raudhah- Syib Amir
10. Biban- Syib Amir
11. Misfalah/ Nakkasah- Rea Bakhas/ Jiyad

Tentu dengan adanya penyedia layanan tranportasi ini, maka perjalanan jemaah haji dapat berlangsung dengan mudah tanpa mengalami kesulitan mencari tranportasi umum. Perjalanan jemaah haji selalu dilayani oleh SAPTCO selama mereka berada di Saudi. Dengan demikian bertahun-tahun perusahaan ini setia melayani perjalanan jemaah haji ke berbagai rute perjalanan yang ditawarkannya.

 

Saudi Public Transport Company (SAPTCO)

 

Alamat:
Kantor Pusat:
Sulaymaniyah District, Riyadh Prince AbdulAziz bin Mosaid bin Jalawi Street
P.O Box: 10667 Riyadh 11443
Phone: +966 112884400
Fax: +966 112884411
Customer Service Center (Bagi yang tinggal di Saudi): 8001249999
Bagi yang tinggal di luar Saudi:+966112682760

Website: www.SAPTCO.com.sa


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top