41st Annual Meeting - IDB Group

IDB Gelar Seminar Pertama Bahas Sistem Transportasi Ramah Lingkungan

Jakarta, (gomuslim). Ahad ini, 15 Mei 2016, Islamic Development Bank (IDB) menggelar acara-acara seminar sebagai rangkaian acara Sidang Tahunan (Annual Meeting) IDB ke-41 di JCC, Jakarta. Tema yang diangkat dalam seminar ini, masih tak jauh dari topik  Sidang Tahunan IDB yaitu Islamic Financing Infrastructur, yaitu Peran Sistem Transportasi Yang Ramah Iklim dalam Mempromosikan Pertumbuhan Inklusif (Role of Climate Freindly Transport System In Promoting Inclusive Growth). Salah satu seminar pertama yang menyasar isu transportasi dan perubahan iklim dihelat di JCC Jakarta jam 14:00 sampai 15:30 WIB tadi.

Menurut penyelenggara, tema dalam seminar ini selain sesuai dengan topik sidang tahunan IDB grup yaitu mengurangi kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur dan keuangan syariah inklusif, juga merefleksikan rencana IDB untuk mempertajam fokus pada pembangunan sistem transportasi berkelanjutan. Secara spesifik pembahasan mengupas soal transportasi umum, keselamatan di jalan dan strategi negara-negara anggota mewujudkannya. Dalam sesi yang padat topik dan singkat itu dibahas juga upaya-upaya kerjasama pembiayaan baru dan kemitraan (co-financing and partnership) antar negara anggota dan mitra pembangunan.

Seminar ini diselenggarakan untuk menghadapi tantangan dalam pemantaban komitmen menghadapi perubahan iklim bagi negara-negara berkembang tanpa menghalangi kebutuhan pembangunan mereka dalam hal transportasi. Memang perubahan iklim dan efek rumah kaca dianggap disebabkan oleh antara lain buangan gas emisi transportasi massal untuk negara-negara berkembang. Walaupun industri di beberapa negara maju dianggap lebih berkontribusi pada perubahan iklim ini.

Isu lain yang dibahas ialah bagaimana menghadapi tantangan baru terutama dalam konteks perkotaan terkait kebutuhan transportasi yang terus meningkat dan perlunya pendekatan baru yang cerdas mengurai persoalan demi persoalannya. Dan selain itu, bagaimana mendorong bank-bank pembangunan multilateral (MDB) dalam hal ini IDB sendiri untuk memberikan perhatian pada upaya-upaya cerdas dalam pembiayaan proyek-proyek perubahan iklim yang sustainable dan lebih manusiawi  terutama di sektor transportasi massal.

Di dalam seminar itu, dibahas pula bagaimana memobilisasi sumber daya yang berada di sektor swasta dan dana-dana khusus untuk membiayai pengembangan sistem transportasi massal yang ramah lingkungan di negara-negara berkembang. Juga peluang-peluang pengembangan sistem alat transportasi yang cerdasa dalam menghadapi perubahan iklim kedepan.

Seminar ini dihadiri oleh para pakar transportasi di dunia, ahli perencanaan tata kelola transportasi massal, para pemegang kebijakan, perwakilan dari  departemen pembangunan negara-negara anggota, dan dari pihak IDB sendiri. Dari Indonesia Bambang Prihatono Direktur Transportasi Bappenas/Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI hadir sebaigai representative person, yang banyak membawa isu pembangunan infrastruktur transportasi di negeri ini.

Senin Besok (16/05/2016) ada beberapa tema yang akan menjadi topik diskusi dan pembahasan dalam seminar-seminar yang jadi rangkaian Sidang Tahunan IDB ke-41. Seminar jam pertama  yang akan dihelat sekitar pukul 8:30 ada dua topik dan dua forum; Seminar dengan tema “Krisis Air atau Krisis Manajemen Air: Manajemen Sumberdaya Air Terpadu”mengambil tempat di Cendrawasih Room #2. Sementara seminar lainnya pada jam yang sama merupakan pertemua Global Forum yang telah dihelat ke-11 kalinya akan membahas tentang Peran Keuangan Syariah dalam meraih Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs/ Sustainable Development Goals).

Untuk mengetahui tema-tema seminar lainnya, silahkan tengok rangkaian agenda 41st Annual Meeting IDB untuk hari senin besok di http://www.isdb-am41.org/index.php/ . (boz)

 

 


Back to Top