Keuangan Syariah

AXA Mandiri Gandeng MUI Edukasi Umat Tentang Rencana Pengelolaan Keuangan Syariah

Jakarta, (gomuslim). Satu lagi produk layanan keuangan syariah non-bank (IKNB Syariah) yang perlu mendapatkan endorse terus-menerus dari lembaga-lembaga otoritas atau regulator adalah Asuransi Syariah. Berdasarkan pada hasil survey Otositas Jasa Keuangan (2013) tingkat literasi masyarakat tentang asuransi syariah baru mencapai 7 persen dari 17 persen masyarakat yang telah terliterasi di sektor asuransi secara keseluruhan. Padahal berdirinya asuransi syariah di negeri ini tahunnya bersamaan dengan berdirinya bank syariah pertama, yaitu tahun 1992. Baru dua tahun kemudian disusul munculnya asuransi umum syariah, pada tahun 1994.

Belakangan untuk tujuan mengedukasi masyarakat tentang Asuransi Syariah, AXA-Mandiri menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meningkatkan pemahaman masyarakat muslim tentang asuransi syariah. Nota kesepahaman (MoU) antara AXA Mandiri dan MUI untuk program edukasi keuangan syariah bagi masyarakat muslim Nusantara yang disebut ‘1 Juta Umat Mandiri,” telah ditandatangani Selasa (31/05/2016) kemarin di Tangerang.

sdfgProgram edukasi 1 Juta Umat Mandiri ini mengajak masyarakat untuk mengelola perencanaan keuangannya dengan berinvestasi di asuransi syariah.

"Melalui program ini kami ingin mengedukasi para jamaah mengenai perencanaan keuangan, khususnya asuransi syariah," ujar President Director AXA Mandiri Jean Philippe Vandenschrick pada acara penandatanganan MoU dengan MUI, di Tangerang, Banten.

Ketua MUI KH Ma’aruf Amin menambahkan, pihaknya mendukung program ini mengingat manfaat besar dapat dirasakan oleh umat. “Kemitraan ini akan memberikan dampak besar pada peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan umat. Ulama-ulama juga diberikan kesempatan untuk menambah wawasan baru dalam hal keuangan yang menerapkan prinsip dan nilai-nilai syariah. Ini tentu akan menjadi nilai tambah dalam dakwahnya. Melalui Komisi Dakwah, MUI telah berkomitmen untuk terus mengajak masyarakat berekonomi sesuai syariah, diantaranya melalui program ini,” ujarnya.

Kegiatan pertama dalam rangkaian program ‘1 Juta Umat Mandiri’ merupakan kelas edukasi asuransi syariah bagi 100 da’i di Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI dari seluruh Provinsi di Indonesia. 

Seratusan da’i tersebut nanti diharapkan akan meneruskan informasi yang didapatkanya dan turut memberikan edukasi mengenai prinsip kerja asuransi syariah kepada para jamaah di daerah masing-masing. Secara terjadwal, program ‘1 Juta umat Mandiri’ rencananya akan dilakukan di tujuh kota di Indonesia. Antara lain Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, dan Makassar. Diharapkan program ini dapat menjangkau 1 juta jamaah melalui kegiatan dakwah yang dilakukan setiap minggunya oleh para ulama. (Boz/TDM)

 

 


Back to Top