Ini Keunggulan Situs Wonderful Lombok yang Jadi Jawara 'World's Best Halal Travel Website' dalam WHTA 2016

gomuslim.co.id- Pariwisata Indonesia meraih prestasi gemilang dari gelaran World Halal Tourism 2016 yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Indonesia sukses memboyong 12 penghargaan dari 16 kategori yang diperebutkan dalam ajang tersebut Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengatakan, penghargaan ini tentunya akan membuat nama Indonesia menjadi lebih terkenal di kalangan wisatawan dari seluruh dunia.

"Penghargaan ini juga memiliki pengaruh dalam hal peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Indonesia, terutama dari negara-negara yang berpenduduk muslim," ungkap Arief Yahya, kepada awak media beberapa waktu lalu. Lebih lanjut Arief mengatakan, penghargaan ini tentunya sangat penting bagi Indonesia yang terus memacu pembangunan di sektor pariwisata.

"Kalau kita pakai rumus yang benar yakni 3C (Calibration, Confidence dan Credibility) maka hasilnya akan bagus seperti sekarang ini. Calibration yang saya maksud disini adalah kita harus mengukur apakah yang kita lakukan itu sudah pada jalur yang benar dan sesuai sama standar dunia gak," kata Arief Yahya.

Dari ke-12 kategori yang berhasil dimenangkan oleh Indonesia, terselip satu kategori yang bisa dibilang sangat menunjang branding destinasi wisata Indonesia, khususnya destinasi wisata di Lombok dan Sumbawa. Bukan sebuah perusahaan besar ataupun htel mewah melainkan sebuah situs yang memperkenalkan Lombok dan Sumbawa ke mata Dunia melalui jalur internet.

Adalah situs www.wonderfullombok.com, sebuah situs web yang memperkenalkan pesona dari Pulau Lombok dan Sumbawa yang tentunya menjadi salah satu media yang berguna untuk semakin mempromosikan destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk diketahui, situs wonderfullombok.com berhasil memenangkan kategori World Best Halal Travel Website dan harus bersaing dengan situs-situs web dari negara lain seperti labaikqatar.com, halalbooking.com, tripfez.com serta islamictravel.com pada ajang WHTA 2016 yang lalu.

Penasaran dengan fitur dan halaman yang disediakan oleh pengembang web tersebut? Berikut ulasan singkatnya yang berhasil dihimpun oleh gomuslim:

Beranda

Pada halaman awal, terdapat beberapa kolom yang berisikan tentang destinasi wisata di Pulau Lombok yang paling sering dikunjungi dan di cari di mesin pencari. Selain itu, hadir pula beberapa tips dan artikel yang paling populer di situs tersebut.

Hils

Pada halaman ini, pengunjung akan disuguhkan dengan empat pilihan sub halaman yakni BPPD NTB yang nantinya akan langsung mengarahkan anda ke situs resmi BPPD NTB. Hadir pula Lombok Sumbawa 360 yang menghadirkan galery foto 360 derajat di Lombok, Fun Media yang berisikan wallpaper, avatar, photo frame serta aplikasi. Terakhir, pada halalman ini dihadirkan juga fitur Lombok Sumbawa Realtime yakni sebuah rekaman CCTV tentang keadaan yang ada di Lombok dan sumbawa secara Realtime, namun sayang ketika kami mencoba membuka fitur ini, dari website tersebut masih under construction.

Tujuan

Sesuai dengan namanya, pada halaman ini berisikan tentang destinasi wisata yang berada di kawasan Lombok dan Sumbawa. Pada halaman ini pula, pengunjung bisa memilih tujuan wisata berdasarkan letak geografis seperti destinasi di wilayah selatan, tengah, utara, timur serta barat.terdapat pula keterangan mengenai tujuan wisata yang dipilih seperti letak geografis, deskripsi tempat wisata dan sejarah.

Hotel

Pada halaman ini, berisikan dua sub kolom yakni backpack atau suitcase. Setelah memilih salah satunya, pengguna juga langsung diarahkan ke halaman lain yang berfungsi untuk memilih penginapan yang berada di wilayah Lombok dan Sumbawa yang sesuai dengan keinginan mereka dan mengkomparasi harga termurah dari berbagai penyedia layanan.

Transport

Pada halaman ini, pengguna bisa langsung memesan tiket pesawat yang diinginkan. Ada form yang perlu diisi seperti bandara untuk keberangkatan, bandara tujuan hingga jadwal keberangkatan dan jumlah penumpang. Menu transport juga memungkinkan pengguna untuk memesan tiket one way ataupun Pulang Pergi. Website ini sudah bekerjasama dengan 14 maspaia penerbangan yang menyediakan keberangkatan ke Wilayah Lombok dan Sumbawa, seperti Sriwijaya Air, Batik Air, Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, Tiger Air, Air Asia, Wings Air, Malindo Air, Xpres Air, NAM Air, Kalstrom Aviation, Jetstar serta Thai Lion Airlines.

Atraksi

Berisikan berbagai rujukan kegiatan yang bisa anda lakukan ketika mengujungi Pulau Lombok dan Sumbawa. Seperti, wisata kuliner, wisata spiritual, berbelanja, olah raga atau surfing, nightlife, serta mengetahui jadwal event atau festival yang akan dilangsungkan di wilayah tersebut.

News

Pada halaman ini, pengunjung akan disuguhkan denga berbgai artikel mengenai destinasi di wilayah Lombok dan Sumbawa yang tentunnya akan memberikan pengalaman serta pengetahuan lebih bagi mereka yang hendak berkunjung ke destinasi tersebut.

Bantuan

Halaman ini diperuntukkan bagi anda yang mengalami kesulitan dalam hal memesan tiket pesawat serta penginapan dan tentunya fitur ini akan sangat berguna disaat anda hendak memesan tiket pesawat ataupun hotel.

Selain pada situs web, Wonderfullomboksumbawa.com juga akan segera tersedia untuk versi mobile yakni pada aplikasi yang berjalan di Android dan ios. Tim gomuslim juga sempat mengunjungi situs alexa.com untuk melihat trafik pengnjung serta peringkat dari situs web wonderfullomboksumbawa.com dan hasilnya walaupun masih memiliki peringkat yang masih jauh yakni di angka 95,964, namu situs web ini sudah memiliki bouncce rate yang cukup rendah yakni 32.30 %. (ari)


Back to Top