Fenomena Baru, Kini Marak Buka Puasa Bersama di Siang Hari

Ankara, (gomuslim). Ada yang unik di Tukri pada bulan Ramadhan tahun 2016 ini. Ternyata, di kota-kota negeri yang berjuluk Romawi Timur itu mulai marak alias ‘ngetrend’ diadakan buka puasa bersama anak-anak. Namun acara ini dilakukan tidak pada saat adzan maghrib, tetapi di tengah siang hari ketika orang-orang dewasa sedang berada di puncak puasa.

“Ini program pengenalan puasa kepada anak-anak. Kami menamainya ashaafiir atau  half day,’demikian dijelaskan Dhemir Timorkiv, seperti dilansir Shebab News Agency.

Berdasarkan siaran tersebut, kegiatan ‘bukber bocah’ ini dilaksanakan di tempat-tempat umum sambil membawa anak bermain. Makanan pun dibawa sendiri-sendiri dari rumah masing-masing. Penyelenggara di beberapa tempat itu biasanya adalah organisasi-organisasi keagamaan setempat atau masjid-masjid terdekat. Mereka hanya menyediakan tempat dan fasilitas lainnya.

Puasa setengah hari, atau bahasa kerennya ‘half-day fasting’, dikenal dengan konsep puasa dimulai dari terbit fajar sampai adzan dzuhur berkumandang, lalu berbuka dan kembali melanjutkan puasa lagi sampai maghrib. Puasa setengah hari tidak dikenal dalam syariat Islam tetapi dimaklumi sebagai latihan bagi anak-anak di bawah umur.

Secara syariat pengertian puasa adalah menahan diri untuk tidak melakukan makan, minum, hubungan badan dan pembatal puasa lainnya, dari terbit fajar hingga maghrib dalam rangka ibadah, bukan setengah hari dan tidak dalam rangka latihan. Pengertian yang sesungguhnya ini berdasarkan firman Allah yang menjelaskan batasan puasa,

 “Makan dan minumlah kalian sampai betul-betul jelas bagi kalian benang putih di atas benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai malam.” (QS. al-Baqarah: 187)

Berdasarkan ayat tersebut, orang yang tidak makan, tidak minum kurang dari batasan itu, tidak bisa disebut puasa. Buka bersama anak-anak di siang hari itu dapat dijadikan model latihan berpuasa dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan, dan tentu dengan memberi pemahaman, bahwa puasa yang benar itu sampai maghrib.(mm)

 


Back to Top