STEI SEBI

Inilah Perempuan Inspiratif dalam Gebyar Muslimah 2016

Kementrian Pemberdayaan Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI, Sawangan, Depok menggelar acara bertema kemuslimahan. Acara yang khusus untuk para muslimah ini dihadiri oleh para perempuan dari berbagai latar belakang, tidak hanya mahasiswa dan pelajar, tapi juga Ibu rumah tangga dan masyarakat umum. Gebyar Muslimah 2016, acara tahunan dari program kerja  BEM SEBI ini berlangsung dengan beberapa rangkaian acara, di antaranya talkshow, bazar, dan berbagai perlombaan yang sudah dimulai sejak 9 Maret 2016 lalu.

Tahun ini Gebyar Muslimah mengambil Tema, “ Inspiring Women: Be A Geat Muslimah”. Tema ini dipilih sebagai perwakilan dari kegiatan-kegiatan yang ada di acara-acara untuk menginspirasi para muslimah, sebagai peserta acara yang hadir. Hal tersebut bisa dilijhat pada perlombaan yang ada di GM tahun ini, yaitu lomba menari Saman untuk pelajar SMA, lomba menulis cerita pendek, lomba menyanyi, dan juga lomba fashion show.

Selain itu, sebagai penutup (acara puncak), Gebyar Muslimah menghadirkan seminar Inspiring Women dengan menghadirkan para pembicara wanita yang menginspirasi dari beragam aktivitas dan profesi pada Minggu (27/03) di kampus SEBI, Depok. Para pembicara yang hadir adalah Lenggogini Faruk (Ibu Gen Halilintar), yaitu Ibu Rumah Tangga dengan 11 anak-anak yang sukses sambil berbisnis dan juga traveler keliling dunia. Kedua, Ade Irma Elvira, yaitu  Penulis buku 'Semut Merah 75”, Staff Ahli Anggota DPR RI, dan Penerima Beasiswa LPDP untuk Rusia. Ketiga adalah Cinthia Dewira, Mahasiswi Penerima Beasiswa Entrepreneur 100% STEI SEBI dan pemilik Bisnis 'Dewira Manset' dengan omzet puluhan juta.

Pada talkshow Gebyar Muslimah Minggu pagi itu, masing-masing pembicara bercerita tentang pengalaman mereka masing-masing yang menginspirasi peserta yang hadir. Saat acara, ruangan seminar diisi oleh sekitar 200 orang muslimah dari beragam latar belakang untuk mendegarkan talkshow gebyar muslimah di SEBI hall, Depok. Mereka pun antusian bertanya kepada para pembicara dan juga sharing pengalaman masing-masing, sampai berdiskusi seru.

Minggu siang, acara berlanjut dengan talkshow yang menjadi puncak penutupan Gebyar Muslimah, yaitu keluarga Gen Halilintar. Lenggogini, atau yang akrab disapa Ibu Gen membawa 11 anaknya ke atas panggung untuk masing-masing bercerita tentang kisah keluarga Gen Halilintar yang sukses membina keluarga, sehingga bisa mandiri di usia muda dengan berbisnis dan travelling bersama ke lebih 100 negara di dunia.

“Sebagai seorang Muslimah kita mempunyai tiga peran yang penting bagi umat ini, yaitu peran sebagai individu dengan harus berjuang sendiri, sebagai seorang istri jika sudah menikah, dan selanjutnya sebagai seorang ibu bagi anak-anak kita. Ketiga peran itu bisa menjadi ladang amal kita di dunia dan di akhirat kalau kita bisa menjalaninya dengan baik. Caranya adalah dengan terlebih dulu dekat dengan Allah, setelah itu maka semua akan Dia permudah, Insya Allah,” jelas Ibu Gen, penulis buku Gen Halilintar: My Family My Team ini.

Di sela-sela acara, gomuslim berkesempatan bertemu dengan ketua pelaksana Gebyar Muslimah 2016, Masruroh. Imas, begitu ia akrab disapa, mengatakan acara GM tahun ini semakin meriah dengan menghadirkan beragam perlombaan juga rangkaian kegiatan di acara puncak hari Minggu ini. Peserta yang mendaftar dan hadir lebih dari 200 peserta dan bazar diikuti oleh 25 peserta yang tidak hanya berasal dari mahasiiswa SEBI saja, tapi juga masyarakat luar.

“Ini adalah Gebyar Muslimah di tahun keempat penyelenggaraannya. Sejak awal, acara ini bertujuan untuk mengembangkan potensi para muslimah dalam mengeskplor bakat dan passion mereka di berbagai bidang. Karena itu, tahun ini kami ingin mengisnpirasi tidak hanya mahasiswa internal STEI SEBI saja, tapi juga untuk muslimah di Depok, Jabodetabek, bahkan Nasional dengan Bergama acara perlombaan juga talkshow kemuslimah ini,” jelas mahasiswi semester enam dari jurusan Manajemen Perbankan Sariah STEI SEBI ini.

Info lebih lanjut dari kegiatan Gebyar Muslimah 2016 bisa diakses melalui twitter di @GebyarMuslimah dan Instagram di @GebyarMuslimah2016. (fau)

 

 


Back to Top