MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta

Syuting di Tempat Harry Potter, Film Ini untuk Sambut Hardiknas 2016

Jakarta, (gomuslim). Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sambil berkata; “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa lagi?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Hadits tersebut menjadi aktualisasi sebuah film karya anak bangsa yang akan segera tayang dalam waktu dekat ini. Adalah Multi Buana Kreasindo dan associate production Leica Production serta didukung oleh Multi Buana Group dan Fatayat Nahdatul Ulama (NU) mempersembahkan sebuah film dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional  berjudul "MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta"yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Aishworo Ang dan ditulis ulang melalui gubahan penulis skenario Jhon De Rantau. Film yang disutradarai oleh Sahrul Gibran ini  berkisah tentang seorang ibu bernama Tupon yang membesarkan anak perempuannya yang bernama Sekar Palupi di tengah keterbatasan ekonomi dan berlatar belakang di Gunung Kidul , Yogyakarta. Lokasi shooting juga mengambil setting di Oxford University, London Inggris.

Film MARS  bercerita tentang kisah pilu dari keluarga karakter bernama Tupon. Tupon adalah istri dari seorang pria yang bekerja sebagai buruh angkut batu. Tupon dan suaminya selalu berjuang demi anaknya Sekar agar bisa menempuh pendidikan yang tinggi. Mereka membanting tulang bekerja, namun Tupon harus rela kehilangan suaminya yang meninggal karena tertimpa batu saat bekerja dan dia harus bisa bekerja demi masa depan anaknya yang ingin sukses.

Kisah inspiratif mengenai ibu dan anak ini diwarnai oleh air mata dan kehilangan, namun rintangan demi rintangan tak dapat menghentikan langkah kaki mereka. Pasrah pada keadaan dan menyerah adalah pilihan terakhir. Berlatar belakang kehidupan keras yang penuh derita di Desa Gunung Kidul, yang terkenal memiliki angka bunuh diri tertinggi di Indonesia ini. Keduanya bertekad mengguratkan jalan cerita berbeda yang berakhir bahagia.

Meski buta huruf, sang Ibu selalu menanamkan arti pentingnya pendidikan pada anak perempuannya sejak masih kecil. Ia ingin nasib anak perempuannya berbeda dan menjadi bintang yang paling terang bersinar di malam hari, mengalahkan cahaya bintang yang lain di sekitarnya. Sang Ibu menyebutnya sebagai lintang lantip (bintang yang cerdas) yang ternyata merupakan planet MARS.

Dalam mini conference bersama Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI), Selasa (12/4/2016) di Sarinah Jakarta Pusat, Sahrul Gibran, Sutradara film MARS mengatakan  belum pernah ada orang Indonesia yang syuting di sana di sana. Dia dan tim sangat excited, karena MARS menjadi film Indonesia pertama yang syuting di tempat yang sama dengan film Harry Potter.

Katanya, tidak mudah untuk bisa mendapatkan izin syuting resmi di sejumlah lokasi di Inggris. Apalagi ia menggunakan perpustakaan Bodleian dan Sheldonian Thetre di Universitas Oxford, yang notabene merupakan bangunan bersejarah yang dilindungi. Karena itu ia diharuskan menyiapkan dana asuransi sekitar Rp 50 miliar.

Andy Shafik, Produser film MARS juga mengatakan  pemilihan London sebagai lokasi karena memang sesuai dengan kebutuhan cerita. Meskipun komposisi cerita di London hanya 20 persen dan sisanya di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selain itu, Band Ungu digandeng untuk mengisi original soundtrack untuk film MARS. Lagu Doa Untuk Ibu diaransemen ulang untuk  mewakili cerita dalam film ini.  MARS melibatkan banyak aktor talented Indonesia, di antaranya adalah Kinaryosih, Acha Septriasa, Chelsea Riansy, Jajang C. Noer, Teuku Rifku Wikana, M. Cholidi Asadil Alam, Ence bagus dan nama-nama lainnya. Film ini  resmi  beredar di bioskop Indonesia pada 4 Mei 2016 mendatang. (fau/Mars/21cineplax/KOPI)

Official trailer film MARS: 

https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=X9ja77SPPLU

Media sosial:

Twitter: @Mars_TheMovie

Instagram:  @MarsTheMovie

Facebook: Mars The Movie


Back to Top