Shalat Jumat Pertama Pada Ramadhan 1437 H

Setengah Juta Umat Muslim Datangi Masjid Nabawi, Pengurus Masjid Siapkan 100 Pintu Otomatis

Madinah, (gomuslim). Pelataran Masjid Nabawi penuh setelah diisi kaum Muslim yang berasal dari berbagai penjuru dunia, sedangkan ruangan di dalam masjid sudah tidak cukup menampung jumlah jemaah yang datang. Karena itulah jemaah pun akhirnya memadati pelataran masjid sebagai tempat melaksanakan shalat Jumat di masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ini.

Shalat Jumat pada pekan ini merupakan shalat Jumat yang istimewa karena merupakan Jumat pertama di bulan Ramadhan. Sehingga dengan demikian masyarakat Muslim berbondong-bondong meramaikan Masjid Nabawi kondisi ini tidak seramai bulan sebelumnya sehingga hari ini masjid terbesar di madinah itu telah dibanjiri oleh 500 ribu jemaah  dari berbagai negara.

Shalat Jumat pertama di bulan Ramadhan tahun ini, Syeikh Shalahul Badir ditunjuk sebagai khatib dan imam. Dalam khutbahnya beliau menyampaikan tentang hal-hal yang haram dilakukan selama menjalankan ibadah puasa kemudian beliau pun menyampaikan tentang keutamaan ibadah sunnah di bulan suci Ramadhan.

Sebelum masjid diisi oleh jemaah yang jumlahnya cukup besar, departemen khusus yang menangani keramaian dan pintu Masjid Nabawi telah melakukan upaya intensif sebagai bentuk manajemen keluar-masuk jemaah untuk menghindari terjadinya insiden, karena mengatur setengah juta manusia  dalam satu ruangan bukanlah hal mudah jika tidak dilakukan persiapan sebelumnya.

Berdasarkan informsi yang dilansir dari gph.gov.sa, kini di dalam Masjid Nabawi telah tersedia  tersedia 100 pintu otomatis (buka-tutup), 24 escalators dan 24 tangga manual guna mempermudah upaya penanggulangan keramaian. Selain itu jemaah diberi kemudahan untuk dapat masuk ke dalam masjid ini karena berdasarkan keterangan dari Direktur Departemen Penjaga Pintu Masjid Nabawi Abdul Aziz bin Umair Ar-Radadi menjelaskan bahwa selama bulan Ramadhan pintu Masjid Nabawi akan dibuka 24 jam bagi kaum Muslim yang hendak melakukan ibadah sunnah di dalam masjid.

kljgli

Abdul Wahid bin Ali Khitab selaku Dewan Pembimbing Pengurus Masjid Nabawi turut menyampaikan pernyataan bahwa kenyaman jemaah dalam melaksanakan ibadah di dalam masjid ini merupakan sesuatu yang diprioritaskan bagi segenap petugas yang bertanggung jawab di Masjid Nabawi. Selain itu pengurus pun telah menyiapkan petugas yang siap membantu jemaah selama di dalam masjid.

Meskipun setengah juta umat Muslim telah memadati Mesjid Nabawi yang luasnya  135.000 m² namun ibadah shalat Jumat pada (10/06/2016) berjalan dengan lancar dan jemaah pun dapat mengikutinya tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (fh)


Back to Top