Madinah Terbesar, Meja Makan Buka Bersama Terpanjang se-Dunia Pecah di Alexanderia

Madinah, (gomuslim). Tahun ini urusan buka puasa menjadi hal menarik di seluruh dunia. Baru-baru ini, Masjid Nabawi di Madinah menjadi pusat perhatian karena pada hari keempat Ramadhan, Kamis malam Jumat lalu, (09/06/2016), tidak kurang dari 300.000 jamaah berbuka puasa secara serentak di Masjid Nabawi ini. Setidaknya disediakan takjil hingga mencapai 300 ribu paket setiap harinya di halaman Masjid Nabawi yang terdapat di Kota Madinah. Lebih dari 12 ribumeter taplak yang dijadikan alas bagi para jamaah yang ikut dalam buka puasa tersebut.

Seperti dilansir dari Nawaberita.com, Ahad (12/06/2016), biaya yang dikeluarkan untuk melayani jemaah di Masjid Nabawi mencapai 1 juta riyal atau setara dengan Rp3 miliar lebih. Angka itu termasuk di dalamnya melayani jemaah dengan pemberian takjil berupa 130 ribu liter air zam-zam, 50 ribu liter kopi arab, 50 ribu liter yoghurt dan susu, 50 ribu liter jus buah, 300 ribu roti gulung, dan 40 ton kurma setiap harinya.

Uniknya, takjil dan makanan untuk berbuka puasa disiapkan oleh para sukarelawan. Tidak kurang dari 400 relawan bergotong royong menyiapkan takjil alias iftar untuk buka puasa setiap hari. Untuk memenuhi menu buka puasa, relawan menyiapkan empat ton beras untuk dimasak, 3,5 ton daging segar, dan kebutuhan dapur lainnya.

Santapan saat berbuka puasa itu disponsori sejumlah orang kaya Saudi termasuk keluarga kerajaan. Namun, yang luar biasanya, meski berkumpul ratusan ribu orang dalam satu waktu, usai menjalani takjil, tidak ada satupun sisa-sisa makanan atau minuman yang berserak di halaman masjid.

 

Tahun lalu, Kota Alexandria Mesir dikabarkan telah memecahkan rekor dunia baru meja makanan terpanjang di dunia. Meja ini sengaja dibuat untuk menjamu ribuan Muslim berbuka puasa selama bulan amadhan, media lokal melaporkan. Perwakilan Guinness World Record Sida Shibaysi mengatakan panjang meja di kota Mediterania ini adalah 4,3 kilometer, surat kabar lokal Al-Masry Al-Youm melaporkan saat Shibaysi menggelar konferensi pers pada Jumat (26/06/2015).

Sekira 800 sukarelawan dikabarkan telah terlibat dalam menggelar event ini. Situs berbahasa Inggris Ahram online mengatakan, sekira 7000 peserta telah terdaftar untuk menghadiri acara tersebut. Meja ini bisa menampung 10 ribu orang untuk bersama-sama menikmati makanan berbuka puasa.

Masih di tahun lalu, seperti dilansir Emirates247, Selasa (14/07/2015), rekor buka puasa bersama panjang juga terdapat di India. Umat Islam setempat berbuka puasa bersama dengan menciptakan barisan sepanjang 1,6 kilometer. Pemecahan rekor buka puasa bersama itu dilakukan di Sungai Dal di Kota Srinagar.

Ratusan umat Islam yang meliputi orang tua, remaja, dan anak-anak turut andil pada acara itu. Pengukuran panjang tersebut ternyata berdasarkan kain yang menjadi alas makanan yang digunakan. Catatan panjang 1,6 km mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 1,3 km. Menurut sumber informasi, rekor buka puasa bersama terpanjang sebelumnya dilaksanakan di Masjid Al Noot di Sharjah, Dubai, pada 2013.

Banyak cara dilakukan untuk membatalkan puasa. Baik di Madinah yang ramai melibatkan ribuan jemaah, di Alexanderia dengan meja terpanjang, atau di India yang menggunakan gelaran terpanjang. Semua adalah cara melaksanakan atau membuka puasa yang spektakuler dan yang menarik perhatian dunia. (mm)


Back to Top