Ini Aplikasi Canggih Penunjang Ibadah di Bulan Ramadhan

Jakarta, (gomuslim). Ramadhan 1437 Hijriyah sudah masuk di minggu kedua. Banyak kegiatan ibadah yang dilakukan berjamaah, seperti buka puasa bersama, sahur bersama, bakti sosial bersama, dan lainnya. Salah satu kegiatan lain dalam rangka memperbanyak amalan baik di Bulan Ramadhan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang saat ini. seperti yang dilakukan AppSourceHub, pengembang aplikasi asal India ini  meluncurkan sebuah aplikasi yang bisa menunjang kegiatan ibadah selama Ramadhan.

Seperti dilansir dari SelularID, aplikasi ini bernama Ramadhan 2016 yang dapat membantu pengguna mengetahui jadwal-jadwal ibadah secara keseluruhan dengan dilengkapi alarm sebagai pengingat. Tiap waktu shalat dapat diatur alarm sesuai kebutuhan pengguna. Bila pengguna ingin melihat jadwal shalat secara lengkap, tersedia kalendar shalat. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan delapan doa yang berkaitan dengan bulan Ramadhan beserta audio dan artinya dalam bahasa Inggris.

Aplikasi yang dikembangkan oleh AppSourceHub ini semacam kalendar Ramadhan, yang menghadirkan informasi jadwal sholat dan jadwal imsakiyah, seperti jadwal sahur dan jadwal buka puasa di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai pelengkap, Ramadhan 2016 juga memberikan informasi arah kiblat yang sangat membantu pengguna menentukan arah ibadah sholat di mana saja.

Saat pertama kali mengakses aplikasi ini, pengguna akan disuruh memilih metode deteksi negara asal. Pilihannya ada otomatis atau manual. Setelah memilih negara, opsi selanjutnya adalah kota Anda berada. Pada jendela berikutnya, ada informasi berisikan waktu sahur, berbuka puasa dan imsak. Tekan tanda panah di kanan dan kiri layar untuk melihat informasi yang sama pada periode sebelum dan sesudahnya. Agar ibadah di bulan Ramadhan makin afdhol, aplikasi ini juga memuat Alquran digital yang dilengkapi terjemahan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 114 surah, mulai dari Surat Al Fatihah sampai Surat An Nas.

Bagi Anda yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan sehari-hari sudah akrab dengan teknologi, aplikasi ini bisa menunjang selama ibadah puasa. Informasi tersebut bisa didapat dari aplikasi-aplikasi Android yang cukup banyak jumlahnya. Salah satunya adalah aplikasi Ramadhan 2016.

 


Back to Top