Padukan Musik dan Religi, RICMA Gelar Ramadhan Jazz Festival

Jakarta, (gomuslim). Setiap kali Ramadhan tiba, komunitas yang satu ini tidak mau ketinggalan dalam menyelenggarakan event Isalam untuk anak muda. Acara tersebut memadukan antara seni musik kegemaran anak muda dengan unsur religi keagamaan remaja Masjid. Tahun ini, mereka kembali menyelenggarakan acara untuk ke-6 kalinya, yaitu Ramadhan Jazz Festival yang disebut sebagai acara konser musik pertama di dunia yang berlangsung di lingkungan Masjid.

Adalah Remaja Islam Masjid Cut Mutia (RICMA) yang bekerjasama dengan Wartajazz  menggelar acara musik melalui salah satu alirannya, yaitu Jazz. Acara ini diharapkan mampu menjadi wasilah pengantar pesan-pesan yang baik (dakwah) kepada manusia.

Ramadhan Jazz Festival (RJF) dengan konsistensinya akan mendirikan panggung di pelataran parkir Masjid Cut Mutia pada 17 dan 18 Juni 2016 mendatang setelah  Shalat Isya dan Tarawih berjamaah. Kali ini, RJF bertemakan "Harmony in Culture of Islam". Melalui tema ini, RICMA ingin menyampaikan pesan dan meningkatkan kesadaran setiap orang bahwa Islam merupakan sebuah kultur yang cinta akan perdamaian dan mampu membentuk harmonisasi dengan budaya-budaya lainnya, serta memperkuat hubungan antar sesama manusia atau hablum minannas.

"Tema ini kami angkat untuk meningkatkan kepekaan terhadap setiap orang bahwa budaya Islam cinta damai dan dapat menjadi suatu harmoni yang baik dengan budaya lain," kata Deo Saputra Project Officer Ramadhan Jazz Festival di Masjid Cut Mutia Jakarta, seperti dilansir dari Antaranews.

Selain itu, pada acara puncak, Ramadhan Jazz Festival akan dimeriahkan oleh para musikus jazz kenamaan dalam negeri. Beberapa nama seperti Ecoutez dan Barry Likumahuwa dipastikan memeriahkan gelaran ke-6 RJF  ini. Musikus legendaris Indonesia, Idang Rasjidi rencananya juga akan tampil bersama gitaris Oele Pattiselanno. Setiap band yang tampil dijadwalkan akan membawakan sebuah lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa Jazz sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang menonton atau hadir dalam kegiatan Ramadhan Jazz Festival. Nama-nama artis pendukung lainnya akan diumumkan bertahap melalui akun-akun media sosial Ramadhan Jazz Festival, yaitu via twitter @ramadhanjazz dan @RICMAupdate.

Seperti dilansir dari Liputan6, Ramadhan Jazz Festival masih bernapaskan aksi sosial, di mana pada tahun ini akan kembali diadakan donor darah yang digerakkan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) yang nantinya akan digunakan oleh mereka yang membutuhkan. Penggalangan dana juga akan berlangsung  melalui infak yang akan dibuka pada gelaran pre-event, seperti pada Fun Run yang telah diadakan pada Minggu (29/5/2016) lalu. Pada hari-H, dana akan diakumulasikan dan disalurkan untuk kebutuhan perbaikan sekolah.

Pihak penyelenggara menargetkan Ramadhan Jazz Festival akan dihadiri sebanyak 10ribu sampai 12ribu pengunjung atau lebih banyak dari gelaran 2015 yang dihadiri 9000 pengunjung.

Selain Ramadhan Jazz Festival, Masjid Cut Mutia juga menggelar Gema Ramadhan 1437 H yang akan menyuguhkan acara Seminar Remaja Masjid se-Jakarta, Lebaran untuk Mereka, RICMA Fair, Kampus Nite, RICMA Camp, dan akan ditutup dengan acara Jakarta Fashion Islamic Guide pada 2 Juli 2016. Tidak hanya itu, melalui akun instagram @ramadhanjazz, RICMA juga mengumumamkan RJF tahun ini akan dilengkapi dengan Photo Competition  bertema: Keceriaan Dengan Anak. peridoe lomba berlangsung sampai (11/06/2016) ini akan memilih tiga pemenang yang akan diumumkan pada acara RJF di Masjid Cut Mutia Jakarta. (fau/dbs).

 

 

 


Back to Top