ACT for Humanity

Aksi Cepat Tanggap (ACT) : Ini Langkah Pasti Lembaga Kemanusiaan 'Care For Humanity'

gomuslim.co.id- “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. “ (Q.S. Al Maidah: 2)

Ayat ini bisa menjadi pedoman kita untuk senantiasa melakukan kebaikan dan saling tolong menolong kepada sesama. Apalagi saat ini, bencana alam, peperangan, dan lainnya yang yang terjadi di belahan bumi membuat banyak saudara-saudara kita menjadi korbannnya.  Untuk itu, melalui sebuah lembaga filantropi yang terpercaya, agaknya aksi tolong menolong kita bisa disalurkan dengan baik kepada saudara-saudara kita dengan amanah dan diatur dengan baik.

Seperti salah satunya yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Lembaga filantropi Islam yang resmi diluncurkan sejak tahun 2005 ini mempunyai banyak program kemanusiaan untuk menyalurkan donasi Anda kepada mereka, saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sejarah ACT

Tanggal 21 April 2005, Aksi Cepat Tanggap (ACT) secara resmi diluncurkan secara hukum sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian mengembangkan kegiatannya ke program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf.

ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai bagian dari akuntabilitas keuangannya ACT secara rutin memberikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik kepada donatur dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempublikasikannya melalui media massa.

Sejak tahun 2012 ACT mentransformasi dirinya menjadi sebuah lembaga kemanusiaan global, dengan jangkauan aktivitas yang lebih luas. Pada skala lokal, ACT mengembangkan jejaring ke semua provinsi baik dalam bentuk jaringan relawan dalam wadah MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) maupun dalam bentuk jaringan kantor cabang ACT. Jangkauan aktivitas program sekarang sudah sampai ke 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Pada skala global, ACT mengembangkan jejaring dalam bentuk representative person sampai menyiapkan kantor ACT di luar negeri. Jangkauan aktivitas program global sudah sampai ke 22 Negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, Indocina dan Eropa Timur. Wilayah kerja ACT di skala global diawali dengan kiprah dalam setiap tragedi kemanusiaan di berbagai belahan dunia seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas berbagai negara.

Dengan spirit kolaborasi kemanusiaan, ACT mengajak semua elemen masyarakat dan lembaga kemanusiaan untuk terlibat bersama. Berbekal pengalaman selama puluhan tahun di dunia kemanusiaan, kami melakukan edukasi bersama, membuka jaringan kemitraan global yang menjadi sarana kebersamaan. Semua program global ACT menjadi sarana merajut kemitraan berbagai lembaga amil zakat, komunitas peduli, artis dan publik figur yang memiliki visi yang sama untuk kemanusiaan.

Tahun 2014 menjadi awal bagi ACT untuk menjalin kolaborasi kemanusiaan dunia, bersamaan dengan visi baru: menjadi lembaga kemanusiaan global profesional, berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global, kami inginmewujudkan peradaban dunia yang lebih baik. Menghadirkan sebuah dunia yang nyaman bagi umat manusia, dunia beradab dan memiliki peradaban mulia di bawah naungan cahaya ilahi. Cita-cita ini akan menjadi nyata dengan keterlibatan semua pihak. Kami memiliki keyakinan penuh, bantu kami untuk bersama mewujudkannya.

 

Visi Misi ACT

Menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik.

Mengorganisir dan mengelola berbagai persoalan kemanusiaan secara terencana, terkonsep, terintegrasi, dan berkesinambungan sehingga menjadi formula ideal dalam mengatasi berbagai problem kemanusiaan baik dalam skala lokal, nasional, regional, maupun global.

Mengorganisir dan mengelola segala potensi kedermawanan masyarakat global sebagai modal sosial untuk mengatasi berbagai problem kemanusiaan baik dalam skala lokal, nasional, regional, maupun global.

Mengorganisir dan mengelola segala potensi kerelawanan global sebagai modal sosial untuk mengatasi berbagai problem kemanusiaan baik dalam skala lokal, nasional, regional, maupun global.

Management ACT

President : Ahyudin

Senior Vice President of Group of Distribution Program : Syuhelmaidi Syukur

Senior Vice President of Group of Philanthropy and Communication : N. Imam Akbari

Vice President of Humanity Network Department : M. Insan Nurrohman

Vice President of Philanthropy Network Department : Rini Maryani

Vice President of Communication Department : Iqbal Setyarso

Vice President of Operational Department: Yana Hermain

Director of Disaster & Community Development Program : Sri Eddy Kuncoro

Director of Volunteer Management : Dwiko H.Dastriadi

Director of Partnership : Mukhti

Director of Creative Strategic Communication : Nurman Priatna

Director of Integrated Digital Marketing  : Hafit T. Mas'ud

Director of Information Technology : Kiki Marjuki

 

Program ACT

-Bangun Sekolah di Tepian Negeri.

Dewasa ini, banyak sekolah di Indonesia berlomba-lomba menjadi sekolah berstandar internasional. Betapa beruntungnya anak-anak yang dapat bersekolah di sana. Sekolahnya dipenuhi sarana dan pra sarana nomer satu. Mimpi mereka setidaknya terasa dekat dan nampak logis. Sudahkah hal itu dapat dirasakan sampai pelosok negeri kita?

Jawabannya tentu belum. Bangunan sekolah banyak yang tidak layak untuk disebut sekolah. Bangunan itu lebih pantas digunakan sebagai kandang. Namun, disanalah puluhan anak menggantungkan impian akan masa depan yang cerah.

 Bangunan sekolah hanya bisa menampung dua kelas. Gurunya pun hanya satu untuk mengajar dua kelas. Bangunan yang disebut sekolah itu hanya beratapkan gubuk (rumbia) dan berlantai tanah yang mengering. Sekolah mereka sangat jauh dari kata layak. Mari bersama mewujudkan sekolah layak untuk anak-anak tepian negeri melalui Program Pendidikan Tepian Negeri.

Mari salurkan donasi Anda untuk pendidikan di tepian negeri, melalui :

Bank Central Asia 676 025 4400

BNI/BNI Syariah 66 00000 164

Bank Syariah Mandiri 706 854 3503

Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap

 

-Jangan Biarkan Bumi Syam Membeku.

Awal musim dingin telah tiba di Bumi Syam. Menambah kegelisahan hidup dalam konflik berdarah yang terus menghujani negeri Palestina dan Suriah. Suhu perlahan turun dan langit semakin menggelap sendu, menambah duka manusia-manusia mulia yang kini masih menjalani hidup terlunta dalam kamp pengungsian dan reruntuhan bangunan.

Di tengah atmosfer kecamuk perang bersenjata, jutaan jiwa harus kembali ‘berperang’ melawan dinginnya alam. Bermalam dalam tirai tenda minimalis tanpa selimut tebal ataupun pakaian hangat, mereka seakan menghitung mundur tercabutnya nyawa dalam raga yang terus menggigil kedinginan.

Jangan biarkan mereka membeku karena bekunya hati kita. Insya Allah, ACT akan kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina dan Suriah untuk menghadapi musim dingin.

Mari salurkan donasi Anda bagi warga Palestina dan Suriah untuk menghadapi musim dingin, melalui :

Bank Syariah Mandiri 101 000 9990

BNI/BNI Syariah 66 00000 120

Bank CIMB Niaga Padang 411 01 0028 9000

Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap

 

-Global Qurban

Program Global Qurban menjadi ikon kepedulian muslim kepada dunia melalui instrumen ibadah kurban. Sebagai ibadah kurban yang memiliki dimensi ekonomi, memberi peluang lembaga ini melakukan strategi berkurban yang tak hanya karitatif tetapi juga ekonomi produktif. Inilah yang kemudian mendorong munculnya  program Global Qurban yang menggarap aktivitas berkurban dari hulu sampai hilir.

Saat ini di sektor hulu memunculkan program Lumbung Ternak Masyarakat (LTM), sementara sektor hilir Global Qurban mendistribusikan daging kurban ke belasan negara sejak tahun 2013, dan tahun ini Global Qurban akan merambah 27 negara sasaran distribusi. Global Qurban telah mengantar amanah kurban ke lokasi-lokasi bencana, wilayah miskin serta rawan pangan di pelosok nusantara hingga masyarakat yang terancam kelaparan dan korban konflik kemanusiaan di mancanegara (Palestina, Suriah, Somalia, Afrika Tengah, Yordania, Afrika Tengah, Myanmar, Filipina, Laos, Vietnam, Bangladesh, Kamerun, Srilanka, Thailand, Kamboja, Timor Leste, Tiongkok, dll). Informasi lebih la jut tentang program global Qurban ACT bisa diakses ke laman: www.globalqurban.com.

 

Informasi dan Kontak ACT

 

Kantor Pusat

Menara 165, lantai 11,

Jl. TB. Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur

Jakarta Selatan, 12560, Indonesia

Ph. +62 21 2940 6565,

Fax. +62 21 2940 6564

 

Kantor Pendukung

Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9

Jl. Ir. H. Juanda no. 50, Ciputat, 15419, Indonesia

Ph. +62 21 741 4482,

Fax. +62 21 742 0664

Website: www.act.id

Instagram: @actforhumanity

 

Untuk daftar berkurban bersama Global Qurban ACT di gomuslim, Anda bisa akses di www.gomuslim.co.id/qurban 


Back to Top