Harlah ke-70

Di Depan Presiden, Muslimat NU Siap Pecahkan Tiga Rekor MURI

Dalam peringatan Hari Lahir ke-70 Muslimat Nahdlatul Ulama, 70 ribu jemaah Muslimat akan memadati Stadion Gajayana, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (26/03/2016).  Acara ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri, serta dirancang untuk memecahkan rekor MURI.

Ketua PP Muslimat NU yang juga Menteri Sosial RI Hj Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, Presiden akan hadir dan menyaksikan tiga rekor MURI Muslimat NU. “ Ada rekor gelar rebana diikuti 50 ribu orang, kemudian hijab putih oleh 50 ribu orang, lomba lukis logo NU yang diikuti 5 ribu peserta,”ujarnya Kamis pagi ini (24/03/2016), yang disampaikan melalui pesan singkat kepada gomuslim.

Khafifah yang sebelumnya nyaris menggeser kedudukan Gubernur Sukarwo dalam dua kali Pilkada di Jatim itu telah beraudiensi dengan Pak De Karwo, melaporkan persiapan acara karena akan dihadiri presiden dan sejumlah menteri serta melibatkan ribuan jemaah.

Panitia lokal Latifah Shohib menyebut untuk Malang Raya akan ada 30 ribu lebih jamaah memastikan hadir dalam Harlah Muslimat NU. Saat ini persiapan sudah mencapai 90 persen. Adapun rangkaian acaranya telah berlangsung sejak Rabu kemarin, berupa santunan yatim duafa dan pemberian bantan kepada kaum difable.

Pada Kamis hari ini (24/03) dilangsungkan kegiatan mewarna  logo NU dengan ibu Menteri Sosial, diikuti 5 ribu peserta dari berbagai sekolah. “Hari Ini Ibu Mensos berkenan membuka lomba lukis logo NU, yang akan dicatat sebagai lomba lukis dengan peserta terbanyak dalam satu tempat dan sekali waktu,”ujar Latifah yang anggota DPR itu.

Selama ini Muslimat NU menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan di bidang- sosial, kemasyarakatan, kesehatan, pendidikan, advokasi dan penguatan civil society, peningkatan kapasitas umat, hingga berkontribusi dalam MDGs dan SDG’s dalam upaya memajukan masyarakat khususnya perempuan Indonesia. Unit layanan masyarakat yang dijalankan Muslimat NU meliputi Yayasan Kesejahteraan Muslimat (YKM) NU dengan 108 RB/RS/Klinik, 10 asrama putri/pesantren putri, 104 panti asuhan, 10 panti jompo; Yayasan Pendidikan Muslimat (YPM) NU dengan 9.986 TK/RA, 1571 PKBM, 14.350 TPQ, 10 balai latihan ketrampilan (BLK), serta 4.622 PAUD.

Selain itu Muslimat NU memiliki Yayasan Haji Muslimat (YHM) NU dengan 146 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH); Yayasan Himpunan Daiyah dan Majelis Taklim Muslimat (Hidmat) NU dengan 59.650 majelis taklim; dan satu Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan), sembilan koperasi sekunder, 144 koperasi primer, dan 355 Tempat Pelayanan Koperasi (TPK).

Organisasi para ibu-ibu di kalangan NU ini menyebar luas hingga ke desa-desa dalam berkiprah bermasyarakat dan untuk menandai peringatan hari lahir ke-70 ini, siap memecah tiga rekor MURI di hadapan Presiden. (mm)

 


Back to Top