Amalan Ramadhan, Komunitas Ini Ajak Masyarakat Sebar Alquran ke Pelosok Negeri

 Jakarta, (gomuslim). Bulan Ramadhan menjadi momentum yang tepat untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Inilah bulan di mana amalan baik akan dilipat gandakan pahalanya. Hal tersbeut juga dilakukan oleh komunitas muslim yang satu ini. Amalan Ramadhan yang dilakukan mereka adalah menyebarkan Alquran ke pelosok negeri, agar bisa dimanfaatkan bagi saudara muslim di daerah-daerah. Komunitas ini adalah Sedekah Quran, sebuah organisasi nirlaba (non-profit) nasional yang bergerak dalam bidang wakaf Alquran.

“Kami memiliki sebuah tujuan untuk membumikan Alquran di Nusantara ini dengan gerakan wakaf Alquran. Dengan kebersamaan dan gotong-royong, kami yakin dapat mewujudkan impian dan harapan kita semua untuk memberikan bantuan berupa Alquran pada saudara-saudara kita yang berada di seluruh pelosok negeri,” jelas koordinator Sedekah Quran, seperti dilansir dari situs resmi mereka di sedekahquran.org.

Alasan utama program Sedekah Quran ini, berawal dari inisiatif dan kesadaran bahwa Alquran adalah tuntunan bagi umat Muslim dan juga menentukan karakter bangsa. Sayangnya, kebutuhan Alquran dalam negeri masih jauh dari kata terpenuhi. Pertahun Indonesia masih membutuhkan tidak kurang dari 2 juta mushaf Alquran.

Untuk itu, Sedekah Quran mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut serta dalam program sosial ini melalui beberapa  cara, yaitu pertama, Anda dapat berpartisipasi dengan menjadi donatur kami. Kedua, Anda juga dapat berpartisipasi sebagai patner atau sponsor Sedekah Quran. Ketiga, Anda dapat mendaftar menjadi relawan dalam program ini. Keempat, Anda dapat menjadi orang baik dengan menyebarkan luaskan program Sedekah Quran  ke saudara terdekat, teman atau orang lain di seluruh belahan dunia.

Cara untuk memberikan donasi dalam program ini adalah hanya dengan berdonasi Rp 50.000,- Anda sudah bisa mewakafkan satu  buah Mushaf Alquran untuk saudara-saudara muslim yang membutuhkan. Masyarakat bisa memberikan donasi melalui website sedekahquran.org  dengan klik “donate” pada program Sedekah Quran. Kemudian transfer donasi Anda ke rekening di: BCA 1692-8282-88 Kode Bank: 014 a.n RIZKI AKBAR, Mandiri 1370-0122-7340-1 Kode Bank: 008 a.n RIZKI AKBAR, dan BNI Syariah 0445-9544-73 Kode Bank: 009 a.n RIZKI AKBAR. Kemudian Konfirmasi Setelah Transfer ke +62-812-5287-5281 (Bisa via SMS/Telp/Whatsapp) atau email di donasi@sedekahquran.org.

Sedangkan untuk bergabung dengan menjadi Relawan Sedekah Quran adalah masyarakat bisa bergabung menjadi Relawan Sedekah Quran dengan mengisi form registrasi yang telah disediakan. Caranya adalah dengan membuka halaman Gabung Menjadi Relawan dan klik tombol “Gabung Relawan” yang ada di halaman tersebut. Setelah mendapat persetujuan dari tim Sedekah Quran,  maka Anda telah menjadi Relawan Sedekah Quran. Dengan menjadi Relawan Sedekah Quran, masyarakt bisa membatu kami dalam mendistribusikan mushaf Alquran hingga ke pelosok negeri, membantu dalam menyelenggarakan event Sedekah Quran di berbagai tempat, dan membantu kami menjangkau donatur yang tidak dapat dijangkau oleh tim Sedekah Quran.

“Ada beberapa cara yang kami lakukan dalam penyebaran mushaf Alquran program Sedekah Quran. Kami mendatangi langsung ke lokasi yang bisa kami jangkau dengan mendatangkan tokoh setempat sebagai saksi. Melalui beberapa event yang kami adakan di berbagai lokasi atau instansi yang membutuhkan. Menggunakan bantuan Relawan Sedekah Quran untuk menjangkau lokasi-lokasi yang sulit kami jangkau secara langsung dengan sistem pelaporan yang transparan dan diperkuat dengan saksi dari tokoh setempat,” jelas koordinator Sedekah Quran.

Sedekah Quran bisa dhubungi melalui situs resmi di www.sedekahquran.orgdan juga akun media sosial mereka di facebook: Sedekah Quran dan Instagram di @sedekahquran, Email info@sedekahquran.org, Phone +62 812 5287 5281, dan alamat di Jl. Bougenvile CTX No. 2 Yogyakarta. 

 

 


Back to Top