Sambut UU Jaminan Produk Halal, Halal Corner Gagas 'Indonesia Halal Forum'

Jakarta, (gomuslim). Menjelang Ramadhan, kebutuhan informasi seputar produk halal umumnya makin meningkat dan untuk menaikkan kesadaran masyarakat mengonsumsi produk halal, komunitas Halal Corner mengajak komunitas-komunitas halal lain membentuk wadah “Indonesia Halal Forum.” untuk edukasi dan sosialisasi produk halal.

Pendiri Halal Corner Aisha Maharani juga mengajak masyarakat terlibat aktif dalam memasyarakatkan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (JPH) yang sedang digalakkan pemerintah. “Ini harus didukung agar konsumen mendapatkan kepastian tentang kehalalan produk yang digunakan. Salah satu caranya dengan membentuk forum-forum yang membahas dan memasyarakatkan produk halal. Kami ingin terbentuk Indonesia Halal Forum agar kuat dalam dan cepat ke tengah masyarakat,”ujarnya Jumat (27/05/2016) di Bogor. Ia juga senang ternyata masyarakat menyambut baik adanya UU JPH meski berdasarkan riset Badan Litbang Kementerian Agama RI, pengetahuan masyarakat soal produk halal masih rendah.

 (baca juga: http://www.gomuslim.co.id/read/news/2016/05/25/466/riset-membuktikan-72-masyarakat-setuju-undang-undang-jaminan-produk-halal-ditegakkan.html)

Komunitas Halal Corner dalam sepekan terakhir mendapat apresiasi masyarakat luas melalui viral media sosial terkait konfirmasinya soal seorang muslimah penjual nasi uduk babi. Kuliner Betawi ini pada dasarnya halal namun jika disandingkan dengan babi dalam satu piring, menjadi bercampur antara yang halal dan haram. Penjelasan Komunitas Halal Corner ini menjadi viral karena kejadian di sebuah Mall di Jakarta itu menarik perhatian publik.

Terkait “Indonesia Halal Forum” yang digagas Aisha, ia berharap dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendorong para produsen mendaftarkan produknya guna mendapatkan sertifikasi halal sehingga konsumen terjamin dan terlindungi dari produk yang dibeli dan dikonsumsi mereka.

“Jaminan Halal merupakan hak asasi setiap Muslim. Adanya Indonesia Halal Forum diharapkan mendorong UU JPH dapat ditegakkan pelaksanaannya di tengah masyarakat,” kata Aisha.

Dia prihatin atas masih minimnya produk bersertifikasi halal yang beredar di Indonesia, dia menyebutkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) baru mengeluarkan 13.136 Sertifikat Halal dari jumlah 155.774 Produk yang Beredar (data tahun 2015).

“Belum lagi produk obat-obatan yang beredar di Indonesia, hanya hitungan jari yang bersertifikasi halal, sekitar 0,01persen,” tegasnya.

Dukungan pemerintah menjadi salah satu faktor meningkatkan produk halal yang beredar, Aisha memuji peran dari pemerintah di Malaysia dan Singapura yang gencar mempromosikan sistem jaminan halal bagi para produsen dan memudahkan dalam setiap pelaksanaan sertifikasi halal pada setiap produk yang diedarkan di negaranya.

Adanya kekuatan hukum dengan disahkan UU khusus menjamin kehalalan suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi konsumen Muslim juga menjadi pemicu dalam mengiatkan potensi produk halal bagi peningkatan ekonomi di Indonesia.

Sebagai komunitas peduli halal, Halal Corner terus memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi halal baik di dunia nyata maupun maya.

Kegiatan sosialisasi halal corner di dunia nyata dilakukan dengan mengadakan forum diskusi, seminar, kajian halal serta program-program khusus seperti, Halal Cooking Class, Halal Beauty Class, Halal Corner Umrah.

Di dunia maya, Halal Corner melakukan kegiatan sosialisasi halal melalui penyebaran informasi di website resminya, maupun media sosial serta membuat aplikasi sosialisasi halal di smartphone android. Dengan terbentuknya halal forum, diharapkan sosialisasi dan edukasi publiknya semakin merata hingga ke lini terkecil masyarakat di desa-desa.

 

Sekretariat HalalCorner:
Perumahan Taman Seruni,
Jl. Seruni I No.5, Tanah Baru,
Kota Bogor, Jabar.
Email: info@myhalalcorner.com

http://www.halalcorner.id/


Back to Top