Pemerintah Umumkan Calon Jemaah Haji Khusus Yang Berhak Ikut Pelunasan

Jakarta, (gomuslim). Setelah disepakati dalam Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) DPR dan Kemenag RI, Senin lalu (25/04/2016), mulai Senin ini (02/05/2016)  Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama, Ahda Barori menyampaikan bahwa pemerintah sudah mengumumkan nama-nama calon jemaah khusus yang berhak lunas tahun ini. Klik DAFTAR BERHAK LUNAS BERHAK LUNAS BPIH KHUSUS TAHAP I (1437H/2016M).

“Data nama-nama calon jemaah haji khusus yang berhak melunasi tahap 1, sudah muncul di website haji resmi milik kementerian agama yaitu www.haji.kemenag.go.id. Jadi, mohon segera dicek, sehingga bisa dilakukan persiapan selanjutnya. Dan, mohon jemaah jangan mudah terpercaya kepada tawaran dari oknum-oknum yang mengatakan bisa memberangkatkan haji secara cepat di tahun ini di luar dari sistem dan aturan yang sudah ditentukan,” tuturnya, Senin sore (02/05/2016).

Sementara itu, Kasubdit Pendaftaran Haji, Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kementerian Agama, Noer Alya Fitra menambahkan, data calon jemaah haji khusus yang muncul di website sebanyak 12.831 jemaah, dan 642 jemaah cadangan 5 persen.


“Jadi, prosedur pelunasan jemaah haji khusus hampir sama dengan pola pelunasan jemaah haji reguler. Jemaah haji khusus menggunakan beberapa tahap. Kali ini untuk tahap 1 diperuntukkan bagi jemaah masuk kuota tahun ini yang belum berhaji, sudah berusia 18 tahun atau sudah menikah. Lalu, jemaah yang sudah melunasi namun menunda keberangkatan tahun 2014 dan 2015. Dan, jemaah cadangan 5 persen,” terangnya kembali.

Sementara itu, untuk pelunasan haji reguler diperkirakan pertengahan bulan Mei ini, setelah Perpress BPIH dikeluarkan secara resmi. (mm)


Back to Top