Tiga Designer Ini Buat Sekolah Fashion Islam Pertama di Indonesia

Bandung, (gomuslim). Baru-baru ini gomuslim bertemu dengan Manager Public Relation Islamic Fashion Institute (IFI), Hanni Haerani  di Bandung, Jawa Barat. Hanni bercerita tentang IFI, yang merupakan sekolah fashion Islam pertama di Indonesia. Sejak 2015 lalu tiga orang designer senior Indonesia bersinergi untuk mengembangkan konsep sekolah ini dan awal tahun 2016 IFI membuka pendafataran bagi mereka yang tertarik belajar fashion Islam di lembaga pendidikan kursus singkat ini. Ketiga designer tersebut adalah Irna Mutiara, Nuniek Mawardi, dan Deden Siswanto.

 

Hal ini menjadi jawaban bagi kerjasama antara Pemerintah dan para Designer Indonesia yang mencanangkan untuk tahun 2020 mendatang Indonesia akan  menjadi kiblat fashion Muslim di dunia. Karena itu, IFI hadir sebagai jawaban dari tantangan tersebut. Responnya pun positif, kehadiran IFI membuat banyak para designer muda mendaftar ke sekolah ini. Meski awalnya hanya membuka kelas untuk sembilan orang saja, tapi saat ini untuk dua angkatan yang sudah mulai belajar, IFI diisi oleh 12 dan 16 orang di angkatan pertama dan angkatan kedua.

“Saat ini kan fashion muslim itu sedang naik daun, makanya sayang sekali kalau tidak ada lembaga pendidikan yang konsen di bidang ini. Maka kehadiran IFI pun direspon positif banyak kalangan, khususnya para designer muda yang sudah memiliki brand sendiri, tapi belum pernah belajar secara dalam tentang fashion,” jelas Hanni.

Beberapa owner dari brand-brand fashion muslim yang sekolah di IFI adalah Trini Midiati Yuniar, owner brand Deenay, Intan Irma, owner Hijabelle sunnah, Hani Handayani, owner Zharifa dan lainnya. Mereka berasal dari berbagai daerah. Selain dari Bandung, ada juga siswa asal Jakarta, Depok, bahkan Lampung yang rela menetap sementara di Bandung atau pulang-pergi untuk ikut kursus fashion di IFI. Karena itu, IFI juga menawarkan beberapa pilihan waktu belajar, sehingga memudahkan para siswanya untuk memilih sesuai kebutuhan dan kesanggupan masing-masing.

Short Course di IFI ini memiliki tiga pilihan durasi belajar. Pertama untuk periode tiga bulan, mereka yang lulus akan mendapat sertifikat sebagai fashion stylist, kedua untuk periode enam bulan, yaitu fashion public relation dan  marketing, dan ketiga adalah periode sembilan bulan untuk mendapat sertifikat fashion designer. Sedangkan untuk mata kuliah yang diajarkan di IFI, di antaranya adalah fashion design, komunikasi bisnis fashion, fashion photography, dan lainnya.

Selain itu, kata Hannie untuk sistem belajar, IFI bekerjasama dengan Universitas Padjajaran Bandung membuat sebuah kurikulum yang Kurikulum berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI) yang spesifik pada kaidah-kaidah  Islam dalam  penerapannya pada busana muslim dan pergaulan maupun bisnis dengan riset dan pembangunan pribadi, akal dan mental Islami. Sehingga para siswa tidak hanya belajar tentang fashion saja, tapi juga diselipkan ajaran agama Islam dalam dunia fashion.

“Beberapa waktu lalu kami juga kedatangan tamu dari Jepang untuk melakukan kerjasama. Maka ke depannya kami yakin IFI akan berkembang pesat, dengan membuka kerjasama bersama beragam pihak, misalnya dengan  pertukaran pelajar ke Jepang, “tambah Hanni.

Hanni juga mengatakan kalau Juni 2016 mendatang, IFI akan membuka kelas baru untuk angkatan ketiga. Untuk itu, pendafataran sudah bisa dilakukan mulai sekarang dan bisa dilakukan via online melalui www.islamicfashioninstitute.com. (fau)

 

 


Komentar

  • heni

    10 Maret 2017

    kursus fashion untuk anak

    Adakah tempat kursus fashion desighner untuk anak di bandung?


    Reply






















  • Dia Ardiani

    15 Desember 2016

    waktu dan tempat

    untuk waktu dan tempat belajar di daerah mana ?? apakah ada batas usia untuk belajar disini ?


    Reply






















  • Mayang

    4 Mei 2016

    Testimoni

    Belajar di IFI seruuu 😄.. Apalagi diajarin sama founder Bu Nuniek, Bu Irna dan Pak Densis serta pakar-pakarnya langsung yang biasanya saya lihat di tv atau berita fashion. Alhamdulillah sejauh ini sudah banyak ilmu yang di dapat terutama dalam hal muslim fashion 😊


    Reply






















  • Suci Asri

    28 Juni 2016

    Biaya

    Mengenai biayanya gmn?

    Tulis Komentar


    Back to Top