Daarul Quran Siapkan Mobil Jelajah Nusantara Spesial Ramadhan

Jakarta, (gomuslim). Ramadhan 2016 ini, Pondok Pesantren Penghafal Alquran (PPPA) Daarul Quran mengadakan program Mobile Quran (MoQu) Jelajah Nusantara spesial Ramadhan. Program ini akan keliling nusantara untuk memotivasi anak-anak agar lebih intens berinteraksi dengan Alquran.

Penanggung Jawab Mobil Quran Dena Fadhillah menjelaskan MoQu  merupakan salah satu mobil yang didesain  khusus untuk pendidikan yang diselenggarakan oleh program Yayasan Daarul Quran asuhan Ustadz Yusuf Mansyur. Mobil ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan, seperti perpustakaan yang terdapat di dalam mobil yang dapat digunakan untuk membaca. Kumpulan buku yang ada pun beragam, di antaranya  Kisah 25 Nabi dan Rasul, Fiqih Shalat Anak, Metode menghafal Alquran dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga seperangkat audio-visual yang dapat digunakan untuk memutar film-film yang edukatif. Film-film yang diputar antara lain tentang shalat jamaah, Kisah sahabat Nabi dan Rasul, serta  ada juga film-film motivasi lainnya.

“Selain fasilitas tersebut, kami juga menyelenggarakan dongeng atau training motivasi untuk anak-anak oleh para pendongeng dan trainer  yang berpengalaman di bidang mereka, agar kehadiran MoQu di sekolah atau lembaga yang mengundang ini bisa menjadi favorit bagi anak-anak,” jelas Dena,  sebagaimana press release yang gomuslim terima dari PPPA Daarul Quran.

Selanjutnya, kata Dena, pada akhir acara, M juga menyediakan berbagai doorprize untuk anak-anak berupa Alquran bagi anak-anak yang dapat melaksanakan tantangan yang kami berikan, biasanya tes hafalan Alquran.

Hingga saat ini, permintaan mobil Qur’an sudah banyak sekali, terutama pemesanan di bulan ramadhan. Tidak ada pengkhususan sekolah untuk mobil Qur’an ini, yang terpenting siapa yang terlebih dahulu memesan Mobil Quran dan menentukan tanggal kegiatan, maka sekolah itu yang pertama akan diprioritaskan.

“Sudah banyak pemesanan mobil Quran dan yang paling terjauh akan kami laksanakan di Lampung pada tanggal 30 Juni mendatang, “ kata Dena.

Bagi yang masyarakat yang ingin memesan MoQu, bisa mengirimkan email ke layanan.darulquran@gmail.com yang berisi: Nama Sekolah/Komunitas, Alamat Lengkap, Tanggal dan Waktu Kegiatan, dan Penanggung jawab kegiatan di sekolah beserta nomor kontak.  Setelah itu, tunggu konfirmasi dari dari pihak MoQu untuk fiksasi kegiatan. Kata Dena, tidak ada biaya yang dibebankan kepada sekolah atau lembaga yang mengundang MoQu, tapi jika pihak mereka ingin menyalurkan donasi kepada Daarul Quran, maka akan diterima sebagai sedekah ke rekening yayasan.

Dengan adanya program MoQu ini, Daarul Quran berkomitmen untuk mengajak anak-anak agar dekat, mencintai, dan menghafalkan Alquran melalui aksi simpatik kampanye kesadaran pentingnya mencintai Alquran. Mobile Quran Jelajah Negeri ini  menggunakan armada mobil di sejumlah kota, yang dikemas dalam suasana happy dan fun, menggabungkan perkembangan teknologi dan story telling. Sehingga tidak terasa membosankan bagi anak-anak. Dengan Program Mobile Quran Jelajah Nusantara, spirit dan kecintaan terhadap Alquran dikenalkan dan diharapakan bisa membangun spirit generasi Qurani di tengah masyarakat. (fau/daqu)

 


Back to Top