Mekkah Terus Bersolek, Rupanya Berambisi Masuk 10 Kota Terbaik Dunia

Mekkah, (gomuslim). Pemerintah Kerajaan Arab Saudi berniat kuat menjadikan kota Mekkah masuk dalam jajaran 10 kota terbaik dunia dalam hal arsitektur, penataan kota dan pelayanan publik. Pelayanan yang dimaksud adalah dalam membantu penduduk kota mencapai standar kualitas hidup yang tinggi.

"Pemerintah saat ini sedang mengendalikan 37 proyek pembangunan melalui rencana strategis, misi pembangunan fisik, pemupukan nilai sosial dan memanfaatkan program yang berorientasi kepada masyarakat, " kata Ketua Perencana Strategis dan Sekretaris Monitoring Kota Mekkah Adel Saleh Feeda, seperti dilansir Arab News, Rabu hari ini, (20/04/2016).

Dalam sebuah wawancara dengan media setempat itu, Feeda menjelaskan semua program sudah berjalan dengan baik dan agar dapat memantau kinerja secara professional, Feeda menekankan harus ada rencana strategis dan tujuan yang jelas. Oleh karena itu diperlukan langkah koordinatif dengan kepala departemen lain terkait. Selain itu juga perlu menjaga rencana yang tepat demi mencapai tujuan tersebut.

Tidak berlebihan berobsesi menjadikan Kota Mekkah sebagai kota terbaik dunia dalam kategori apapun. Faktanya Mekkah adalah salah satu kota tertua di muka bumi dengan reputasi historis yang melegenda. Mekkah termasuk daerah yang mula-mula dihuni umat manusia. Dalam sejarah panjang kota ini, para Nabi sempat singgah dan tinggal. Di Kota ini ada Masjidil Haram dan Kakbah, kiblat umat manusia, titik pusat bumi berada.

Ada cukup banyak sebutan untuk kota ini, bahkan dalam Alquran, kota ini disebut dengan Ummul Quro yaitu ibunya kota dari seluruh kota yang ada di muka bumi. Selain itu, kota tersuci ini merupakan tempat persinggahan dan tempat berjuangnya para nabi. Bahkan, apabila dilihat dari angkasa, maka kota Mekkah ini merupakan kota yang paling bercahaya dibanding tempat lainnya yang ada di muka bumi. Pantas dan layak menjadi kota terbaik dalam hal atau kategori apa pun. (mm)


Back to Top