Amalan Ramadhan, Hijabersmom Community Medan Buat Gerakan Mukena Bersih

Medan, (gomuslim). Bulan Ramadhan menjadi ajang masyarakat untuk berlomba-lomba dalam melakukan amalan kebaikan. Selain karena pahala yang akan berlipat ganda, banyak masyaraat turun tangan dalam hal kegiatan sosial untuk berbagi bersama para mustahiq yang membutuhkan. Seperti yang dilakukan komunitas Hijabersmom di Medan ini.

Ramadhan tahun ini, HijabersMom Community (HMC) Medan menggelar program Mukena Bersih. Gerakan ini awalnya dipelopori oleh beberapa relawan dari komite dan member HmC Medan itu sendiri, dengan cara menyuci mukena yang sudah kotor di beberapa mushola di daerah-daerah dan di mall untuk menggantinya dengan yang sudah bersih. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap hari Rabu atau Kamis sejak Ramadhan tahun 2014 lalu.  

Gerakan ini berawal dari keinginan beberapa komite HmC Medan untuk membantu para muslimah yang hendak beribadah saat di tempat umum, tapi enggan beribadah karena mukenanya kotor dan bau. Selain itu, mereka juga terinspirasi dari beberapa daerah yang sudah melakukan  gerakan serupa dan tentu saja hal ini juga sangat membantu pihak manajemen mall atau Masjid-Masjid.

Koordinator Program Mukena Bersih Hijabersmom Community Medan Phira menjelaskan kepada gomuslim, awalnya  program ini hanya beroperasi di Mushola Sun Plaza , Cambridge dan  Home Centra Medan. Tapi, seiring perjalanannya, kegiatan ini sudah berkembang ke beberapa  Masjid dan Mushola lain, seperti di Ring Road Citiwalks

“Modal awal program ini mukena bersih ini kami dapat dari infaq atau donasi para komite, member dan para donator. Sampai saat ini kami juga masih menerima donasi mukena baru atau layak pakai untuk mengganti mukena yang sudah rusak,  dan untuk biaya laundry biasanya kami dapat dari infaq member dan komite,” jelas Phira.

Ketua  Hijabersmom Community Medan Maya Dewi berharap program ini dapat terus terlaksana dan bagi para mom yang ingin ikut partisipasi sebagai relawan dipersilahkan mengubungi  HMC Medan agar program ini semakin meluas jangkauannya. HMC juga membuka kesempatan bagi yang ingin berinfak mukena dan ingin bergabung bersama HijabersMom Community dapat menghubungi mom Phira di 08116000780 atau melalui akun Facebok: Hijabersmom Community Medan.

“Karena Islam sangat mengutamakan kebersihan apalagi dalam beribadah, maka program mukena bersih ini menjadi sangat penting. Alhamdulillah program Gerakan Mukena Bersih HmC Medan telah memasuki Ramadhan ke-3 tahun ini. Secara pribadi dan atas nama komunitas HmC Medan saya sampaikan terimakasih buat para donatur para relawan. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi semua para muslimah,” tambah Maya Dewi.

Selain program Mukena Bersih, Hijabersmom Community Medan  juga memiliki beberapa program sosial yaitu HMC Medan Peduli dan kegiatan bakti sosial yang lainnya.

 HijabersMom Community (HMC) sendiri adalah sebuah komunitas ibu hijabers yang dibentuk oleh para desainer muslim Indonesia, yaitu Monika Jufry, Irna Mutiara, Hannie Hananto, Najua Yanti, dan Jenny Tjahyawati. Awalnya, alasan mereka membentuk komunitas ini adalah untuk mengumpulkan kaum ibu hijabers agar bisa saling bertukar-pikiran tentang rumah tangga sampai berwirausaha bersama untuk mengembangkan potensi diri. Karena itu, sambutan masyarakat pun cukup menggembirakan dengan kehadiran HMC ini. Buktinya, sejak diresmikan di Jakarta 2011 lalu, komunitas ini sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia.

HMC kini sudah bertambah keanggotaannya untuk cabang di beberapa kota. Di antaranya adalah Bandung, Malang, Banten, Padang, Palembang, Riau, Sukabumi, Indramayu, Makasar, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Lombok, Aceh, Sidoarjo, Bangka, Bali, Medan, Pontianak, Malang, Ciamis, Bukit tinggi, Ketapang, dan Sampit. Ribuan ibu anggota HMC berasal dari beragam latar belakang dan profesi, seperti ibu rumah tangga, desainer, dokter, notaris, pengusaha, dan lainnya. Mereka dikoordinasi HMC pusat yang berada di Jakarta. (fau) 


Back to Top