200 Ribu Pohon Kurma Ini Disiapkan untuk Kebutuhan Masjid Haramain Selama Ramadhan

Riyadh, (gomuslim). Untuk memenuhi kebutuhan kurma di Masjid Haramain (Mekkah dan Madinah) selama Ramadhan mendatang, tersedia lebih dari 200 ribu pohon kurma terbaik yang secara khusus disiapkan oleh Sulaiman Ar-Rajhi di daerah Qasim, dekat Riyadh.

Kebun ini beserta isinya didekasikan untuk berbuka selama Ramadhan di dua masjid paling mulia, Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Pemiliknya sendiri dulu merupakan salah satu orang terkaya di Saudi Arabia, terhitung pula sebagai orang yang terkaya di dunia. Tetapi orang terkaya yang dulunya sangat miskin ini sekarang memilih untuk kembali hidup miskin dengan menginfakkan harta dan nyaris seluruh asetnya senilai 7 miliar USD.

Sulaiman Ar-Rajhi juga mendirikan perguruan tinggi yang didanainya sendiri. Ia juga memberi santunan kepada keluarga gurunya semasa ibtidaiyah (SD) yang memberinya hadiah 1 riyal Saudi sehingga dengan itu ia dapat mengikuti kegiatan rihlah atau tamasya keluar kota. Hadiah kecil di saat sangat miskin, sungguh sangat bermakna.

Siapkah sosok ini? Ia adalah pendiri Bank Al-Rajhi, bank Islam terbesar di dunia, dan salah satu dari perusahaan terbesar di Arab Saudi. Pada musim haji biasaya jemaah haji Indonesia membayar ‘dam’ ke Bank Al-Rajhi, sehingga nama ini sudah sangat populer tidak hanya di Saudi atau Indonesia, tetapi di seluruh negara yang pernah mengirim penduduknya berhaji dan umrah.

Lima tahun lalu, pada tahun  2011, kekayaannya telah diprediksikan oleh majalah Forbes, bernilai AS$ 7.7 bilion sekaligus dinobatkan sebagai orang ke-120 yang terkaya di dunia.

Yayasan Saar miliknya adalah sebuah organisasi amal yang terkenal di negara tersebut. Keluarga Al-Rajhi dianggap sebagai salah satu keluarga kaya yang BUKAN berasal dari keluarga kerajaan, dan mereka adalah termasuk dermawan terkemuka di dunia.

Walaupun Al-Rajhi adalah seorang jutawan, ia memilih untuk menjadi ‘miskin’ sehingga beliau tidak mempunyai sesen pun uang dan juga saham yang dimiliki beliau sebelumnya. Keadaan tersebut terjadi saat beliau memindahkan semua aset yang dimilikinya kepada anak-anak beliau dan menyumbangkan aset-aset yang selebihnya.

Untuk menghargai jasa beliau terhadap dunia Islam, termasuk mendirikan bank Islam terbesar dunia dan juga segala usaha yang dijalankan untuk membasmi kemiskinan, Al-Rajhi dipilih untuk menerima Anugerah Raja Faisal atas jasanya kepada Islam.

Kini, hanya rumah yang ia tempati yang masih tersisa. Ini dapat dilakukan karena anak-anaknya pun telah memegangi agama ini dengan kokoh. Semoga Allah Ta'ala menjaganya dan menjaga keturunannya. (mm)


Back to Top