Peringatan 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor

Rekor, Inilah Sujud Syukur Terbesar se-Asia Tenggara

Jakarta, (gomuslim). Setelah sukses menggelar acara pertemuan para Kiai Pesantren Alumni Gontor di Tangerang dan mendatangkan Grand Syeikh al-Azhar Mesir, beberapa waktu lalu, kini kegiatan besar kembali dihelat Keluarga Besar Gontor di Jakarta. Peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo berlagsung meriah tahun 2016 ini. Serangkaian kegiatan pun mulai digelar untuk menyosialisasikan agenda yang akan digelar sampai September 2016 mendatang.

Salah satunya adalah agenda bertajuk “Sujud Syukur Menyambut 90 Tahun Gontor” yang akan dihelat di Masjid Istiqlal Jakarta, masjid terbesar se-Asia Tenggara, pada 28 Mei mendatang. Pada acara ini akan hadir sekitar 15.000  Keluarga Besar Gontor dari seluruh nusantara.  

“Acara ini rangkaian dari Peringatan 90 Tahun Gontor yang pada September nanti akan dipusatkan di Pondok Modern Gontor, Ponorogo,” kata Juru Bicara (Jubir) panitia Sujud Syukur 90 Tahun Gontor Zakiyanto Arif, seperti dilansir dari Gontornews.

Menurut Zaki, target mengumpulkan puluhan ribu Keluarga Besar Gontor insya Allah bisa tercapai. Sujud Syukur ini akan melibatkan santri-santri yang baru pulang dari Pondok Modern Gontor di saat mereka baru menyelesaikan ujian akhir tahun di Gontor.

“Kita memanfaatkan momentum perpulangan akhir tahun santri Gontor yang berasal dari Jakarta, Banten, Depok, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Ini juga melibatkan wali santri yang akan menjemput putra-putrinya di Istiqlal. Acara akan dimulai pada pukul 8.30 hingga 12.00 WIB,” kata Zaki.

Tidak hanya santri, alumni Gontor yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Banten juga akan dilibatkan. Sujud Syukur dalam menyambut 90 tahun Gontor ini akan dipimpin langsung Pimpinan Pondok Modern Gontor  K.H. Hasan Abdullah Sahal, yang juga akan menyampaikan tausiyah di depan Keluarga Besar Gontor.

Selain itu, beberapa tokoh alumni Gontor juga akan menghadiri acara itu. Mereka adalah;  Lukman Hakim Syaifuddin (Menteri Agama), Hidayat Nur Wahid (Wakil Ketua MPR), Hasyim Muzadi (Wantimpres), Din Syamsuddin (mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah), dan AM Fachir (Wamenlu RI).

Selain acara di Masjid Istiqlal tersebut, peringatan 90 tahun ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai lomba untuk seluruh Pondok Pesantren di Indonesia. Adapun beberapa perlombaan dalam semarak Milad Gontor ini adalah Festival Bahasa Arab dan Inggris, Pekan Olahraga Mahasiswa se-Jawa, Festival Multitalenta Santriwati (Sittil Kull), Khitanan Santri dan Masyarakat, Bazar (Expo), Haflah Tilawatil-l-Qur’an, Olimpiade Sains, dan masih banyak yang lainnya. Untuk informasi rangkaian jadwal  Peringatan 90 tahun Gontor bisa dilihat di http://www.gontor.ac.id/berita/kalender-kegiatan-peringatan-90-tahun-pondok-modern-darussalam-gontor. (fau/gontornews)

 

20160517113122jadwal-90-tahun Gontor.pdf

Back to Top