Perombakan Kabinet

Raja Salman Ganti Menteri Haji Arab Saudi

Sejalan dengan visi Arab Saudi 2020 yang mengarah pada sumber pendapatan negara non migas, maka pada Sabtu (7/5/2016) Raja Salman merombak kabinet pemerintahan Arab Saudi. Dengan adanya perombakan ini diharapkan dapat mewujudkan visi 2020, dari kebijakan ini muncul menteri baru yang menjalankan tugas di bidang air, tranportasi, urusan sosial serta urusan haji dan umrah. Terkait dengan urusan haji, Menteri Haji, Bandar bin Muhammad Hajjar digeser posisinya. Lantas siapakah yang menggantikan posisi Bandar, berikut ini beberapa menteri dan kementrian yang dirombak oleh Raja Salman:

  1. Kementrian Energi dirubah menjadi Kementrian Industri dan Sumber Daya Alam yang dipimpin oleh Khaled Al Falih, sebelumnya beliau menjabat sebagai menteri kesehatan menggantikan An-Naimi.
  2. Kementrian Air dan Kelistrikan dilebur menjadi satu ke dalam Kementrian Air dan Pertanian. Sedangkan Kementrian Urusan Listrik terpisah menjadi lembaga sendiri.
  3. Kementrian Perdagangan dan Investasi saat ini dipimpin oleh Majid Al Qabsi, sebelumnya dipimpin oleh Taufik Ar Rabiah.
  4. Ahmad Al Khalifiy ditunjuk untuk menjabat sebagai Gubernur Badan Moneter Arab Saudi
  5. Mentri Perdagangan, Taufik Ar Rabiah sekarang menjadi Menteri Kesehatan.
  6. Sulaiman Al Hamdan dipilih Raja Salman untuk menjadi Menteri Transportasi
  7. Kementrian Tenaga Kerja dilebur menjadi departemen Komisi Rekreasi dan Budaya, lembaga ini merupakan lembaga baru di Arab Saudi.
  8. Menteri Urusan Haji kini telah dirubah menjadi Kementrian Haji dan Umrah yang dipimpin oleh Dr. Muhammad Shalih bin Thahir Bantan.

kgk

Dr. Muhammad Shalih bin Thahir Bantan

Dr. Shalih bin Thahir Bantan yang sekarang bertugas menangani urasan haji, sebelumnya adalah Kepala Lembaga Pos Arab Saudi. Pria ini memiliki latar belakang disiplin teknik elektro dan teknik informatika. Jenjang pendidikan sarjana ditempuhnya di Universitas Raja Fahd, fakultas perminyakan dan pertambangan jurusan teknik kelistrikan. Jenjang magister ditempuhnya di universitas yang sama dengan jurusan yang linier sedangkan jenjang doktoralnya ditempuh di Universitas Kolorado jurusan teknik informatika.

Dari perjalanan karirnya, Dr. Shalih telah mengantongi sejumlah prestasi, beliau telah menulis 100 karya ilmiah dan mengisi seminar di dalam maupun luar Arab Saudi. Dalam bidang pengurusan haji, beliau pernah menjadi Staf Pembantu Wakil Menteri Urusan Haji dan Umrah pada periode 1998-2000 dan pernah menjadi Wakil Menteri Urusan Haji dan Umrah pada tahun 2000.

Semoga Kementrian Haji dan Umrah di bawah kepemimpinan Dr. Shalih akan mejadi lebih baik dalam melaksanakan tugas urusan haji dan umrah. (fh)

 

  


Back to Top