Pecahkan Rekor, Seminar Sidang Tahunan IDB Diikuti 2.700 Partisipan

 

Jakarta, (gomuslim). Seminar Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) yang dibuka Ahad kemarin, (15/05/2016)  mendapat respon tinggi dari berbagai kalangan. Tidak kurang dari 1.800 pendaftar dari masyarakat Indonesia sebagai peserta berbagai seminar yang akan digelar selama lima hari di Jakarta Convention Center (JCC) hingga 19 Mei 2016.

Berbagai seminar itu merupakan rangkaian acara Sidang Tahunan IDB ke-41 yang diikuti 96 negara anggota IDB, kalangan pembuat kebijakan, para cendikiawan, civitas akademika dan tokoh masyarakat negara-negara berpenduduk muslim.

“Untuk pertama kalinya ST IDB melibat demikian banyak kalangan, tahun ini tercatat 2.700 partisipan. Biasanya hanya sekitar 1.400 peserta dari sekian banyak program yang digelar selama beberapa hari. Banyakya kalangan masyarakat lokal yang menyatakan tertarik mengikuti program dalam ST IDB ini tidak lepas dari makin berkembangnya kegiatan ekonomi syariah di tanah air,”demikian disampaikan Staf Ahli Menteri Keuangan Andin Hadiyanto di sela acara.

Seminar diantaranya membahas ketahanan, kemanusiaan, keamanan di negara anggota IDB serta pengembangan investasi syariah untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, pembiayaan syariah yang inovatif untuk pengentasan kemiskinan, pengembangan pasar syariah mikro bagi keuangan inklusif, dan pendanaan syariah di sektor infrastruktur.

Tidak ketinggalan juga dibahas soal pembiayaan syariah yang inovatif untuk pengentasan kemiskinan, pengembangan pasar syariah mikro bagi keuangan inklusif, dan pendanaan syariah di sektor infrastruktur.

Wakil IDB di Indonesia (Representative Resident) Ibrahim Shoukry, mengungkapkan posisi penting Indonesia. Selain sebagai negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi global, Indonesia juga merupakan salah satu negara pendiri IDB.

Senin hari ini, berbagai seminar sudah ramai dipadati peserta. Berdasarkan laporangan pandangan mata gomuslim dari  JCC, kesibukan itu tampak sejak Senin pagi hingga siang ini. Selaku panitia kegiatan Sidang Tahunan dan Seminar IDB ini adalah Kadin Timur Tengah dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). (mm)

Tampak dalam gambar adalah: Special Representative to UNDP's Programme of Assistance to the Palestinian People Roberto Valent (kiri) didampingi Under Secretary General for Partnership at IFRC H.E. Tan Sri Jemilah Mahmood (kedua kiri), IDB Governor of Yemen Mohammaed Abdul Wahed Al-Maitami (ketiga kiri), Director General of SESRIC H.E. Ambassador Musa Kulaklikaya (ketiga kanan), Deputi I Bidang kesiapsiagaan dan Pencegahan BNPB B. Wisnu Widjaja (kedua kanan) dan Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Dadang Muljawan (kanan) menghadiri seminar pada rangkaian Sidang Tahunan ke 41 Islamic Development Bank (IDB) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (15/5). Seminar pada rangkaian sidang tersebut membahas ketahanan, kemanusiaan, keamanan pada negara-negara anggota IDB.

 


Back to Top