Direktur Umum Pabrik Kiswah Kakbah Ungkap Rahasia di Balik Lamanya Pembuatan Kiswah

Riyadh, (gomuslim). Untuk membuat kain penutup Kakbah atau lebih dikenal dengan kiswah, butuh biaya sekitar 50 miliar rupiah, selain itu proses pembuatannya pun memakan waktu hampir 1 tahun padahal kiswah hanyalah kain sutra dengan luas 600 meter per segi. Tampaknya proyek pembuatan kain ini sudah seperti proyek pembangunan gedung bertingkat.

Pada era modern seperti saat ini, untuk menghasilkan kain seluas itu, semestinya pembuatan kiswah tidak memakan waktu hampir setahun. Selain telah adanya mesin tekstil yang canggih, mesin bordir modern pun memiliki kecepatan yang jauh lebih baik dari pada sulaman tangan, namun mengapa sampai detik ini pembuatan kiswah tetap memakan waktu yang lama, bahkan hampir satu tahun?

uyirtuytui

Pertanyaan di atas akhirnya dijawab oleh Direktur Umum Pabrik Kiswah Dr. Muhammad Bajudah, pada acara wawancara dari salah satu stasiun TV di Arab Saudi, Senin (30/5/2016). Ia Menjelaskan bahwa lamanya pembuatan kiswah disebabkan karena lamanya penyulaman tangan yang dilakukan oleh para pekerja khususnya untuk penulisan pada bagian hizam Kakbah.

Hizam yang dimaksud adalah bagian kiswah yang diisi dengan tulisan kaligrafi arab, tulisan ini tidak bisa diganti dengan bordir melainkan harus disulam. Dalam teknis pembuatannya, pola kaligrafi yang telah dicetak, kemudian disulam dengan benang emas, maka daripada itu pembuatannya harus dikerjakan oleh orang yang ahli. “Paling lama pengerjaan itu pada bagian pembuatan hizam, ini membutuhkan sekitar 60 orang ahli,” ujar Bajudah.

Bajudah pun menambahkan bahwa di antara 60 orang ahli tersebut, 30 orang merupakan kader yang telah dilatih di yayasan khusus pembuatan kiswah. Meskipun mereka semua telah terlatih namun dalam menyulam benang emas di permukaan Kiswah, butuh waktu 8 bulan baru dapat terselesaikan.

Pada dasarnya proses pembuatan kiswah memakan waktu sekitar 9 bulan dengan demikian proses penenunan, pencelupan, pembuatan pola, dan penjahitan, hanya memakan waktu 1 bulan, sedangkan penyulaman ayat-ayat Alquran pada bagian hijam termasuk proses pengerjaan terlama.

Adapun terkait dengan ayat-ayat Alquran yang tertulis pada hijam Kiswah, Asisten Ketua Bagian Pembuatan Hijam Sa’ad Bahreisy menjelaskan, bahwa tidak ada perubahan ayat-ayat yang ditulis pada hijam untuk kiswah pada tahun ini. Kaligrafi yang ditulis pada  kiswah masih tetap dengan penulisan ayat-ayat Alquran seperti Surat Al-Ikhlas, beberapa ayat dari Surat Al-Baqarah dan surat Al-Fatihah. (fh) 


Back to Top