Expo Industri Perbankan Syariah

Beginilah Serunya Bertransaksi Syariah!

Bekasi, (gomuslim). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengadakan pameran industri perbankan syariah, Expo iB Vaganza “Serunya Bertransaksi Syariah”. Kali ini perhelatan diadakan di Kota Bekasi. Sebelumnya event yang sama sudah dilakukan di Kota Palembang bulan Maret 2016 lalu.

Acara expo ini diselenggarakan di Mal Summarecon Kota Bekasi, memiliki tujuan untuk terus mengenalkan dan mendekatkan masyarakat dengan produk dan jasa layanan perbankan syariah. Acara yang dibuka oleh Ahmad Dzarkasi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Bekasi, akan berlangsung dari 28 April hingga 1 Mei 2016.

“Kota Bekasi dipilih sebagai kota pelaksanaan pameran produk perbankan syariah iB Vaganza ini, tentu tidak lepas dari potensi yang dimiliki, di mana Kota Bekasi telah berkembang menjadi kota perdagangan dan jasa,” ungkap Direktur Penelitian Pengembangan Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK, Deden Firman Hendarsyah, kepada gomuslim saat pembukaan acara ini di Kota Bekasi (28/04/2016).

Sementara itu koordinator pelaksana iB Vaganza Bekasi, Ferra Rahman dari Bank Mega Syariah, mengatakan dengan adanya Expo iB Vaganza di Bekasi ini, masyarakat dapat mengetahui dan memahami apa itu bank syariah. “Saya yakin masyarakat Bekasi dan Jabodetabek pada umumnya akan tertarik dengan bank syariah. Karena bank ini sama bagusnya, sama modernnya, dan sama lengkapnya. Kami dari perbanakn syariah berharap dapat bersinergi dengan Pemda Bekasi, sehingga dapat mendukung perkembangan perbankan syariah dalam kegiatan perekonomian di Bekasi. Sehingga kedepan bank syariah berkembang lebih baik di kota ini dan lebih maju lagi,” ujarnya.

Event seperti ini dinilai OJK dirasa perlu. Sebab industri perbankan syariah masih relatif belum banyak dikenal oleh masyarakat. Industrinya sendiri relatif baru tumbuh. Sehingga pelaku industri perbankan syariah perlu terus memperluas edukasi publik ke masyarakat dan sosialisasi produk perbankan syariah yang kini sudah sama kompatibelnya dengan perbankan konvensional. Apalagi dalam catatan OJK posisi keuangan syariah Indonesia masih di rangking ke-9 dari 20 negara dengan aset keuangan syariah terbesar di dunia. Expo islamic banking ini diikuti oleh OJK dan 16 industri perbankan syariah. BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Syariah Mandiri, BTN Syariah, PermataBank Syariah, BCA Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank Danamon Syariah, Bank CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat Indonesia, BJB Syariah, Bank DKI Syariah, Maybank Syariah, SinarMas Bank Syariah, dan BPRS HIK Bekasi.

Selama empat hari (28/04 – 01/05/2016) masyarakat Kota Bekasi bisa mengunjungi booth-booth industri perbankan syariah sambil menikmati dan mengikuti rangkaian acara yang atraktif. Dalam pameran perbankan syariah ini ada rangkaian acara menarik, antara lain lomba mewarnai, tari saman, paduan suara, hijab idol, dan family fashion show. Yang menarik ada pembagian doorprize harian berupa smartphone, 5 voucher belanja senilai Rp 100.000,- ,perlengkapan rumah tangga, dan grand prize 1 unit sepeda motor matic. iB Vaganza Kota Bekasi yang diselenggarakan selama empat hari itu menargetkan ‘number of Account’ (NoA) 5000 rekening nasabah baru, dan dana pihak ketiga (DPK) senilai Rp 25 miliar serta pembiayaan Rp 100 miliar. (boz)


Back to Top