TERPANAS DALAM 10 TAHUN

Suhu Terpanas Iringi Musim Haji 2016

MEKAH – Musim haji tahun 2016 ini akan dibarengi datangnya suhu panas ekstrem di Arab Saudi. Kota Mekah diprediksi panas membara di siang hari, sehingga para jamaah calon haji diimbau melakukan langkah-langkah antisipasi jika ingin aman dari serangan stroke akibat paparan sinar matahari (sun stroke).

Sebuah hasil studi dari lembaga riset iklim internasional dibawah kendali Institut Penjaga Dua Masjid Suci menyatakan baru-baru ini seperti dikutip laman portal berita terkemuka di Arab Saudi, musim haji 2016 akan jatuh pada bulan-bulan dengan kondisi cuaca panas sangat ekstrem, yakni Juni-Juli-Agustus-September. “Cuaca panas pada musim haji tahun ini adalah yang terpanas dalam 10 tahun kedepan,” ujar hasil studi itu.

Kepada para jamaah calon haji dari berbagai negara muslim diingatkan, bahwa cuaca panas ekstrem demikian gampang membuat peziarah terkena serangan stroke.

Studi tersebut juga mencatat adanya kenaikan yang tinggi kasus penyakit akibat sengatan sinar matahari selama musim haji tahun 2015. Dengan begitu, bahaya stroke akibat sengatan matahari dan penyakit lainnya akan terus menimpa jamaah selama musim-musim haji mendatang.

Dikatakan bahwa kota Mekah dan sekitarnya akan berada dalam konsisi yang terlalu panas selama satu dekade ke depan, sehingga para jamaah diingatkan untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar senantiasa berada dalam kondisi tetap aman.

Studi ini juga menyarankan agar para peziarah menghindari paparan langsung sinar matahari, dengan memakai payung (sebaiknya berwarna putih yang relatif kuat menetralisasi sinar panas mentari), banyak meminum air putih, minuman ringan, menutupi kepala, memakai pakaian ringan dari bahan yang mudah menyerap keringat, serta menyalakan AC kamar ketika hendak mandi.

Adapun sejumlah gejala stroke akibat paparan sinar matahari, seperti suhu tubuh panas, sakit kepala dan pusing, kehilangan kesadaran, denyut jantung cepat, serta tubuh berkeringat.

Sepanjang musim haji tahun lalu terdapat sebanyak 1.014 kasus kelelahan akibat panas, kejadian 723 sun stroke, dan 1.737 kasus luka panas.

(dns)


Back to Top