Resto Bento Ala Jepang Ini Kantongi Lagi Sertifikat Halal MUI

Jakarta, (gomuslim). Ramadhan ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan sertifikasi halal untuk restoran berkonsep makanan bento khas Jepang ini.  Begitu pentingnya sertifikasi ini di mata konsumen, hingga sebuah ritel akan merasa sangat bangga jika telah mendapatkan sertifikat berlabel halal untuk produknya.

Adalah HokBen, restoran bergaya Jepang kini untuk keempat kalinya mendapatkan sertifikat halal kategori A (baik). Sejak berdiri pada 18 April 1985, restoran yang dulunya bernama Hoka Hoka Bento ini mulai mendapatkan sertifikat halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada September 2008.

"September 2008 mulai mendapat sertifikat halal, jalannya juga tidak mulus, sempat ada bahan yang dikurangi, tapi itu hanya pada pewarna dalam dessert, dan sekarang produk itu sudah tidak ada lagi," kata Kartina Mangisi, Communications Division Head Communications PT Eka Bogainti di acara peluncuran Bento Ramadan pada Kamis (9/06/2016), seperti dilansir dari Vivanews.

Francisca Lucky, Marketing Communication Group Head PT Eka Bogainti menambahkan HokBen telah empat kali melakukan perpanjangan sertifikat halal. Selama dua tahun sekali pun mereka diaudit kembali untuk perpanjangan sadar masyarakat Indonesia sangat selektif dan hati-hati saat memilih makanan yang dikonsumsi. Maka HokBen merasa memiliki sertifikat halal MUI adalah hal yang sangat penting.

Sebelum MUI menerbitkan sertifikat halal untuk restoran, Lucky melanjutkan, LPPOM MUI telah melakukan proses audit ke seluruh outlet, dapur, hingga gudang.

Bersamaan dengan keluarnya sertifikat halal tersebut, di bulan Ramadan ini, restoran yang sudah mempunyai 150 gerai di Pulau Jawa dan Bali ini mengeluarkan paket makanan berupa Bento Ramadan dan paket Omiyage berempat dan berenam. Omiyage sendiri dalam bahasa Jepang artinya buah tangan atau oleh-oleh. Setiap pembelian paket Omiyage berempat atau berenam gratis teh kotak Sosro.

Paket Bento Ramadhan ini terdiri dari nasi, salad, chicken teriyaki atau chicken yakiniku, beef teriyaki atau beef yakiniku, dan menu serba goreng seperti egg chicken roll, shrimp roll, spicy chicken atau ebi furai. Paket tersebut ditawarkan mulai harga Rp35.910 hingga Rp 48.182, termasuk nata de coco serta teh. Selain itu Hokben juga akan buka 24 jam untuk para konsumen setianya.

Restoran Hokben pertama didirikan di Jakarta pada tahun 1985 tepatnya di Kebon Kacang, Jakarta Pusat, di bawah PT. Bogainti. Sampai saat ini Hokben memiliki puluhan cabang di Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa daerah di pulau Jawa dan Bali. Pada 2008,  Hokben meluncurkan website http://www.hokben.co.id/ dengan fitur pemesanan online. Selain  bisa melakukan pemesanan secara online, konsumen juga bisa melihat kandungan gizi pada setiap produk Hokben. Resto bento ini juga menerima pemesanan melaui call center di 1-500-505. Di tahun itu pula, pertama kalinya Hokben mendapat sertifikat halal dari MUI.

 

 


Back to Top