Industri Keuangan Syariah Makin Gencar Bidik Syariah 'Life Style'

Bekasi,(gomuslim). Di tengah penyelenggaraan Expo iB Vaganza Bekasi kali ini OJK bersama 16 pelaku industri perbangkan syariah mencoba mengenalkan dan mengedukasi masyarakat Kota Bekasi tentang keuangan dan perbankan syariah atau lazim juga dikenal islamic banking (iB).

Direktur Penelitian Pengembangan Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK, Deden Firman Hendarsyah, mengatakan saat pembukaan acara ini di Mal Sumarecon Kota Bekasi, bahwa industri ini relatif masih baru tumbuh, menariknya peluang besar sudah menanti.

Peluang itu ialah tumbuhnya kelas midle income yang semakin  besar di tanah air sekarang ini. Mereka terdiri dari kaum muda produktif, berpikiran maju dan hidupnya cenderung semakin relijius. Sehingga yang namanya syariah life style dan sektor riil yang melingkari mereka terus berkembang mengikuti kelas ini mulai dari fashion, produk olahan, hingga gadget.

Di Indonesia yang namanya kosmetik halal, syariah fashion, produk halal dan sejenisnya semakin tersegmentasi secara luas. Sehingga sektor riil ini terus berkembang.

“Tentu harapan kita ada gayung bersambut, sektor riil ini akan tumbuh semakin pesat apabila dukungan infrastruktur dari keuangan syariah juga tumbuh semakin besar,” ujar Deden dengan nada optimis di sela acara pembukaan kepada gomuslim, Kamis (28/04/2016).

“Di sisi lain industri keuangan syariah harus memanfaat fenomena saat ini. Pertumbuhan pesat di sektor riil untuk syariah life style perlu dimanfaatkan oleh keuangan syariah, khususnya industri perbankan syariah,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Direktur Bank Mega Syariah, Ferra Rahman, melihat hal itu dengan optimis. Apalagi dipilihnya Kota Bekasi sebagai iB Vaganza kedua kali ini rupanya tepat dan memenuhi beberapa syarat, dimana kota ini semakin berbenah menjadi kota perniagaan dan jasa. “Kita sangat optimis—bahwa industri perbankan syariah itu masih bisa tumbuh karena potensinya masih sangat besar,” ujarnya.

Sebenarnya upaya lebih besar yang harus dilakukan oleh industri bukan sekedar memperbesar keuangan syariah saja, tapi bagaimana upaya itu juga dicurahkan untuk menghadirkan pelayanan jasa keuangan dan perbankan syariah kepada masyarakat. Sehingga seperti dikatakan oleh Bank Mega Syariah, dapat memberikan kontribusi yang besar kepada pemerintah daerah, maupun ke bangsa ini secara umum. (Boz)

 


Back to Top