IDB Annual Meeting

17 Mei, Indonesia Jadi Tuan Rumah Sidang Tahunan IDB 2016

Jakarta, (gomuslim). Pertengahan bulan ini Indonesia akan menjadi tuan rumah Sidang Tahunan (ST) Islamic Development Bank (IDB) yang akan dihadiri oleh para direktur IDB. Tak kurang dari 56 negara akan menghadiri acara tahunan ini yang dihelat diJakarta Convention Center (JCC), Jakarta mulai 15-19 Mei 2016. Penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Sidang Tahunan  IDB ke-41 ini melalui Resolusi ST IDB ke-39 di Jeddah, Saudi Arabia pada tahun 2014 lalu.

Keterlibatan Indonesia di dalam Islamic Development Bank sudah cukup lama. Negera berpenduduk muslim terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu pendiri IDB dengan saham sebesar 2,25 persen. IDB merupakan institusi keuangan internasional yang didirikan berdasarkan Declaration of Intent yang dikeluarkan oleh Konferensi Menteri Keuangan Negara-Negara Muslim di Jeddah pada December 1973 atau bertepatan kalender Islam Dzul Qa’dah 1393 H. Rapat perdana Dewan Gubernur berlangsung dua tahun kemudian yaitu pada Juli 1975 (bulan Rajab 1395H) dan IDB beroperasi secara resmi pada 20 Oktober 1975 atau dalam almanak hijiriah 15 Syawal 1395H. Keanggotaan IDB saat ini terdiri dari 56 negara muslim yang juga penyokong OKI.

Tujuan didirikan IDB didasari semangat untuk menyediakan pembiayaan sesuai syariah untuk menyokong pembangunan ekonomi dan sosial bagi negara-negara anggotanya serta komunitas muslim di luar negara anggota. Kekuasan tertinggi dalam organisasi keuangan Islam dunia ini terletak di Dewan Gubernur (Board of Governor). Dewan Gubernur merupakan perwakilan dari negara-negara anggota IDB yang biasanya menduduki jabatan Menteri Keuangan atau Menteri Ekonomi.

Rencananya pembukaan Annual Meeting Dewan Gubernur IDB ini secara resmi akan dilakukan Presiden Jokowi pada 17 Mei 2016. Menteri Keuangan RI Bambang P.S. Brodjonegoro, sebagai Ketua Dewan Gubernur IDB saat ini, akan memimpin jalannya pertemuan ST IDB ke-41. Perhelatan acaranya sendiri akan dilaksanakan mulai 15 – 19 Mei 2016.

Sekitar 1500 peserta akan bertandang ke JCC untuk mengikuti forum dunia perbankan Islam dan pembangunan komunitas muslim di dunia. Rangkaian acara pokok terdiri atas Pertemuan Dewan Direksi yang akan diselenggarakan pada 15 Mei 2016, dan Pertemuan Dewan Gubernur pada 18-19 Mei 2016.

Sementara Rangkaian acara pelengkap lain sudah terset-up antara lain Seminar pada 15-17 Mei 2016, dan Exhibition yang diselenggaran sejak hari pertama tanggal 15 hingga 19 Mei 2016. Dalam rangkaia seminar ST IDB 2016, Indonesia akan mengajukan dua subtopik yang terkait dengan terkait dengan pembangunan infrastruktur dan keuangan inklusif. Pengajuan kedua subtopik tersebut dinilai sesuai dengan prioritas pembangunan nasional, dengan tetap memperhatikan agenda pembangunan negara-negara anggota IDB lainnya. (boz)


Back to Top