Rumah Zakat Luncurkan Program 'Sharing Happines' Senyum Ramadhan

Jakarta, (gomuslim). Rumah Zakat (RZ), sebuah lembaga yang memfokuskan pada pengelolaan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf secara profesional meluncurkan program baru bertajuk Sharing Happines. Program ini adalah sebuah gerakan berbagi untuk menyebarkan kebahagiaan melalui perbaikan kondisi sosial kemasyarakatan di 723 kelurahan dan desa yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Adapun pemilihan wilayah tersebut berdasarkan assesment yang dilakukan oleh Fasilitator Integrated Community Development (ICD). Melaui program ini, diharapkan dengan meluncurkan  kampanye Sharing Happiness, RZ bersama masyarakat bisa memberikan kontribusi bersama.

“Sharing Happiness adalah gerakan lanjutan dari Berbagi Senyum, Senyum Berbagi yang diluncurkan tahun 2014 dan dilanjutkan hingga akhir 2015. Alhamdulillah tahun lalu, RZ bersama para donatur, mitra, dan relawan telah merealisasikan 4.487.649 layanan manfaat dari program pemberdayaan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan yang berada di 723 kelurahan dan desa yang kami sebut dengan wilayah Intergrated Community Development atau ICD,” ungkap CEO RZ Nur Efendi, seperti dilansir dari Depoknews.

Selain itu pada bidang kesehatan, RZ bersama donator telah membangun tujuh Klinik Pratama RBG dan juga mengoperasikan 64 ambulan gratis..Sementara dalam bidang pendidikan, sebanyak 15 Sekolah Juara yang terdiri dari 11 SD, tiga SMP dan satu SMK telah memberikan pendidikan gratis berkualitas bagi 1.912 anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak Indonesia, 11.236 anak mendapatkan beasiswa dan tiga Mobil Juara beroperasi secara reguler. Dalam bidang ekonomi, RZ bersama donator dan relawan telah membantu sebanyak 938 pengusaha kecil untuk mandiri. Sementara di bidang lingkungan, telah berdiri sebanyak 46 Bank Sampah dan juga 13 Kebun Gizi hingga akhir tahun 2015.

Pada Ramadhan tahun 2016 ini, RZ melakukan pembaruan program berupa Sharing Happiness Senyum Ramadhan: Happy For All. Program ini terdiri dari beberapa kegiatan sosial, di antaranya adalah Berbagi Buka Puasa (BBP), Kado Lebaran Yatim (KLY), Bingkisan Lebaran Keluarga dan Pra sejahtera, dan Syiar Quran (SQ).

Untuk program Berbagi Buka Puasa, yaitu berisi pembagian paket makanan lengkap untuk berbuka puasa yang didistibusikan di wilayah ICD (Integrated Community Development) dan Non ICD yang terdiri dari member pemberdayaan RZ serta jamaah masjid. Donasi Rp 35.000/unit dengan spesifikasi paket sebagai berikut : Paket nasi, lauk pauk, sayur, makanan pembuka, air minum dan buah.

Sedangkan program Kado Lebaran Yatim (KLY) adalah pemberian paket kado diperuntukkan bagi anak-anak yatim di ICD (Integrated Community Development) dan non ICD. Paket Kado Lebaran Yatim terdiri dari pakaian muslim, susu, kue kaleng, sirup dan tas dengan donasi Rp 310.000.

Bingkisan Lebaran Keluarga dan Pra sejahtera berupa pemberian bingkisan berupa perlengkapan ibadah dan bahan makanan pokok bagi kaum jompo, keluarga prasejahtera di ICD dan non ICD. Bingkisan ini terdiri dari sarung dan mukena, sajadah, minyak goreng, beras, sarden, dan kornet Superqurban dengan donasi Rp 360.000. Terakhir, untuk program Syiar Quran (SQ) adalah pemberian paket pendistribusian Alquran dan paket Iqro yang menjangkau daerah-daerah pedesaan hingga ke kawasa timur Indonesia. Adapun spesifikasinya adalah paket bantuan pengadaan Alquran eksklusif ukuran besar lengkap dengan tajwid dengan donasi Rp 170.000.

Melalui akun twitter @rumahzakat, RZ mengumumkan program Senyum Ramadhan ini akan berlangsung di beberapa kota Indonesia, di antaranya adalah Bogor, Cilegon, Malang, Medan, Samarinda, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta. Sedangkan laporan sementara penyaluran donasi program Senyum Ramadhan sejak 1 Ramadhan 1437 Hijriyah lalu, sudah ada 1.092 paket Berbagi Buka Puasa, 40 paket Kado Lebaran Yatim, 5 Bingkisan Lebaran Keluarga, dan 39 paket Syiar Quran yang sudah diberikan kepada para mustahiq  Rumah Zakat di Jawa Barat, Jakarta, Banten, Sumatera, Kalimantan,  Sulawesi, dan Papua

Senyum Ramadhan: Happy For All ini menerima donasi selama Ramadhan melalui website resmi mereka di  http://sharinghappiness.org/ atau di twitter @rumahzakat sebagai akun resmi Rumah Zakat Lembaga Filantropi Internasional, pengelola #Zakat, #Infak, #Sedekah dan dana Kemanusiaan. Call Centre 0804 100 1000 | SMS 0815 7300 1555 dan website:  http://www.rumahzakat.org/. (fau/dbs) 


Back to Top