10 Ribu Visa Umrah Selesai Proses, Tumpukan Jemaah Mulai Dikuras Sore ini

Jakarta, (gomuslim). Setelah didesak dari berabagai pihak, akhirnya  Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA) melakukan pemrosesan visa umrah dan hingga Kamis siang ini (7/4/2016) sudah lebih dari 10 ribu visa selesai diproses sejak Rabu sore kemarin. “Dengan kembali lancarnya proses visa umrah ini, 11 ribu calon jemaah haji yang sejak Senin lalu terus menumpuk karena tidak dapat terbang, akan mulai terurai. Banyak penyelenggara umrah yang mengantisipasi ini dengan melakuan jadwal ulang,” ujar Ketua Asosiaso Penyelenggara Haji Umrah dan in-Bound Indonesia (Asphurindo) H Hafiedz Taftanzani kepada gomuslim, Kamis siang.

Sebelumnya, Menteri Agama RI telah berkoordinasi dengan KBSA di Kuningan Jakarta untuk kasus stikerisasi visa umrah yang menyebabkan ribuan calon jemaah umrah terus menumpuk. Demikian juga dengan Dirjen Haji dan Umrah Kemenag RI, sejak Senin hingga Rabu sore masih terus memantau perkembangan proses visa yang terkendala. Selain itu, semua perwakilan asosias penyelenggara haji dan umrah juga mendesak pemerintah RI melalui Kemenag, khususnya Dirjen PHU, untuk ikut mendesak KBSA melakukan langkah recovery serta mengeluarkan kebijakan yang lebih ramah, tidak berisiki seperti pengurusan visa hanya sehari sebelum berangkat yang berakibat seperti kejadian penundaan ribuan jemaah akibat salah teknis.

Atas upaya berbagai pihak itu, Wakil Konsul KBSA Mr Jasir Abdullah memastikan, jika tidak ada kendala lagi, maka sejak Kamis hari ini tidak akan ada lagi calon jemaah umrah yang terkendala visa. Para penyelenggara umrah sebelumnya sempat panik karena harus melakukan jadwal ulang semua yang terkait dengan keberangkatan ribuan jemaah yang tertunda. “Kami melakukan penundaan yang aman, yaitu pada Ahad ini,”jelas Direktur Marketing Aerohajj H Abdul Hakim Batawi, seperti dikutip laman IPHI online.

Atas kelambatan ini, pihak KBSA sempat membuat surat ke maskapai penerbangan bahwa tertundanya keberangkatan para calon jamaah ini bukan karena kesalahan travel, tapi ada masalah visa di Kedutaan Saudi, sehingga maskapai penerbangan tidak menghanguskan tiket yang tertunda meski tetap ada  additional charge.  Bahkan maskapai Saudi Arabian Airlines tidak mengenakan biaya tambahan dan tiket juga tidak hangus.  (mm)

 


Back to Top