Kini Ada Keran Air Zamzam Berjalan, Jemaah Umrah Tidak Perlu Risau Kehabisan Air Minum

Mekkah, (gomuslim). Bulan Ramadhan ini jumlah jemaah umrah meningkat, selain itu banyak pula turis yang sengaja berkunjung ke sini guna mengikuti shalat tarawih. Pada sisi lain masyarakat di sekitar Masjidil Haram pun sengaja datang menjelang buka puasa. Mereka biasanya berkumpul dan buka puasa di Masjid Suci ini.

Akibat tingginya angka jemaah, maka pos-pos tempat air Zamzam yang sering diakses oleh jemaah kini makin padat dijejaki oleh kerumunan manusia. Karena hal itulah maka Dewan Pengurus Masjid Haramain berinisiatif untuk menugaskan beberapa orang yang ditempatkan di tempat-tempat strategis yang biasa ramai ditempati jemaah seperti tempat tawaf dan pelataran Masjidil Haram.

Masing-masing dari  petugas ini diberi satu tas ransel yang telah disiapkan, jumlah tas tersebut sebanyak 10 buah dan di dalamnya terdapat tabung berisi air Zamzam. Kemudian mereka ditugaskan untuk menyebar ke titik berkumpulnya jemaah yang sulit mendapatkan air minum. Dengan demikian bagi jemaah yang kehabisan air Zamzam di fiberglass yang telah dibagikan maka dapat diisi ulang dengan menghampiri petugas ini, petugas pun dengan senang hati akan mengisi botol air milik jemaah.

ligl

Jika terdapat jemaah yang membawa botol seukuran botol air mineral, lantas hendak mengisinya dengan air Zamzam maka petugas pun akan membantu untuk memenuhi botol tersebut. Hal semacam ini tentunya sangat membantu jemaah yang berada di titik yang jauh dengan tempat tersedianya air Zamzam.

Terkait dengan program yang dijalankan ini, departemen yang bertanggung jawab atas pembagian air Zamzam di Haramain menyatakan bahwa, pada Bulan Suci Ramadhan pihaknya mencatat telah membagikan 16 ribu botol isi ulang air Zamzam tiap harinya di pelataran Masjidil Haram tempat dilaksanakannya buka puasa bersama. Adapun untuk membantu jemaah yang kehabisan air minum maka dibuatlah tas ransel berisi tabung yang dibawa oleh petugas kemudian program ini dinamai sebagai keran air Zamzam berjalan, tabung yang digendong oleh petugas tersebut berkapasitas 18.000 gram atau setara dengan 18 liter karena 1 liter air beratnya sama dengan 1 kilogram.

Saat menjalankan ibadah puasa, tidaklah mudah jika harus menggendong tangki air seberat 18 kg bahkan boleh jadi total beratnya mencapai 20 kg lebih jika digabung dengan tabung dan tas ransel tersebut. Namun seperti yang dilansir dari situs resmi Pengurus Masjidil Haram gph.gov.sa, semua ini dilakukan untuk membantu jemaah agar mereka tidak merasa kesulitan menjalankan ibadahnya di Masjidil Haram pada bulan Ramadhan.

Pelayanan yang dilakukan oleh pihak Pengurus Masjidil  Haram akhir-akhir ini sangat membantu jemaah yang datang dari berbagai penjuru dunia. Banyak terobosan baru yang dilakukan mulai dari penyiapan 1.000 petugas yang menguasai 4 bahasa sampai pada petugas yang disebar untuk membagikan air Zamzam di dalam maupun di luar Masjidil Haram, semoga semua kebaikan yang dilakukannya dibalas dengan ganjaran serupa oleh Allah SWT. (fh)

hkjgiu


Back to Top