Usai Jumatan, Netizen Sibuk Update 'Penampakan' Terbaru di Sekitar Kakbah

Mekkah, (gomuslim). Sejumlah publikasi Netizen langsung dari Masjidil Haram Jumat hari ini,  (29/04/2016) sebagian besar tentang penampakan terbaru di sekitar Kakbah yang sudah bersih dari sisa-sisa pembongkaran jembatan tawaf atau mataf. Bahkan sebuah video yang diunggah Ahmed Ibrahim menayangkan proses pengangkatan terakhir bagian jembatan. Sebagian besar publikasi itu diambil usai Jumatan, tampak lautan manusia tawaf tanpa terhalang 'ring' jembatan sementara yang selama tiga tahun ini melingkari Kakbah.

“Itu adalah lokasi terindah di atas bumi. Hari ini umat Islam kembali dapat menikmati luas area tawaf seperti semula,”tulis Sherif Wahib dalam jejaring sosial yang dipublikasi sebuah grup langsung dari Mekkah, Jumat sore.

Pembongkaran jembatan mataf yang dikerjakan sejak awal April 2016 itu pada Jumat ini sudah tampak bersih seutuhnya. Laporan sebelumnya, dua hari lalu disebut masih 90% dan hari ini dapat dinyatakan bersih 100%, demikian seperti dalam publikasi fotografer Waled Khan.

Pembongkaran bangunan tersebut berarti selesai lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan Komite Teknis Mataf  pertengahan bulan Sya’ban atau dua pekan sebalum Ramadhan. Dengan demikian, pada Ramadhan 1437 H ini area tawaf sudah lebih longgar untuk mengantisipasi ledakan jumlah jemaah umrah Ramadhan dan jemaah haji.


Back to Top