Penuh Kejutan, Pekan Budaya Arab Diserbu Ribuan Pengunjung

  Ribuan masyarakat memadati lobi utama Museum Nasional, Jakarta Pusat Selasa (29/03). Mereka datang untuk melihat sebuah acara yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi. Adalah Pekan Budaya Saudi Arabia 2016, sebuah pameran kesenian Arab yang baru pertama kali hadir di Indonesia ini. Sesuai jadwal acara, pameran dibuka mukai Pukul 10.00 pagi, tapi antusias pengunjung sudah terlihat dengan kepadatan antrian sampai ke luar gedung museum, bahkan sejak museum belum dibuka pada tiga jam sebelumnya.

Neni Susanti, salah satu panitia acara Pekan Kesenian Saudi Arabia mengatakan acara pameran hari ini sangat padat dan hampir rusuh karena para pengunjung memaksa mau masuk ke dalam museum, sehingga desak-desakan pun tak terhindarkan. Banyak kejutan, sambutan pemirsa yang membludak dan acara dikemas lebih menarik.

"Kami tidak menyangka antusias masyarakat begitu besar. Padahal kemarin (senin-red) dan hari Minggu di hari pertama buka, pameran tak seramai dan sepadat ini. Akhirnya, untuk antisipasi goodie bag yg berisi Alquran dan oleh2 khas Arab tidak kami bagikan di awal, tapi nanti jam 13.00 saja," jelas Neni.

Sebagimana pantauan gomuslim di tempat acara, masyarakat memang terlihat memadati area museum nasional, sehingga mereka yang baru datang dibuat per-kloter untuk bisa masuk secara bergiliran. Tiba sejak Pukul 10.00, gomuslim baru berkesempatan masuk ke dalam ruang pameran pada 11.30 dengan ikut berdesakan bersama pengunjung yang lain. Para pengunjung tersebut berasal dari berbagai daerah, bahkan ada yang dari luar Jabodetabek. Selain masyarakat umum, tak ketinggalan para keluarga, rombongan anak sekolah sampai ibu-ibu pengajian turut hadir dalam acara ini.

Seperti Yenci, salah satu pengunjung pameran yang mengaku sangat niat untuk bisa hadir di pekan budaya Arab Saudi ini. Karena kecintaan dan ketertarikanya pada budaya Arab, dia dan teman-temannya menyempatkan untuk hadir.

"Saya rasa karena gratis ya, jadi masyarakat antusias datang ke sini. Saya dan teman2 sudah sejak pagi berangkat dari rumah di Pejaten, dengan perkiraan sampai di sini jam 10.00, tapi ketika sampai kami tidak bisa masuk. Yasudah akhirnya menunggu giliran dulu. Semoga masih bisa kebagian Alquran dari Arab ya," kata Mahasiswi Ma'had LIPIA Jakarta ini.

Pekan Budaya Saudi Arabia ini berlangsung mulai Minggu (27/03) sampai Rabu (30/03) di museum nasional (museum gajah), Jakarta Pusat. Pameran ini berisi berbagai macam kesenian Arab, seperti musik folkore, seni lukis hena, seni merajut kain, kaligrafi Alquran, dan lainnya. Selain di Museum Nasional, pekan budaya Arab juga berlangsung di Cluster Provinsi Aceh, Taman Mini Indonesia Indah dengan pertunjukan budaya mulai 27-29 Maret 2016 pukul 15.00-16.00 WIB. Informasi update tentang pameran Pekan Budaya Arab ini bisa dilihat via twitter @MuseumNasional. (fau)


Back to Top