Situasi Terakhir Masjidil Haram, Lebih Siap Hadapi Ramadhan dan Musim Haji

Mekkah, (gomuslim). Sejak area tawaf di sekitar Kakbah bersih dari ‘ring’ jembatan buatan, kini dalam sekali waktu daya tampungnya bertambah hingga lebih dari dua kali lipat dari sebelum ada perluasan. Situasi terbaru di Masjidil Haram ini dinilai paling kondusif untuk menjawab kebutuhan umat Islam yang umumnya meningkat pada bulan Ramadhan. Selain itu juga disiapkan untuk musim haji di masa mendatang.

Sebelum proyek perluasan dimulai, tempat tawaf hanya mampu menampung sekitar 48 ribu jiwa. Saat proyek berjalan, hanya mampu menampung 22 ribu jiwa, dan setelah proyek tersebut rampung dapat mencapai 105 ribu jiwa dalam sekali putaran.

Demikian disampaikan Darussalam Publisher, langsung dari Mekkah, mengutip keterangan Ketua DKM Masjidil Haram Syeikh Dr Abdurrahman As-Sudais. Darussalam Publisher selama ini melakukan siaran-siaran terkini berdasarkan data resmi dari lapangan, baik berupa foto maupun vedio tentang perkembangan di sektiar tanah suci.

Berdasarkan catatan gomuslim, ring mataf terdiri dua tingkat itu digunakan  jemaah dalam melaksanakan tawaf. Ring Mataf mulai berdiri sekitar Bulan Agustus 2013, dan akhir April tahun 2016 ini sudah dibersihkan. (baca juga di: http://www.gomuslim.co.id/read/news/2016/04/29/304/usai-jumatan-netizen-sibuk-update-penampakan-terbaru-di-sekitar-kakbah.html).

 

Ring Mataf adalah bangunan berbentuk lingkaran yang dibangun mengelilingi Kabah. Terlihat seperti lingkaran atau cincin mengelilingi Kabah. Selama proses perluasan Masjidil Haram ring Mataf berfungsi untuk 'membantu' mengakomodasi kegiatan para jemaah dalam melaksanakan tawaf mengelilingi Kabah.

Pembongkaran area tawaf dilakukan lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan Komite Teknis Mataf sehingga pada Ramadhan 1437 Hijriyah area tawaf sudah lebih longgar untuk mengantisipasi ledakan jumlah jemaah umrah Ramadhan dan jemaah haji 2016.

 

Dr. Bakri bin Ma’tuq ‘Assas selaku Ketua Komite Supervisi Tertinggi Proyek Peningkatan Kapasitas Masjid al-Haram mengatakan bahwa pemanfaatan lantai dasar, lantai pertama dan lantai paling atas di musim haji tahun ini berkapasitas tampung menjadi dua kali lipat hingga mencapai 105 ribu jemaah dalam satu putaran. Hal ini dinilai sangat memadai untuk antisipasi Ramadhan dan musim haji.

 

Selain peningkatan kapasitas daya tampung tempat thawaf, juga akan menambah jumlah cctv sekitar Masjidil Haram guna memberikan kenyamanan dan keamanan tamu Allah selama menjalankan ritual ibadah. After the removal of ‪#‎Mataf bridge.

 


Back to Top