Haji 1437 H - 2016

314 Bus Shalawat Disiapkan Angkut 91% Jemaah dari Pondokan ke Masjidil Haram

Jakarta, (gomuslim). Pada musim haji 2016 ini, sebagian besar jemaah haji ditempatkan di daerah dengan jarak sekitar 2 KM lebih sehingga diperlukan transportasi ‘bus shalawat’ dari pondokan ke Masjidil Haram.

“Tahun ini sebagian besar jemaah ditempatkan di daerah berjarak di atas 1.500 meter, sehingga dibutuhkan angkutan shalawat. Jumlah jemaah yang mendapatkan layanan shalawat adalah sebanyak lebih kurang 141.620 jemaah atau 91% dari total jemaah haji regular,”demikian disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggraan Haji dan Umrah H Abdul Djamil dalam penjelasan rilisnya kepada pers, baru-baru ini.

Bus-bus yang akan digunakan untuk angkutan shalawat sudah dikontrak dan dipastikan layak digunakan. Seperti diketahui, Panitia Penyelengara Ibadah Haji melakukan langkah maju dengan melakukan perbaikan layanan transportasi darat selama di tanah suci. (lihat: http://www.gomuslim.co.id/read/news/2016/05/23/445/sering-mogok-di-tengah-jalan-bus-bus-tua-pengangkut-jemaah-haji-diganti.html)

Hal ini untuk tidak mengulang layanan pada tahun 2015 yang diwarnai bus-bus renta, sering mogok dan fungsi pendingin udara tidak sempurna.

"Transportasi tersebut adalah meliputi transportasi shalawat, transportasi antarkota, transportasi Armina. Transportasi shalawat disediakan bagi jemaah yang menempati wilayah dengan jarak di atas 1.500 meter dari Masjidil Haram," lanjut Djamil.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis menjelaskan armada transportasi dan teknisnya.

"Jumlah armada yang disiapkan sebanyak 314 unit, dengan rute sebanyak 10, halte sebanyak 39, terminal transit 1 dan terminal tujuan sebanyak 3," kata Sri Ilham. Jenis bus dengan tiga pintu, beroperasi selama 24 jam dengan dua supir, ber-AC, dengan pengeras suara untuk informasi dan panduan.

Berikut adalah rute-rute dan tanda yang disematkan agar jemaah haji mengenal transportasi untuk pelayanan di Makkah nantinya. Rute tersebut adalah:

  1. Aziziyah Janubiyah – Mahbas Jin dengan tanda warna biru
  2. Aziziyah Syimaliyah 1 – Mahbas Jin dengan tanda warna kuning
  3. Aziziyah Syimaliyah 2 – Mahbas Jin dengan tanda warna merah
  4. Mahbas jin – Bab Ali dengan tanda warna putih
  5. Syisyah Raudhah – Syib Amir dengan tanda warna ungu
  6. Syisyah 1 – Syib Amir dengan tanda warna hijau
  7. Syisyah 2 – Syib Amir dengan tanda warna abu-abu
  8. Raudhah – Syib Amir dengan tanda warna pink
  9. Jarwal/Biban – Rea Bakhsy dengan tanda warna hitam
  10. Misfalah/Nakkasah – Rea Bakhsy dengan tanda warna coklat.

Back to Top